Hal-Hal Kecil yang Harus Diperhatikan Dalam Romansa

Hal-Hal Kecil yang Harus Diperhatikan

Dalam Romansa

    

Sebenarnya tidak ada yang terlalu remeh dari Cinta. Memberi senyum, menanyakan kabar, atau mengajak berbincang pacar adalah hal sederhana yang bila diimbuhi makna dapat jadi istimewa. Hal utama dari semua tindakan kompleks dan penuh nuansa anda tadi ialah apakah ia sanggup memahaminya. Tidak ada gunanya setumpuk tips Cinta canggih kalau sasaran anda belum mampu menafsirkannya. Pertimbangan terbesar dari hubungan yang wajib kita cermati ialah “Keterlibatan”. Ketika faktor ini baik maka sesederhana apapun pernik Cinta kalian tentu akan berarti. Relasi timbal balik sejoli merupakan syarat pokok ditanggapinya semua detail romansa.

   

Pengantar

            Kalau mau serius diteliti sebenarnya nyaris segala perilaku manusia itu bisa diterka hanya dengan melihat satu-dua tanda kecil. Ini sebab tindakan, kebiasaan, respons, atau preferensi muncul dari konstruk yang lebih umum. Selera individu bila diurut dengan merujuk pengamatan langsung, cerita teman yang bersangkutan, dan kajian ilmiah maka kita bakal menemukan data yang saling menjalin. Misalnya: orang yang gampang menyerah biasanya juga kurang pandai menghargai sesama. Keterangan barusan bisa terus dikembangkan hingga nantinya kalian bisa melihat gambaran besar kepribadian individu. Cewek secara genetis merupakan perpaduan 23 pasang kromosom Ayah-Ibu mereka dan cowok pun begitu. Dengan kata lain satu kesamaan tanda pada beberapa orang yang berbeda, baik dia laki ataupun perempuan, kemungkinan besar disebabkan konstruk yang serupa. Kecerdasan intrapersonal amat dibutuhkan untuk melihat lebih jelas bagaimana model jalinan antara kelakuan dan konstruk seseorang. Artikel ini bakal mengajak anda jadi detektif asmara amatir untuk mengungkap beragam kode tersembunyi dari kepribadian cewek idaman.

   

“Kebanyakan orang lebih senang memberi daripada menerima Cinta”

Aristoteles

   

Variasi

            Kepekaan membuat anda bisa cepat mencermati suatu yang terjadi atau dilakukan seseorang. Kepekaan menjadikan anda mudah mengamati detail-detail manifestasi emosi. Namun, kepekaan juga dapat mendramatisir penafsiran kita terhadap fenomena. Individu yang peka acap menganggap diri mereka amat ahli membaca kejelekan orang  sambil tetap berusaha mengendalikan mulut. Kecenderungan mendramatisir plus keahlian membaca gerak-gerik sekitar senantiasa mendorong mereka untuk merasa paling berhak menyatakan sesuatu. Misalnya ketika ada yang sekedar bersungut-sungut mereka bisa jadi bakal menanggapinya dengan kemarahan serius. Individu peka merasa tugas menjaga mulut dari kata yang menyakiti sangatlah berat sehingga orang lain harus paham itu, tanpa diberi tahu, dan tidak pernah menunjukkan rasa ketidaksenangan sekecil apapun pada mereka.

            Kenyataannya kepekaan saja tidaklah cukup dalam romansa. Harus ada kelebihan kognitif tertentu yang andal mengontrol kepekaan anda. Kognitif tersebut harus mampu memilah mana yang patut diperhatikan atau tidak. Kognitif tersebut juga wajib reliabel mengukur kadar emosi diri sebelum terjadinya pengungkapan visual dan verbal (i. e mimik, nada bicara, atau pilihan kata). Kognitif ini menjauhkan anda dari rasa sakit hati dan dendam lantaran terlalu meresapi apa yang orang perbuat. Kepekaan yang disertai cara mengontrolnya ialah bekal utama untuk meraba kepribadian cewek. Ketika anda memahami cewek dan mengonfirmasi apa sebenarnya isi hati mereka maka sinkronisasi gaya komunikasi bakal terjadi. Si cewek yang cara bicaranya A bisa mengikuti anda yang B supaya ia merasa lebih tersampaikan desakan batinnya.

            Hal tersulit dari memiliki kepekaan dan kognisi pengendalinya ialah keinginan untuk selalu manganalisa musabab suatu tindakan. Makin terasah kontrol kepekaan kian hauslah anda terhadap informasi tentang seseorang. Ini dikarenakan adanya dorongan untuk mencari alasan memaklumi individu lain (bijak). Kalau alasan tersebut tidak terpenuhi maka kepekaan anda bakal menguat ‘tak terarah saat menghadapi orang bersangkutan. Kombinasi ajek kepekaan dan kognisi pengendalinya bakal menghemat waktu PDKT kita. Lantaran kombinasi itu cocok guna mencari cewek mana yang sisi menyebalkan kepribadiannya sesuai dengan toleransi anda. Kepekaan dan kognisi pengendalinya bukan hanya berguna untuk mengidentifikasi karakter sekitar namun pula membantu individu beradaptasi terhadap situasi spesifik. Jika sifat keras kepala dan mudah tersinggung anda dikurangi maka kepekaan dan kognisi pengendalinya merupakan jalan gemilang untuk menyikapi detail-detail percintaan.

    

Contoh Pengamatan

            Pengalaman adalah esensi pemahaman asmara tapi kalau itu tidak disertai ilmu Cinta yang mantap maka risiko kita tersesat cukup besar. Tersesat dalam arti kalian bingung menarik kesimpulan objektif dari beragam pengalaman romansa dan akhirnya malah mengikuti informasi yang disukai saja. Pengamatan romansa harus mengevaluasi tindakan individu menurut kriteria “Benar, baik, dan bermanfaat”! Sebab tidak semua kelakuan insan merupakan sepenuhnya cerminan kepribadiannya. Kita harus mengetahui pula kondisi kenapa dia berbuat begitu! Hal yang benar seperti menjalin Cinta bisa jadi tidak baik dan bermanfaat kalau tanpa restu orang tua. Maka, perpisahan yang kelak terjadi tidak menandakan bahwa sejoli kurang cocok karakternya satu sama lain. Kebijaksanaan mengevaluasi romansa menurut faktor psikologis dan sosial mungkin juga akan menuntun anda mencermati sejumlah hal kecil berikut dalam memahami karakter cewek:

  1. Gengsi si cewek

Apakah pacar anda menyenangkan diajak mengobrol? Apakah beda saat dia depan anda dengan ketika ia tengah bersama dengan teman-temannya? Seberapa jauh bedanya? Rata-rata orang cukup berhati-hati kala berinteraksi bersama individu baru atau asing. Mereka bahkan kadang tidak mau sembarang bicara keterangan pribadi standar seperti tentang asal, pekerjaan, pengalaman terhadap sesuatu, atau merek favorit. Padahal itu tidak akan berdampak apa-apa kecuali si individu asing tersebut mulai meminta atau menawarkan sesuatu. Cewek pun kebanyakan saat kencan meski sudah sering diumpan cowok untuk memperluas percakapan namun, mereka malah menjawabnya singkat-singkat dan tidak bertanya balik. Tampaknya cewek hendak mempertahankan kesan anggun mereka dengan tidak banyak bicara, mengontrol senyum, dan meminimkan gerak tubuh.

Gengsi cewek untuk menunjukkan dirinya bukan “Gampangan” juga kerap membuat harga PDKT dan kencan membengkak. Menjengkelkan ketika tampilan dan keahlian mereka 50 tapi gengsinya 80. Jadi teman bicara kurang asyik, wajah (maaf) tidak terlalu menarik, bahkan saat di telepon pun melempem, dan satu-satunya yang menguntungkan dari dia cuma “Status berpacaran” saja. Perhatikanlah cewek-cewek yang gengsinya tinggi! Biasanya mereka merasa kurang percaya diri terhadap penilaian sekitar lantaran memang sadar minim kelebihan. Bisa pula cewek suatu daerah lazim bergengsi tinggi karena cowok di sana haus hubungan namun punya sedikit pilihan. Cewek ingin mengeksploitasi penghargaan tertinggi cowok-cowok di daerahnya. Guna mematahkan gengsi cewek anda mesti dominan serta manipulatif di saat bersamaan. Jika gengsi si cewek nyaris mustahil dilunturkan maka tinggalkanlah! Karena ini merupakan indikasi kekeraskepalaan dan keegoisan membabi buta.

    

  1. Tampilan ketika bertemu

Apa anda bakal tampil terbaik bila ingin menemui orang spesial? Lalu kalau “Iya”, bagaimana anda menilai orang yang tidak melakukan hal serupa? Jelas aneh atau malah kalian bakal menganggap mereka tidak sopan. Apa respons anda pada cewek yang cuma memakai baju kasual serta bahkan ‘tak memakai riasan saat kencan? Mungkin ada orang yang menolerir perkara penampilan tapi apakah cewek yang cuek tersebut setidaknya pernah menunjukkan tanda-tanda jatuh Cinta seperti yang tertera pada artikel ini? Kalau tidak artinya dia kurang tertarik pada anda. Cewek yang tidak biasa memakai bedak bisa jadi sebab kulitnya sensitif, sadar kurang berbakat bersolek, atau mungkin juga karena ia malas memahami tuntutan sosial sebagai perempuan.

   

  1. Kemampuan menghormati

Pernahkah sekali saja anda merasa dipermalukan pasangan? Apa obrolan kalian saat berpapasan selalu dia akhiri dengan kalimat, “Sudah ‘kan enggak ada yang mau diomongkan lagi?” dalam nada lembut? Bagaimana ia berterima kasih atas pengorbanan anda? Apa ia mau tahu kisah pengorbanan anda? Apa ia senantiasa marah kalau telat dijemput tapi tidak pernah mohon maaf saat membuat orang lama menunggu? Apa ia terlihat berpikir bahwa segala kebaikan anda merupakan haknya? Seberapa dalam ia mengenal latar belakang anda? Apa pernah ia membandingkan anda dengan cowok lain—tapi, yang bukan artis? Masih ada setumpuk lagi pertanyaan yang dapat ditulis di sini namun, intinya adalah soal bagaimana dia memperlakukan anda. Cowok haram direndahkan cewek manapun—sekalipun mereka cantik, populer, berpangkat, atau kaya. Jangan lantaran takut diejek jomblo sehingga memaksakan bertahan bersama cewek yang enggan hormati anda! Perhatikan tiap nada bicara, bahasa tubuh, dan perkataannya kala di dekat anda! Carilah tanda awal sekecil apapun tentang kemungkinan ia melecehkan kalian! Jika tidak ada maka lanjutkan! Bila ketemu mending jauhi!

   

  1. Keahlian memasak

Memasak merupakan keahlian yang kompleks. Bukan cuma butuh pengetahuan, tapi juga jam terbang supaya anda mampu mengolah bahan makanan hingga mempunyai rasa proporsional. Orang yang hobi memasak cenderung bahagia ketika melihat yang dibantunya senang. Orang yang hobi memasak pastilah penyabar dan telaten mengikuti proses dari persiapan hingga akhir. Orang yang hobi memasak amat memerhatikan preferensi sekitarnya. Orang yang hobi memasak tahan terhadap membosankannya suatu proses. Orang yang hobi memasak biasa memastikan sesuatu dengan perasaannya yang terasah pengalaman. Orang yang hobi memasak punya karakter mengabdi yang kuat. Mereka senang individu yang dilayaninya sehat dan hilang kejenuhannya setelah bersantap. Orang yang hobi memasak punya banyak sekali kelebihan walau sering kali cerewet karena, memang mereka paham semua akibat dan tidak mau ada individu yang mengalaminya. Kalau berjumpa cewek yang pintar masak maka bergembiralah! Sebab ia adalah pendengar seksama yang rela berkorban untuk keberhasilan anda.

    

            Romansa sebenarnya masih dipenuhi banyak lagi simbol halus selain empat di atas. Anda bisa menambahkannya sendiri jika mau. Apa yang wajib diingat sekali lagi adalah tiap hal kecil yang anda amati pasti berhubungan dengan konstruk umum si cewek! Maka, kumpulkanlah sebanyak mungkin informasi tentang komunikasi asmara untuk menciptakan daftar tautan simbol romansa anda sendiri!

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: