Kesalahan-Kesalahan Romansa Cowok

Kesalahan-Kesalahan Romansa Cowok

 

            Bencana asmara terbesar cowok adalah tidak tahu apa sebenarnya masalah Cinta mereka. Cowok rela ‘tak berdaya demi mengikuti drama romansa yang cewek skenariokan. Ini lantaran hanya dengan mampu mendekati cewek saja cowok sudah bersyukur. Soal bagaimana cewek memperlakukan mereka itu tidak jadi perkara. Prinsip “asal tidak jomblo” juga membuat cowok enggan menyisihkan waktu untuk merenungi diri. Cowok lebih suka menghabiskan masa senggang mereka untuk mencari cewek yang mudah dimodusi. Ini memang menyenangkan tapi, nyaris tiada manfaat kecuali sebagai hiburan. Deretan pernyataan di atas dimaksudkan agar individu mengevaluasi percintaannya masing-masing sehingga tergali lebih banyak hal baik yang nantinya dapat digunakan sebagai pemoles kepribadian.

 

Pengantar

            Romansa merupakan peristiwa pribadi yang kontinu. Apa yang dilakukan hari ini bakal memengaruhi kejadian di masa depan. Pola pikir yang terbentuk selama menjalin asmara dengan mantan pasti, sedikit-banyak, bakal menentukan cara komunikasi anda pada pasangan yang sekarang. Karakter romansa yang dibentuk oleh beragam pengalaman masa lalu bisa jadi, secara tidak sadar, menyeret kita dalam kesalahan berulang. Penolakan serta pelecehan yang sering didapat dari perempuan mungkin pula akan membuat anda membenci keadaan. Padahal yang kadang terjadi hanyalah kalian tidak bisa menemukan kalangan atau tipe cewek yang tepat. Ini kerap dikarenakan preferensi cewek anda yang masih didasarkan rasa suka belaka bukannya asas kecocokan sifat atau latar belakang. Artikel ini bakal membahas problema romansa cowok melalui sudut pandang yang agak berbeda.

 

“Oh Cinta itu cukup nyata; kalian akan menemukannya suatu hari namun, dia memiliki satu musuh utama, yaitu kehidupan.”

Jean Anouilh Ardele

 

Penghargaan

            Walau judulnya “Kesalahan … “ tapi saya tidak bermaksud mengacu pada hal yang absolut sebab, topik ini menyangkut interaksi manusia bukan matematika. Benar-salah romansa ditentukan oleh dirugikan atau tidaknya seseorang. Kerugian tersebut didasarkan kesimpulan selama berhubungan bukannya cuma dari satu-dua ketidakcocokan. Contohnya jika pengorbanan gila-gilaan cowok di awal pacaran dan PDKT mampu meyakinkan dan membuat cewek Cinta mati bisa jadi ini tidak dianggap kerugian melainkan investasi. Maka, strategi romansa terbodoh pun dapat dianjurkan kalau memang hasilnya bakal gemilang. Cinta tidak boleh hanya dilaksanakan menurut ide “Pria idaman”, “Cowok alfa”, atau lain sebagainya melainkan pula mesti mempertimbangkan pragmatisme! Prinsip Cinta anda harus adaptif namun tidak sepenuhnya fleksibel! Lantaran, keluwesan—yang merupakan turunan dari sikap terus ingin bergerak—umumnya membawa konsekuensi ketidaktentraman atau kegelisahan.

            Romansa hanya bisa berjalan baik dan padu bila sejoli telah sama-sama dewasa. Lantaran masing-masing sudah mampu saling menoleransi sikap pasangannya; tidak ada lagi harapan kelewat muluk; perselisihan adalah tentang adu logika dan kepekaan bukannya pemameran emosi hiperbolis. Namun, kadang anda tidak mesti memprioritaskan pertimbangan kedewasaan calon kekasih karena kematangan datang bersama waktu dan pengalaman. Apa yang dilihat dari si dia hanya potensi untuk jadi seseorang yang pantas disayang. Bagi remaja mungkin indikasi matang berasmara persis dengan “Jaga image” lantaran, yang dipahami semata yang terlihat saja tapi tidak proses kognitifnya. Inilah kesalahan fundamental ABG sebab mereka kepalang menganggap diri dewasa dan layak untuk segala tanggung jawab—termasuk romansa.

            Perkembangan konstruk romansa, dari ABG menuju dewasa, tidak bisa dibandingkan antar individu. Karena, seperti yang panjang diuraikan di atas, prinsip Cinta tertentu yang dianggap kemajuan/keuntungan menurut sebagian orang bisa jadi tidak ada gunanya bagi yang lain. Konstruk romansa mestinya menciptakan kepuasan, ketenangan, serta logis untuk tiap orang dan bukan sebatas konformitas alias ikut-ikutan. Banyak orang punya pacar namun tidak mendapat peningkatan reputasi seperti yang mereka duga ketika jomblo. Perasaan menang atau dominan baru mereka dapat setelah bisa meledek jomblo. Padahal, mereka tidak paham bahwa untuk bisa mengejek jomblo seseorang harus mengeluarkan dana, usaha, serta waktu yang relatif banyak guna meraih dan mempertahankan status hubungan. Dengan kata lain, ongkos merendahkan jomblo cukup mahal. Tapi, mereka jelas tidak merasa terlalu keberatan lantaran acap kali modal yang digunakan bukan milik sendiri; waktu pun sangat luang karena tidak ada prestasi lain yang harus dikejar. Argumen di atas tampaknya terlalu perhitungan karena memang, kenikmatan tidak kenal tarif dsbg. Semua kembali lagi bahwa romansa bernilai khas bagi masing-masing individu.

 

Daftar Kekeliruan

            Kebanyakan cowok sungkan belajar romansa karena menganggap ini hal sepele. Jika memang segampang yang diperkirakan, mestinya semua cowok punya pacar sesuai impian mereka. Kalaupun juga mau belajar, cowok pasti cari cara cepat untuk berhasil dengan cewek. Jalan pintas yang mereka tapaki tersebut nyatanya rentan mengikis jati diri. Lantas, bagaimana semestinya cowok menyikapi percintaan? Jawabnya dengan terlebih dulu mengenal diri sendiri dan menghindari atau menginsafi kesalahan-kesalahan asmara sebagaimana yang tertera di bawah ini:

 

  1. Naif

Cowok kerap berpikir bahwa ia harus sempurna untuk membuat cewek terkesima padahal, itu hanya prediksi. Realitasnya, cewek pun sepanjang waktu cemas pada penampilan serta penilaian orang. Cowok tidak dapat melihat ini karena mereka dibutakan pemujaan terhadap perempuan. Begitu bertemu cewek cantik, otak cowok langsung memberi perintah mundur karena menganggap dirinya bukan orang kaya, tampan, berkarisma, dsbg. Paradigma ini jika dipelihara bakal menumbuhkan serentet sikap lain seperti kurang percaya diri, mudah manut kata perempuan, gampang dirayu, sok romantis, kelewat takut kehilangan, gamang menjomblo, atau lekas galau karena asmara.

 

  1. Kompensasionis

Saat putus atau gagal membina romansa anda mungkin akan tertekan karena terus terbayang mantan. Guna mengatasinya, tanpa pikir panjang individu akan bergegas mencari pengganti supaya cepat melupakan mantan. Orang mungkin menyangka cara ini ampuh padahal justru, sebaliknya, memperparah obsesi pada mantan. Kenapa bisa begitu? Karena sebelum memulai hubungan anda sudah berniat mencari yang lebih dari mantan. Anda berpikir dapat menyempurnakan yang dulu kurang dalam hubungan bersama si dia. Akibatnya tiap kali ketemu cewek baru anda bakal mengomparasi penampilannya dengan mantan. Membandingkan kemesraan bersama pacar yang sekarang dengan mantan. Menimbang mana yang lebih enak, mengobrol bersama pacar yang sekarang atau dengan mantan. Alhasil, bukan makin lupa anda malah kian detail mengingat masa lalu dengan si dia. Ini kalau baru sekali putus Cinta lalu, bagaimana jika sudah berkali-kali? Berapa banyak kenangan bersama mantan yang tiap hari akan mengganggu anda?

 

  1. Diam

Menurut saya ada dua keadaan diam cowok yang buruk: (1) waktu kencan dan (2) ketika dilecehkan cewek. Cara asyik berbincang dengan cewek sudah beberapa kali dibahas Ucihasantoso tapi kalau soal ejekan pacar belum ada. Sering kali cowok, mungkin karena sayang, membiarkan kekasih merendahkannya bahkan di depan umum. Bila ini pernah sekali menimpa anda, jangan biarkan untuk selanjutnya! Ekspresikan kemarahan kalian dengan jelas padanya! Tunjukkan selemah apapun kita di hadapan perempuan tapi kalau soal kehormatan tidak ada kompromi! Cowok adalah identitas suatu hubungan. Buktinya ketika sudah menikah yang dipakai adalah nama suami. Maka, sedari awal indetifikasilah tipe cewek bagaimana yang senang mengolok orang sebelum kalian memilih kekasih!

 

  1. Mencla-Mencle

Omongan kemarin, hari ini dilanggar; dicampakkan cewek, bersumpah akan menjauh tapi besoknya mengajak ketemu. Berlagak punya prinsip Cinta sekeras karang di depan kawan namun nyatanya gampang tunduk pada perempuan. Mencap cewek tertentu tidak baik tapi malah dikejar. Cowok tipe ini susah sinkron antara kata dan tindakan. Ini bukan lagi kesalahan romansa melainkan cacat berat. Kelakuan di atas sesekali mengindikasikan individu yang sulit mengontrol perilaku. Mereka mungkin adalah orang yang senang membuang sahabat ketika tidak butuh lagi. Impuls dan nafsu mendominasi pola pikir mereka sehingga tujuan sesaat lebih diutamakan ketimbang dampak jangka panjang. Mereka kadang berani menyalahgunakan barang kawan untuk pacaran tanpa rasa bersalah. Tidak ada nasihat untuk orang-orang seperti ini. Karena biasanya mereka sudah kerap menyesal dan tahu kesalahan sendiri beserta solusinya namun masih saja abai dan mengulangi.

 

  1. Ketergantungan

Kalau pacar tidak mengingatkan makan apa anda bakal puasa? Bila belum diberi selamat tidur apa anda akan begadang? Individu merasa dirinya nahas jika tidak didukung/disetujui pasangan. Mereka mulai menganggap pacar merupakan satu-satunya sumber kebahagiaan sehingga rela meninggalkan kawan atau bahkan keluarga. Mereka merasa lemah tanpa si dia. Lebih parah lagi, pacar bisa dijadikan aksesoris andalan pendongkrak PD di depan teman-teman. Seolah ‘tak terpisahkan, ke acara sosial manapun selalu bersama. Tujuannya demi mengesankan si cewek Cinta berat dan tidak mau lepas dari cowoknya. Ciri lain individu dengan kecenderungan di atas adalah tanpa kenal waktu bertelepon dan berkirim pesan dengan pacar. Salah satu bahaya akibat sifat ini ialah kerapuhan mental.

 

  1. Menyia-Nyiakan Waktu Jomblo

Anda tentu tahu tujuan semua orang mencari pacar adalah supaya bahagia. Kalau anda dan kekasih sama-sama tidak punya kehidupan yang menyenangkan lalu dengan apa kalian akan bahagia? Jomblo seharusnya merupakan masa untuk menata diri sebelum menyambut datangnya Cinta baru. Jomblo seyogianya dimanfaatkan untuk memperbanyak hal positif yang nantinya dibagi bersama pasangan. Jomblo adalah waktu ideal untuk mengkaji eksistensi anda. Jomblo ialah periode krusial bagi cowok untuk meningkatkan kualitas diri sehingga kompatibel bagi kelas cewek yang lebih tinggi. Cowok yang gemar meratap dan mengeluh saat jomblo umumnya bakal mengeluarkan usaha amat besar untuk memikat cewek idamannya. Itulah kenapa cowok biasa menurunkan kriteria cewek incaran dari yang sebenarnya mereka dambakan guna menghindari pengerahan upaya berlebih.

 

            Semua poin-poin barusan sifatnya lebih sebagai informasi tanpa penyertaan saran. Karena apa yang mesti dilakukan bagi tiap kesalahan tidak bisa diseragamkan. Tiga orang dengan kesalahan yang sama boleh jadi memerlukan lima alternatif pemecahan. Beda latar belakang kesalahannya, lain pula solusinya. Serangkaian informasi di atas cuma pandangan agar anda dapat menimbang sendiri penyelesaian kesalahan romansa.

 

*Artikel ini mengutip rujukan dari e-book “Handout Psikologi Sosial 2” dan artikel 7 Kesalahan Pria Saat Ingin Luluhkan Hati Wanita, 13 Kesalahan Dalam Pedekate Ala Hitman System, 17 Kesalahan Pria Saat Jatuh Cinta, Kesalahan yang Dilakukan Pria Saat Mendekati Wanita Idaman, 8 Kesalahan Dalam Mencintai Seseorang yang Harus Anda Hindari, serta banyak artikel lainnya.

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: