Standar-Standar Menilai Cewek

Standar-Standar Menilai Cewek

    

            Ucihasantoso sudah sering membahas tentang penggunaan metode-metode semi-ilmiah dalam PDKT dan memahami perempuan. Tapi, semua ujung-ujungnya bertumpu pada kedewasaan cowok untuk memahami fakta-fakta kepribadian cewek karena tanpa itu tafsiran ilmiah akan terlalu kering dari unsur realita. Pengetahuan ilmiah tentang seseorang bakal bias ketika hendak diterapkan jika kita tidak utuh memahami diri. Lantaran cara kita mengukur orang ialah lewat perbandingan dengan konstruk pribadi. Penilaian terhadap potensi kecocokan dengan cewek juga tidak bisa cuma mempertimbangkan aspek deskriptif kepribadian melainkan pula sisi kausalnya. Lantaran, kadang ada sifat negatif cewek yang bisa terminimalkan atau sisi baik yang berlebihan (yang ujungnya merugikan) ketika berinteraksi dengan karakter cowok tertentu. Sehingga anda mesti memahami tiap penyebab kecenderungan atau penyulut tindakan buruk tersebut sebelum mampu membuat perencanaan romansa.

   

Pengantar

            Menilai karakter individu dapat menghasilkan rekomendasi berbeda tergantung pada niatnya. Personalia, surveyor kredit bank, atau penjual (sales) produk pasti sudah dilatih institusinya untuk mengenali watak tiap orang yang mereka temui. Tugas mereka adalah memberikan … atau tidak pada seseorang berdasarkan banyak taksiran yang salah satunya kelakuan. Cinta pun sebenarnya sama. Namun, acap kali cowok enggan berbuat begitu—entah karena memang hidup mereka tidak penting atau lantaran merasa putus asa sehingga rela menyambalewa romansa. Cowok sering menganggap dirinya tidak memiliki nilai tawar di hadapan perempuan. Itulah kenapa sebaik apapun cara mereka menilai cewek akhirnya tetap tidak berguna lantaran adanya rasa tidak pantas memilih perempuan. Bagi mereka sembarang punya status lebih baik ketimbang bersabar mencari cewek yang tepat. Posting kali ini hanya kompilasi dari berbagai artikel Ucihasantoso lainnya tentang mengukur kepribadian cewek.

   

“Cowok yang sulit dipegang omongannya biasanya juga plinplan berasmara.”

Edo Prasojo

   

Dialektika Asmara

            Apa yang akan anda lakukan jika populer, hebat, dan digemari banyak cewek cantik? Berusaha punya pasangan di mana-mana? Hal barusan adalah impian semua cowok hanya saja segala reputasi kita bakal langsung hancur saat publik mengetahuinya. Digandrungi cewek pada kenyataanya hanyalah keberuntungan yang membuat anda lebih bebas memilih calon pasangan. Lalu, kalau anda bukan orang yang beruntung apakah bisa tetap bebas memilih calon pasangan? Jawabannya bisa. Anda hanya harus lebih menonjol ketimbang cowok lain dalam populasi daerah tertentu. Tampil beda adalah awal untuk memancing perhatian cewek sehingga mereka lebih mudah mengingat ciri anda. Beda dalam artian berpakaian lebih rapih, berwawasan di atas rata-rata, cepat memahami sesuatu, atau mampu bersikap dewasa di usia muda. Namun, sekeren apapun anda belum tentu ada cewek yang terang-terangan mengejar. Semua tergantung budaya setempat. Walau demikian, menarik hati cewek minimal akan membuat mereka cenderung membuka diri pada anda.

            Mengasah kelebihan diri demi romansa semata didasari kenyataan bahwa tiap individu menilai lawan jenisnya berdasarkan beragam tujuan. Hindari mengukur orang tanpa tahu apa-apa! Bagaimana bisa menilai gaya cewek sedangkan penampilan sendiri saja tidak anda jaga? Anda jelas tidak mengerti rasanya mempertahankan kesan baik orang. Jangan bicara soal PD kalau masih cemas menjomblo! Anda bahkan tidak mampu melindungi argumen menjomblo dari tekanan konformitas sebaya. Makin beragam hal yang dipahami bakal kian bijak dan dewasalah anda menilai cewek. Kebijaksanaan, kedewasaan, atau pengetahun anda secara dramatis dapat mengubah pembawaan. Contohnya kalian tahu Farah Quinn? Secara fisik dia mungkin tidak terlalu menarik tapi, caranya mempresentasikan diri ditambah kecerdasan dan wawasan internasionalnya membuat ia punya pamor lebih. Dia tidak berkeletah berbahasa Inggris melainkan memang terbiasa menuturkannya layaknya “Native speaker”. Farah Quinn sadar bagaimana orang menilai pembawaan dan kenampakan fisiknya.

            Kemampuan menaksir kepribadian individu lain dimulai dari kepekaan terhadap tiap perubahan dalam diri. Kesensitifan anda bukan untuk menghakimi melainkan semata mencari baik-buruknya seseorang. Kita tidak perlu disukai semua tipe cewek. Cukup jadi individu yang memikat golongan cewek idaman kita saja! Ilmu romansa anda juga tidak mesti untuk memahami segala jenis perempuan. Cukup fokuskan pengetahuan dan penelitian pada kesamaan ciri antara cewek-cewek idaman anda saja! Pada akhirnya standar cewek idaman anda akan ajek sehingga bakal kian mudah mengenali tanda mereka.

   

Variasi Metode

            Menganalisa diri dan orang lain merupakan hal yang menyenangkan. Saya tidak tahu kenapa tapi, mengetahui kepribadian sebenarnya individu sekitar adalah suatu kepuasan tersendiri. Hal lebih rumit terjadi saat anda harus mengandalakn akal jernih ketika menilai kecocokan dengan cewek. Kadang kedekatan kita bakal mengaburkan penilaian minus terhadap seseorang. Inilah yang terjadi pada sejoli yang sudah yang ‘tak terpisahkan. Mereka biasanya tidak bisa langsung percaya pada satu-dua fakta pahit dan masih bersikukuh memihak pasangan. Kala fakta jadi absolut, hati mereka akan hancur lebur lantaran merasa amat dikhianati. Acap kali standar cewek anda tidak bakal konsisten karena terganggu oleh nafsu sesaat. Inilah yang membuat saya senantiasa menyarankan anda memperbaiki diri terlebih dulu sebelum berusaha PDKT cewek. Selain kejelasan kriteria calon pendamping, anda pula mesti tegas untuk meloloskan mana yang layak atau tidak. Berikut, beberapa patokan/standar rasional dalam menilai cewek:

   

  1. Hasil Tes Psikologi

Metode ini sangat bisa dipertanggungjawabkan keakuratannya. Tes psikologi tidak membedakan kepribadian wanita dan pria. Lantaran sebenarnya yang ada hanyalah tugas atau tuntutan masyarakat pada jenis kelamin tertentu untuk berbuat sesuai. Makanya, pemahaman terhadap hasil tes tidaklah cukup melainkan harus pula dilengkapi penelaahan kondisi sosial si cewek. Tes psikologi ada yang bisa dilakukan sendiri sedangkan beberapa butuh bantuan ahli untuk menginterpretasinya. Tes kuesioner hanya berisi pencocokan jawaban dengan skor atau interpretasi sehingga dapat digunakan siapapun. Namun tes wawancara, gambar, atau grafologi membutuhkan jasa ahli untuk menafsirkannya. Tes psikologi sangat diperlukan guna memetakan kecenderungan calon pasangan. Tentu awalnya, seiring kian bertambahnya pengetahuan psikologi, anda berpikir bisa mengubah dia. Tapi bersama berjalannya waktu, anda bakal sadar bahwa yang pertama harus diubah adalah diri sendiri. Sebab, begitu anda berubah maka respons terhadap kelakuan si dia pun akan berbeda.

Carilah tes psikologi yang mengukur bawaan biologis (tempramen) untuk melihat kecenderungan yang menetap dan dapat diturunkan dari si dia! Carilah tes psikologi berbasis menggambar guna menganalisa keadaan jiwa, masa kecil, keluarga, dan potensi gangguan psikis si dia! Konfirmasi hasil tes tersebut berdasarkan keadaan ia sebenarnya! Karena kadang ada kata/teks yang terlalu mengerikan namun sesungguhnya tidak sebegitu ataupun sebaliknya. Artikel Tes Psikologi Jodoh  dan Cara Menentukan Prinsip Percintaan Sesuai Kepribadian mungkin dapat membantu anda menentukan preferensi calon pendamping.

    

  1. Daftar Centang

Banyak hal yang harus dipertimbangkan jika anda ingin serius mencari pasangan. Data apa saja hal fundamental yang membuat anda mungkin betah atau tidak bersamanya! Baca Cara Lepas dari Cewek Tidak Menguntungkan dan Tipe Cewek yang harus Diwaspadai guna lebih detail memetakan preferensi anda! Mulailah penilaian terhadap cewek dari angka penuh, misalnya 100 atau 10! Kurangilah/centang tiap kali kalian mendapati kekurangan pada diri si cewek! Berikan pembobotan subyektif untuk tiap faktor ketidakcocokan! Contohnya: cerewet -15; suka berbohong -37; pemalas -24; jorok -50; berkulit gelap -60; agak pendek -20; gemuk -48. Tetapkan berapa nilai-minimal supaya si cewek masuk kriteria anda!

Jika ada lebih dari satu cewek yang terkategori preferensi anda, pilihlah yang paling mungkin didekati! Selanjutnya, pengukuran terhadap ketidakcocokan watak hanya mungkin bila anda sedang PDKT pada si dia. Jadi direkomendasi untuk membuat penilaian sementara! Contohnya: minimal cewek harus berskor 70 agar anda yakin mendekati mereka. Tetapkan batas waktu pengukuran, misalnya setahun! Lantaran PDKT sering menimbulkan bias maka, sebelum menilai ada baiknya anda mengecek kedewasaan diri. Koreksi apakah pembobotan tersebut sudah tetap atau belum! Yakinkan pribadi sendiri perihal nilai-minimal cewek untuk masuk kriteria anda! Tidak apa punya nilai-minimal yang tinggi asalkan, anda sudah membuktikan mudahnya menggaet cewek tipe tersebut.

   

  1. Masa Depan

Anda diizinkan menggunakan petunjuk apapun—termasuk yang tidak bisa dijelaskan akal seperti kata hati—untuk memprediksi hubungan dengan seseorang di masa depan. Saya menyarankan anda tetap merujuk hasil tes psikologi sebagai salah satu pertimbangan utama evaluasi standar pendamping masa depan. Lebih lanjut, individu tidak berhak menentukan standar cewek berdasarkan masa depan bila ia belum dewasa. Standar masa depan amatlah sulit diterapkan sebab nantinya bakal tidak sedikit variabel yang dapat memicu beragam tindakan di luar kepribadian si cewek. Sehingga mutlak dibutuhkan bimbingan dari orang yang lebih tua/berpengalaman. Usahakan untuk melihat dari beragam sudut sebelum menciptakan standar pendamping masa depan! Namun, kelak jangan sampai keputusan serta standar anda kalah oleh kecemasan terhadap masa depan! Sadarlah bahwa tiap hal yang belum pernah diperbuat/terjadi kadang menimbulkan kekhawatiran tertentu!

   

Daftar pustaka:

Morissan (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Masa. Jakarta: Kencana.

  

Artikel terkait:

Mengalirkan Energi Cinta ke Dalam Pengejaran Akademik

Tes Psikologi Cinta

Tes Psikologi Cinta (2)

Tes Psikologi Cinta (3)

Tes Psikologi Cinta (4)

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: