Menyusun Strategi PDKT Terpadu

Menyusun Strategi PDKT Terpadu

 

            Pada akhirnya semua posting Ucihasantoso tentang romansa harus dirakit menjadi satu konsep utuh. Tapi itu tidak dapat dilakukan sekejap karena masih butuh banyak waktu guna mematangkannya. Namun ada beberapa aspek yang mulai menunjukkan konsistensi, salah satunya PDKT. Sulit dibayangkan kalau tips PDKT Ucihasantoso bisa sekompleks dan sedetail sekarang. Dibutuhkan abstraksi supaya individu mudah mendefinisikan tindakan romansa pribadi secara lebih umum. Ini ‘tak lain merupakan cara mempermudah diri menerapkan metode PDKT yang aktual dan responsif.

 

Pengantar

            PDKT merupakan tipe komunikasi romansa yang cukup spesifik. PDKT adalah misi yang relatif berat lantaran kita diharuskan membongkar jarak-jarak emosional seseorang terhadap individu baru hingga akhirnya terjadi penerimaan. PDKT ialah awal anda akan jadi siapa nantinya di mata pasangan. Mempelajari PDKT utamanya bukan untuk membuat cewek menyukai anda melainkan agar mampu memahami diri sendiri. Keahlian PDKT vital dalam bermasyarakat sebab individu diwajibkan menyadari peran sosial mereka masing-masing. Induksi metode PDKT di lingkup luas pergaulan ke percintaan ialah cara terbaik menjadikan seseorang otentik. Artikel ini ditulis sebagai penyederhana atau kesimpulan praktis berbagai posting PDKT Ucihasantoso sebelumnya.

 

“Cinta bekerja dengan cara yang berbeda di masing-masing pikiran, bagi yang bodoh ini pencerahan dan untuk yang bijaksana membutakan.”

John Dryden

 

Dasar

            Pada artikel Cara Merasa Beruntung Setelah Ditolak Cewek anda diajak berpikir bahwa kita semua punya hak untuk menilai sesama. Jangan menganggap hanya cewek yang patut mengukur anda! Ucihasantoso ingin menyadarkan bahwa anda biasa menghadapi manusia dan tidak perlu kelewat khawatir menyikapi calon pasangan. Sebab mereka pasti tidak jauh beda dengan banyak insan lain dalam hidup anda. Ucihasantoso kelihatannya seperti menghambat pembaca melakukan tindakan-tindakan asmaranya atas dasar pertimbangan psikologi dan ilmu sosial. Padahal yang sebenarnya blog ini hendak sampaikan adalah hati seseorang bukan barang yang mudah diutak-atik dan diperbaiki saat rusak. Sekali menyinggung atau buruk di depan cewek idaman bakal sulit baginya untuk menoleransi anda. Bisa mati langkah kalau dia sudah benar-benar menjaga jarak. Guna mencegah terjadinya satu kesalahan signifikan dalam PDKT itulah Ucihasantoso mau pembacanya serius merancang strategi romansa.

            Ucihasantoso memahami pula individu yang masih butuh pengakuan sosial. Tapi, jangan itu seharusnya motivasi anda mengawali romansa! Ucihasantoso secara eksplisit mengemukakan bahwa relasi yang bermakna dengan teman sepergaulan akan menambah reputasi anda di mata cewek. Ini dapat dibaca di Merubah Lingkaran Sosial Jadi Barisan Penggemar. Jadi, carilah reputasi guna mendapatkan cewek, bukan sebaliknya! Ucihasantoso senantiasa ingin meyakinkan bahwa tiap cowok pasti punya pangsa peminatnya masing-masing. Apa yang anda mesti lakukan pokoknya adalah mengidentifikasi di mana dan bagaimana ciri mereka. Ini merupakan langkah maju supaya individu tidak terlalu keras mencoba memukau semua cewek cuma demi menemukan satu pujaan hati.

            Ucihasantoso terang mengemukakan bahwa cewek dan cowok itu secara garis besar sama namun beberapa detail tertentu membuat mereka berbeda. Ini dibuktikan dengan tidak diterimanya tes kepribadian berdasarkan jenis kelamin. Karena kepribadian itu sifatnya universal sedangkan peran masing-masing jenis kelamin atau gender merupakan bentukan masyarakat. Ini sebuah upaya kecil Ucihasantoso meredakan pusing yang mendera cowok saat menanggapi cewek. Premis di atas pula implisit mengatakan bahwa strategi PDKT bisa diuji coba dulu ke sesama cowok dengan karakter yang mirip calon pacar sebelum benar-benar anda terapkan. Lebih luas lagi, Ucihasantoso memandang PDKT sebagai bagian dari metode pergaulan.

 

Pemeringkatan

            Rencana PDKT dimulai dari hal yang paling abstrak menuju yang konkret. Prediksi perilaku si dia saat menghadapi situasi tertentu (diketahui lewat tes kepribadian) merupakan substansi abstrak sedangkan tindakan kita terhadapnya dianggap konkret. Rencana PDKT diawali dengan menentukan sasaran atau kondisi di mana keberhasilan diasumsikan tercapai. Katakanlah sasaran PDKT anda adalah jadian maka, bakal beda strategi jika targetnya hanya mencari kepatuhan, bukan status. Sasaran PDKT dibuat berdasarkan kebutuhan pribadi. Misal: Cowok yang sering kesepian mungkin butuh pacar yang akan selalu menanggapinya. Jadi target PDKT-nya adalah membuat calon pasangan tergila-gila dan mau melakukan apa saja demi dia. Namun sasaran PDKT bukan prinsip yang kaku, melainkan luwes mengikuti perkembangan infromasi tipe kepribadian calon pacar. Sebelum jauh membahas, wajib diingat dulu PDKT anda baru bisa konkret setelah dilandasi kepercayaan diri. Jika tidak, mungkin PDKT cuma akan ramai di HP tapi hening saat kencan.

            Untuk mengatur target PDKT, pertama anda mesti mengetahui wataknya dengan Tes Psikologi Jodoh, Tes Psikologi Cinta, dan Tes Psikologi Cinta (2)! Sodorkan ketiga kuesioner ini padanya! Tidak harus sekaligus. Bila perlu anda juga dapat mengirimkan sampel tulisannya ke grup Facebook Ucihasantoso. Mungkin saya bisa bantu menguak seperti apa sebenarnya calon kekasih anda. Aturan pengiriman adalah tulisan dibuat di atas kertas polos (tidak bergaris), minimal sepanjang empat baris yang dibubuhi tanda tangan. Contoh tulisan dapat dilihat di Tips Romansa Untuk Anak Rumahan. Kenapa anda butuh banyak data kepribadian si dia? Analoginya seperti ekspedisi. Sekalipun kita punya pengangkut terbaik tapi jika infrastruktur menuju titik tujuan tidak memadai bisa jadi perjalanan bakal gagal. Anda tidak bisa menargetkan hubungan nan dewasa serta kompleks jika si calon cewek baru mengerti sebatas pacaran ialah semata hiburan dan senang-senang.

            Tak-tik PDKT juga harus diatur tingkat kerumitannya! Jika cuma asal punya pacar mungkin tidak perlu bertele-tele. Cukup lakukan metode PKDT biasa! Tapi bila memang cewek incaran anda istimewa, sudah sewajarnya menerapkan PDKT khusus. Ini karena apa yang sulit dari punya pacar adalah “Puas”. Banyak cowok yang setengah mati mempertahankan hubungan dengan cewek (maaf) pas-pasan padahal terbuka lebar kesempatan bagi mereka mendapat perempuan yang lebih baik di luar sana. Pada kasus barusan kadang akibatnya logika cowok perlahan sakit. Ditandai dengan menguatnya keyakinan “Jika mengurus cewek berpenampilan begini saja sulit apalagi yang cantik”. Mereka jadi takut putus dan ketika nantinya jomblo pun bakal gamang memulai PDKT.

 

Skenario

            Suatu rencana kegiatan haruslah jelas tempat dan waktunya. Setelah tahu apa yang hendak dikerjakan maka tetapkanlah lokasi di mana serta kapan anda bakal mempersuasi! Posting Cara Mengatur Keuangan Selama Masa PDKT dan Pacaran dapat memberi petunjuk anda waktu yang paling tepat untuk mengajak perempuan keluar. Waktu juga menyangkut durasi PDKT anda. Putuskan sampai kapan anda bakal mendekati dia! Tempat PDKT bisa di mana saja tergantung cara anda. Omongan dan gerak tubuh apa yang nanti dilakukan dapat dibaca di Metode Dasar PDKT dan Metode PDKT Lanjutan. Sekalipun sudah membaca semua ini, anda mesti selalu siap untuk kemungkinan ditolak! Anda harus tahu apakah sebaiknya mencoba lagi atau cukup gagal sekali saja! Semua tergantung seberapa kenal anda dengan sang pujaan hati. Itulah kenapa hal abstrak mutlak diperlukan dalam PDKT.

            Anda juga dapat merancang PDKT dengan perumpamaan menjawab ujian. Artikel Mengenal Jenis-Jenis Tes yang Cewek Berikan Pada Calon Pacar merinci hal di atas. PDKT realitasnya tidak mesti dibatasi oleh status. Anda boleh mendekati cewek manapun termasuk pacar orang. Lewat perbuatan ini mungkin sekitar akan menilai anda tidak bermoral. Tapi itu resiko bagi mereka yang memang serius mencintai seseorang. Jangan lakukan hal barusan bila kalian belum benar-benar yakin! Ucihasantoso mau pembacanya percaya dan paham pada apapun keputusan romansa sendiri karena sudah didasari perhitungan yang rasional. Ucihasantoso juga merekomendasikan supaya anda mengembangkan karakter terlebih dulu sebelum berbicara tantangan romansa. Lantaran hanya individu yang punya kemampuanlah yang bisa membuat cewek terpesona.

            Ketika nanti mengevaluasi progres PDKT, anda mesti mengukur seberapa jauh respons yang cewek berikan! Kadang ada cewek yang sudah suka tapi hanya mau menunggu. Tidak jarang pula ada cewek yang tidak enak menolak dan terkesan seperti memberi harapan palsu. Kita tidak bisa menilai tanggapan cewek terhadap PDKT dengan standar tunggal. Sekali lagi pengetahuan mengenai sifat calon pacar anda sangatlah krusial. Akhir kata, jika kita bisa menciptakan PDKT yang mengasyikkan seandainya ditolak pun masih ada pengalaman yang dapat dipakai di pergaulan. Segalanya tergantung kedewasaan anda dalam mencari hikmah.

 

*Artikel ini mengutip rujukan e-book “Gender Sebagai Faktor Penentu” serta banyak artikel lainnya.

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: