Cara Terlihat Natural di Depan Cewek

Cara Terlihat Natural di Depan Cewek

 

            Takut mendekati orang asing itu wajar, apalagi kalau mereka cewek cantik. Bahkan, sering kali mencoba mengajak bicara teman cewek pun bisa terasa menegangkan. Sebenarnya ini tidak hanya menimpa cowok tapi juga cewek. Berinteraksi dengan lawan jenis begitu berbeda lantaran kita takut akan penolakan. Kita takut persepsi mengenai penampilan sendiri tidak sesuai dengan anggapan orang. Kedua hal barusan, yang dikenal sebagai kecemasan bersosial (social anxiety), pasti terjadi ketika anda bergaul. Masalahnya adalah kita ingin menghindari itu. Contohnya: cowok yang tidak mau kelihatan gugup dan terbata-bata di depan cewek bukannya berlatih cara mengobrol, mereka malah mengalihkan interaksi tersebut lewat HP atau media sosial. Untungnya skil sosial akan perlahan matang seiring pertambahan umur dan kedewasaan, setidaknya begitu yang saya lihat dari generasi sebelumnya.

 

Pengantar

            Saat menonton beberapa film mungkin anda akan menemui adegan di mana pemeran cowok menyapa cewek dengan santai dan penuh PD. Bukankah itu menyenangkan? Sayangnya ini agak sulit ditiru. Tensi seksual (sexual tension) merupakan salah satu penyebabnya. Tidak semua orang dapat mengatasi ini.  Tensi seksual yang bercampur kecemasan bersosial dapat seketika membuat individu membatu saat harus berinteraksi dengan lawan jenisnya. Ada yang coba mengobatinya dengan mengubah paradigma namun sebagian besar justru membiarkannya. Tapi, bagaimana sesungguhnya cara natural berkomunikasi dengan cewek seperti yang ada di film? Artikel ini bakal membahas sedikit tips seputar cara asyik berinteraksi dengan cewek.

 

“Gila jika membiarkan kepercayan dirimu goyah hanya karena satu orang saja.”

WikiHow

 

Bermasyarakat

            Saya sebenarnya malas mendorong kaum kita untuk senantiasa proaktif pada cewek. Kenapa? Cowok sudah susah payah mengembangkan skil sosial tapi, tetap saja banyak cewek di luar sana yang kurang asyik diajak berinteraksi. Gaya mereka yang terlalu “jaga image” sering mematikan obrolan. Cowok jauh lebih kecanduan pada cewek yang enak didekati dibandingkan yang hanya mengandalkan tampang. Namun, pernyataan barusan bukan legitimasi supaya anda menghindari cewek-cewek “jaga image”. Karena mereka belum tentu lebih buruk dari yang gampang diajak bicara. Keahlian sosial mesti tetap diasah untuk memudahkan segala urusan anda, tidak hanya asmara.

            Selain kemampuan sosial, ternyata ada cara lain guna memuluskan romansa. Misalnya masyarakat Barat yang lazim menenggak alkohol supaya berani mendekati lawan jenisnya. Mereka juga senang berkumpul di Bar untuk bertemu dan bercengkrama dengan individu-individu baru. Karena, di sinilah kegugupan cewek dan cowok bisa dihilangkan oleh minuman. Mereka dapat lancar bercerita, saling berpelukan, ciuman, atau bahkan berlanjut ke ranjang bersama orang asing atau teman kencan tanpa rasa canggung dan segan. Tapi, rupanya alkohol tidak menyelesaikan semua hambatan asmara. Ini terbukti dari hidupnya jasa konsultan kencan. Orang Barat pun sadar bahwa tidak masuk akal untuk selalu mabuk saat harus mendekati lawan jenis. Ini nampak dari gaya berpakaian minim cewek-cewek Barat. Mungkin saking sulit dan membatunya cowok di sana tanpa alkohol, cewek jadi berupaya sedemikian seksi semata agar kaum Adam makin tergerak mendekati mereka. Untungnya di Indonesia tidak sampai seperti itu.

            Remaja kita ketimbang mengakrabi alkohol dan pergaulan Bar mereka memilih hal yang lebih sehat, yaitu media sosial. Jika orang Barat membutuhkan proteksi privasi khusus untuk informasi pribadi di media sosial, anak muda Indonesia malah sebaliknya. Remaja kita justru mengisi informasi di media sosialnya layaknya biodata. Tujuannya mungkin supaya semua orang melihat jati diri mereka. Memang menyenangkan lingkungan media sosial di mana semua individu saling terbuka dan percaya. Apa yang kita lihat di lini masa dan profil nyaris selalu sama dengan kondisi nyata si pemilik akun. Ini harus diakui merupakan budaya yang bisa membuat romansa lebih berwarna. Contohnya walau kencan sebenarnya banyak diamnya namun lewat unggahan beberapa swafoto (selfie), sejoli dapat melupakan itu dan berfokus pada kenangan manisnya saja.

 

Metode

            Sulit terlihat natural alias nyaman menampilkan sifat asli saat ada di sekitar cewek. Halangan ini sebetulnya akibat harapan kita akan hasil tertentu dari interaksi dengan cewek cantik. Namun tidak bisa munafik, ketika melihat perempuan aduhai bakal timbul niat di hati cowok untuk menaklukannya. Kalau sudah begini, sebagus apapun kemampuan sosial anda kadang jadi tidak berguna. Sebab, keahlian sosial yang tadinya dikembangkan murni demi bergaul sekarang mesti dimanfaatkan untuk memikat cewek. Skil bermasyarakat baru mungkin dimanfaatkan dalam romansa setelah didahului pemahaman beberapa pola pikir. Saya menulis ini bukan karena pakar berkomunikasi dengan cewek, melainkan lebih pada berbagi pengalaman. Deretan tips sederhana di bawah ini merupakan cara agar anda menikmati interaksi dengan cewek. Berikut uraiannya:

 

  1. Buat Persiapan

Anda tidak bisa lulus ujian tanpa belajar dan latihan, begitupun berkomunikasi dengan cewek. Biasakanlah berbicara di hadapan cermin untuk memperlancar kata-kata anda! Latihlah gaya mengobrol anda dalam nada serius maupun santai atau bercanda! Hindari jangan sampai anda terdengar seperti menghafal! Belajar bercakap di depan cermin juga membantu kita untuk menentukan impresi apa yang hendak ditunjukkan nantinya pada komunikan.

 

  1. Knowing Every Particular Object (KEPO)

Dalam bahasa Indonesia istilah di atas bersinonim dengan “Melit” atau selalu ingin tahu segalanya dan terlalu sering bertanya. KEPO pada dosis tepat akan membawa manfaat tapi, bila berlebihan bisa mengakibatkan ketidaknyamanan yang bersangkutan. Meng-KEPO cewek demi mencari bahan pembicaraan adalah hal yang bagus. Namun, pada pelaksanaanya pengetahuan tersebut jangan diungkapkan sebagai tebakan! Meski anda sudah tahu tetaplah pura-pura bertanya! Misal, “Genre film apa yang paling kamu suka?”, jangan langsung bilang, “Senang drama romantis Korea ya?”! Karena bakal terdengar mengerikan.

 

  1. Dongkrak Kepercayaan Diri

Temukan beragam cara untuk meningkatkan PD anda! Bisa coba dengan mengingat kembali prestasi lampau, memperbaiki paradigma, atau lain sebagainya. Mungkin anda juga dapat menengok profil dan kicauan/status medsos pribadi beberapa saat guna mengevaluasi diri. Studi menemukan bahwa melihat dinding Facebook sendiri selama tiga menit dapat menambah percaya diri.

 

  1. Mulai Bergerak

Jika anda sudah kenal sebelumnya, carilah kesempatan di mana anda bisa mengajak bercakap cewek dalam suasana kasual! Usahakan agar itu terjadi saat ia sendirian dan bukan di tempat yang ramai/bising! Saat berbincang tanyalah tentang diri si cewek! Pertanyaan “Kenapa” dan “Bagaimana” umumnya relatif berhasil memancing percakapan panjang! Namun, adakalanya kalian menemui cewek-cewek yang memang tidak asyik diajak mengobrol. Jangan salahkan diri anda! Seperti yang diterangkan di atas, cewek juga bisa gugup dan mengalami kecemasan bersosial. Kalau anda mau makin terbiasa lagi pada si cewek, upayakan untuk menegur mereka setiap bertemu! Tapi, jangan kentara hanya dia cewek yang anda sapa!

 

  1. Detail

Pertama, yakinkanlah diri anda terlebih dulu bila ingin terlihat natural di hadapan cewek! Soal bagaimana respons mereka terhadap kita nantinya itu bukan masalah. Konsentrasilah pada apa yang cewek utarakan! Perhatikan bahasa tubuh mereka! Berilah tanggapan seperti mencondongkan tubuh, ikut tersenyum, tertawa kecil, terperangah, atau raut sedih sesuai dengan konten yang cewek bicarakan! Sekali-kali selalah cerita cewek untuk menunjukkan anda menyimak! Contoh kalimat sela seperti: “Sebentar! Jadi dia itu masih temennya Anu?”, atau, “Oh … Kamu rupanya tidak suka makanan pedas toh.”, dsbg tergantung apa yang sedang dikatakan.

Selama di depan cewek jangan gunakan rayuan kecuali candaan romantis—itupun kalau anda sudah akrab! Sensitiflah pada nuansa sehalus apapun! Karena ini percakapan langsung anda wajib memantau kondisi batin si cewek! Cermati apakah dia sedang kesal, bosan, tersinggung, atau gelisah! Jangan terlalu serius! Lontarkan gurauan untuk mengencerkan suasana, misalnya, “Kenapa? Kok diam? Kamu enggak biasa ya dekat sama cowok ganteng?”, boleh juga, “Menunduk melulu? Kebelet buang air ya?”, atau kalimat lain yang pasti memantik senyum!

 

  1. Menerima Penolakan

Tiap orang punya hak untuk suka atau menjauhi sesuatu, begitu juga anda. Kalau kalian telah berusaha sesopan dan senatural mungkin pada si cewek tapi mereka tetap tidak senang, biarkanlah! Tetap santai dan jangan nampak kelewat kecewa! Jangan kesankan penampilan santai anda di depan cewek itu palsu! Bila anda sudah merasa cocok dengan gaya pribadi, jangan terlalu risau pada satu-dua respons negatif atau datar dari cewek! Cukup anggap ini wajar! Carilah cewek yang memang suka dengan gaya anda!

 

*Artikel ini mengutip rujukan dari artikel Social Anxiety, How to Talk to Your Crush Without Being Crushed, How to Deal With Approach Anxiety, 4 Keys to Overcome Your Nervousness Around Women, serta banyak artikel lainnya.

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: