Tips Memberi Kode ke Cewek

Tips Memberi Kode ke Cewek

 

            Rupanya makin tinggi tingkat komunikasi kian padatlah pesan serta makna yang bisa disampaikan. Komunikasi kompleks biasanya berbentuk rangkaian pesan tersirat dan tersurat. Level komunikasi ini jamak digunakan media dan politisi. Namun, untuk hubungan antarindividu umumnya kita hanya memakai yang tersirat atau tersurat saja. Dalam romansa pesan tersirat inilah yang disebut kode. Komunikasi kompleks jika cuma ditujukan pada seseorang hampir pasti maksudnya adalah manipulasi. Komunikasi ialah alat suatu tujuan. Derajat tujuan pula yang kemudian memengaruhi seberapa komprehensif metode komunikasi yang manusia terapkan.

 

Pengantar

            Bermain kode seyogianya bukanlah gaya cowok namun, tetap saja wajib dikuasai. Kode bagi cowok baiknya semata bumbu penambah gereget romansa saja. Tapi, kode juga bisa bukan berupa pengungkapan hal menyenangkan. Contohnya ketika anda tidak punya uang dan berharap dia mau memberi pinjaman. Kode tidak melulu berbentuk verbal melainkan pula dapat berupa warna pakaian atau gerak badan. Individu membuat kode kadang bukan lantaran tidak berani bicara langsung melainkan ingin menjaga perasaan lawan bicaranya. Mengerti kode orang lain sebenarnya menunjukkan anda punya level pergaulan yang sama dengan mereka. Artikel berikut akan membahas kiat-kiat sederhana bermain kode dengan cewek.

 

“Puisi Cinta selalu klise untukku tapi tidak bagi orang yang ditujunya.”

James Dye

 

Gaya Interaksi

            Cewek senantiasa diyakinkan bahwa diri mereka berharga dan diinginkan maka, kenyataanya pun harus begitu. Cewek belajar dandan sedemikian rupa dan melakukan banyak perawatan menyakitkan semata supaya cowok menghampiri mereka. Cewek menganggap ganjen atau bahkan murahan sesamanya yang mudah dekat atau memulai dengan cowok. Cewek ingin kita mengejar mereka. Walau mungkin diantara pengejar itu tidak ada selera mereka tapi, cewek tetap menyukai ini sebagai pendongkrak ego. Cewek akan menggunakan beragam cara agar cowok mendekat dan mengakui pesona mereka, salah satunya lewat kode.

            Cewek mengganggap kode-kodenya universal dan mudah dipahami semua orang. Mereka tidak mengerti bahwa suatu simbol/tindakan melambangkan hal berbeda pada tiap golongan masyarakat. Kode sesekali pula digunakan cewek untuk memberi tahu sekitar saat mereka berpotensi mengalami emosi berlebihan. Misalnya, kala cewek tidak suka tingkah anda mungkin sedikit sinyal bisa jadi teguran sebelum ia benar-benar marah. Contoh lagi ketika terpikat oleh anda, cewek ingin perasaannya lekas dibalas jika tidak mereka bisa tergila-gila. Cewek sudah terbiasa kodenya tidak dimengerti cowok. Jadi, beruntunglah mereka yang bisa tepat merespons kode cewek. Lantaran cewek gampang tertarik pada orang yang gaya komunikasinya sama.

            Kode yang dipakai cewek saat tengah tertarik lawan jenisnya merupakan cara memancing cowok menyatakan Cinta. Cewek tidak mau bilang Cinta lebih dulu sebab takut ditolak. Semua demi menjaga harga diri. Celakanya, cewek yang terlalu gengsi justru dibenci cowok. Kode acap juga digunakan cewek untuk menguji sesayang apa pasangannya ke mereka. Biasanya kode ini keluar saat pertengkaran. Cewek akan mengancam pergi atau putus dan berharap anda mau mencegahnya. Gilanya lagi cewek dapat menolak cowok, padahal sudah suka, hanya agar anda lebih maksimal membuktikan Cinta. Saya tidak tahu sespesial apa cewek ini menganggap dirinya sampai tega mempermainkan cowok.

 

Komunikasi Selingan

            Sebagian besar cowok mungkin malu bertatap muka dengan cewek. Makanya mereka lebih memilih memakai HP atau media sosial untuk menegur-sapa. Tapi, cara ini sudah dibawa ke tingkat yang jauh sampai menembak pun lewat SMS atau telepon. Saya kira, HP seharusnya hanya sebagai alat untuk membuat janji kencan saja sedangkan, media sosial adalah tempat menceritakan kegiatan sehari-hari. Dengan memelihara pola pikir bahwa komunikasi di HP dan media sosial dapat mensubtitusi interaksi di dunia nyata, cowok telah menjerumuskan diri mereka jadi teman bicara yang buruk. Cewek bisa jadi terpikat pada fisik anda namun, mereka butuh kesan lebih lanjut yaitu lewat perbincangan ril. Cewek ingin meraba siapa serta bagaimana cowok saat bertemu dan mengobrol. Maka, asahlah skil berbicara anda! Cewek menggantungkan informasi dari interaksi di atas—lantaran aspeknya yang meliputi bahasa tubuh serta komunikasi verbal—untuk mempertimbangkan sikap romansanya terhadap anda. Karena percakapan langsung begitu penting bagi cewek, kadang kode sisipan cowok dapat membuat mereka penasaran. Baiklah untuk membantu anda berkomunkasi, berikut beberapa tips melempar kode ke cewek dalam pertemuan langsung maupun di media sosial:

 a) Berpandang-pandangan

Boleh percaya atau tidak, orang sesekali menilai berdasarkan cara kita menatap mereka. Kepercayaan diri anda saat melihat langsung ke mata individu sekitar akan membuat perbedaan suasana. Umumnya, orang bakal langsung menunduk atau mengalihkan pandangan ketika ada yang melihat ke arah mereka. Menatap cewek dengan mimik tertentu bisa memberi kesan spesifik. Kiat-kiat melirik cewek ini lengkap dibahas di artikel Tips Menatap Cewek.

 

b) Media Sosial

Sarana komunikasi ini hanya bagus kalau si cewek sudah suka pada anda. Jika belum maka, bisa saja anda malah dicap norak olehnya. Media sosial dalam romansa itu ibarat kipas yang menjaga api tetap membara. Kipas hanya berhasil jika apinya memang ada. Media sosial ialah tempat di mana corak imajinatif sangat kental. Anda dapat menulis apapun dan jika perlu disertai gambar untuk mendukung atau mendramatisir pesan yang hendak disampaikan. Media sosial seolah mewakili pikiran paling pribadi seseorang. Media sosial juga merupakan ranah alternatif untuk memamerkan banyak hal, salah satunya romansa. Media sosial adalah tempat luas bagi individu untuk mencari pengakuan sosial, termasuk Cinta, yang sulit didapat di kehidupan nyata.

Anda bisa menghangatkan PDKT lewat media sosial jika tahu kapan waktu si dia biasa “online”. Kirimkan berbagai kode, puisi Cinta, atau lelucon romantis pada saat itu! Namun, tetap jangan berlebihan! Anda juga dapat memperoleh sedikit perhatiannya melalui komentar terhadap film atau buku favoritnya. Informasi tadi bisa kalian tengok di halaman facebooknya. Tujuan melakukan ini supaya tercipta kesamaan diantara kalian. Alasan lainnya juga sebab, mendengar opini orang mengenai suatu yang kita tahu atau suka adalah hal yang menyenangkan. Selanjutnya, mengikuti (follow) dan sering mengobrol dengan teman si cewek di twitter dapat juga jadi jalur bermain kode yang mengasyikan. Sesekali pula mungkin anda bisa membuat status romantis atau galau tanpa sebut nama (no mention) di media sosial. Kita bakal lihat dia merespons atau tidak.

 

c) Verbal

Cowok bisa menggunakan beberapa kalimat untuk menyampaikan maksud tersiratnya ke cewek. Walau tidak sehalus dan serumit perkataan cewek tapi, kode-kode di bawah dapat anda terapkan untuk memberi kesan dewasa. Contoh:

 

“Boleh tidak aku sayang pada kamu?”

Kalimat ini digunakan sebelum anda menembak si cewek. Tujuannya untuk mengetahui apakah ia menolak, menerima, atau sudah punya pacar. Kalimat barusan juga berfungsi untuk mendorong cewek agar memutuskan semua “Gebetannya” jika memang mau anda tembak.

 

“Aku sukanya sama cewek yang bisa/pandai … “

Kalimat di atas diutarakan untuk menceritakan ciri cewek idaman anda pada si dia. Secara tidak langsung ini merupakan harapan supaya lawan bicara menunjukkan kesesuaiannya dengan tipe cewek favorit anda. Cewek yang telah memiliki pacar biasanya akan bilang dia tidak mungkin menerima anda. Kalimat ini dapat dimanfaatkan saat PDKT.

 

“Kita mengobrol begini kamu nanti ada yang memarahi enggak?”

Kode ini sangat umum dan maknanya pun mudah ditebak. Kalimat barusan merupakan permisi seseorang dalam memulai PDKT. Biasanya cewek akan menjawab, “Memang siapa yang mau marah?” seolah tidak paham maksud anda.

 

“Betul dia ganteng namun, kita tidak tahu aslinya seperti apa.”

Kalimat di atas dilontarkan untuk menyatakan ketidaksetujuan anda dibanding-bandingkan dengan cowok lain. Katakan ini dengan raut serius untuk menekankan pesan yang hendak anda sampaikan!

 

“Aku sedang tidak memikirkan yang namanya pacaran.”

Ini adalah penolakan halus bagi cewek yang terus-menerus mendekati anda. Pernyataan tadi bisa dikeluarkan saat cewek menyinggung perihal romansa anda atau fantasi kegiatan bersama pasangan. Gunakan intonasi ramah dan sopan bila mengatakan ini—kalau perlu sambil senyum! Karena kita tidak pernah tahu sesensitif apa perasaan para lawan bicara.

 

“Kamu manis sekali malam ini.”

Pujian tadi adalah cara anda untuk membuat dia makin terpikat. Bila sanjungan ini dikatakan serius sambil menatap matanya bisa jadi ia tidak bakal berpikir anda sedang merayu karena ada maunya. Pengakuan dari orang tersayang adalah hal spesial bagi cewek. Jika dikatakan pada momen yang tepat, pujian tentu bakal meningkatkan tautan batin si dia dengan anda.

 

            Rombongan tips di atas pada dasarnya hanya konsep. Anda dapat melakukan penyesuaian apapun pada interaksi antarlawan-jenis di lapangan. Asalkan makna dan maksudnya masih sama dengan konsep yang tertera.

 

*Artikel ini mengutip rujukan dari artikel Cara Efektif Ngirim Kode ke Gebetan, Kumpulan Kode Rahasia Cowok, serta banyak artikel lainnya.

 

Daftar Pustaka:

Morissan (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Masa. Jakarta: Kencana.

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: