Tips Tebar Pesona di Depan Cewek Saat Presentasi

Tips Tebar Pesona di Depan Cewek

Saat Presentasi

 

            Selama ini Ucihasantoso kerap menitikberatkan pembahasan pada cara mengobrol dengan cewek. Padahal ada sebuah cara berbicara lain yang pula mampu menarik hati mereka. Metode itu bernama berbicara di depan umum (public speaking) yang bisa berupa orasi, ceramah, presentasi, atau pidato. Bertutur di hadapan khalayak sifatnya lebih ke satu arah dengan kata lain kita mengajak orang untuk mendengar dan tidak langsung menanggapi. Kelebihan dari bercakap di depan orang adalah anda punya kesempatan untuk menunjukkan sisi lain kepribadian. Berdiri dan berbicara di depan publik jika baik dan maksimal niscaya membawa kewibawaan dan pesona bagi pelakunya.

 

Pengantar

            Modal terpenting orator atau penceramah adalah kepercayaan diri. Namun itu tetap tidak bakal berbuah keuntungan jika si pembicara tidak menguasai bahan dan krumunannya. Kalau gaya penyampaian pas dan ketemu massa yang sepikiran barulah dampak emosional pidato atau presentasi akan meningkatkan pamor orang bersangkutan. Terdapat pula banyak unsur karakter lain yang secara terpadu menentukan hebat tidaknya individu bercakap di atas panggung. Bila seseorang khusus menata kepribadiannya untuk berperan sebagai pembicara publik, bukan tidak mungkin ia bisa mudah mendapat persetujuan, kepatuhan, dan hormat orang lain. Keahlian bertutur, baik itu diskusi maupun orasi, boleh digunakan untuk memengaruhi lawan jenis. Sebab hal ini ampuh dalam pencitraan. Artikel berikut digubah tidak karena si penulis mengerti cara berbicara di hadapan umum melainkan semata ingin berbagi pengalaman.

 

“Sihir Cinta pertama adalah ketidakacuhan kita yang ‘tak pernah bisa diakhiri.”

Benjamin Disraeli

 

Sikap

            Kenapa perusahaan berlomba-lomba menghabiskan banyak uang untuk beriklan? Tentunya agar mereka memenangkan persaingan penjualan. Perang pemasaran bukan hanya terjadi di dunia dagang namun pula dalam romansa. Ada bejibun cowok yang memiliki kelebihan masing-masing di luar sana. Tatanan sosial kita yang mendudukkan perempuan sebagai pemilih dan laki-laki kandidatnya memaksa cowok mati-matian kampanye agar diterima di hati cewek. Sadar itu akan sulit berubah, cowok sudah seyogianya mengembangkan strategi tertentu dalam mengemas diri mereka supaya tampak baik dan berguna di mata masyarakat serta cewek pada khususnya.

            Cowok bebas menerapkan bermacam cara guna memikat cewek. Namun umumnya cara yang digunakan lebih ke iming-iming pemanjaan. Jarang ada yang mempromosikan potensi kepemimpinan dan visi-misi pribadi. Padahal, bagi sekelompok cewek hal itu memukau. Ini begitu menawan mereka lantaran seorang pemimpin identik dengan sikap tanggung jawab, penuh percaya diri, tegas, bijak, sabar, dewasa, karismatik, dan cekatan. Cewek yang mendampingi cowok dengan ciri ini pastilah akan tergugah “Rasa kepahlawannya”. Mereka bakal sebisa mungkin mendorong pasangan supaya mencapai segala tujuan hidup. Kepuasan batin dari melihat kekasih berhasil inilah yang sebenarnya memikat cewek. Tentunya sebelum proses bimbingan tersebut cewek bakal menyeleksi mana cowok yang paling cepat dan mungkin sukses.

            Berbicara di depan umum, yang erat kaitannya dengan kepemimpinan, memicu seringnya keahlian ini dibahas sejumlah seminar manajemen kepribadian. Namun, materi yang diketengahkan dalam seminar-seminar ini biasanya bersifat moderat—tidak terlalu awam juga ‘tak begitu mendalam. Hasilnya kadang individu memang sanggup tampil sebagai pembicara publik namun belum mampu optimal menstimulasi perasaan hadirin. Dibutuhkan lebih banyak pemikiran intrapersonal kritis di samping setumpuk latihan teknis jika anda mau serius fasih bertutur di depan umum.

            Presentasi sebagai salah satu bentuk berbicara di muka publik adalah pekerjaan yang jamak dilakukan mahasiswa. Presentasi adalah cara dosen membiasakan anak didiknya untuk mengemukakan ide dan memicu dialog yang intelek. Presentasi menyalurkan jiwa kreatif, aspiratif, dan ineteraksionis mahasiswa. Sayangnya semua maksud ideal ini jarang sungguh-sungguh dimanfaatkan mahasiswa dalam pengembangan diri mereka. Presentasi dianggap tidak lebih dari sekedar formalitas penilaian pembelajaran. Penyempitan pandangan di atas membahayakan kualitas menyampaikan pendapat para lulusan perguruan tinggi. Padahal universitas adalah lingkup terluas untuk berbagi pemikiran secara akademis, bertanggung jawab, dan terukur. Guna menghasilkan opini yang baik mahasiswa dilatih untuk memahami komprehensi masalah, fakta, dan kaidah normatif suatu isu.

            Presentasi dengan segudang misi pembangunan karakternya sudah sewajarnya dilihat mahasiswa sebagai suatu tunggangan resmi dalam memengaruhi sekitar, termasuk cewek. Presentasi mengajarkan kita untuk meyakinkan dan menyiarkan informasi yang benar pada orang lain. Saat anda di panggung presentasi adalah waktu yang tepat untuk menyita perhatian hadirin. Tampilkan apa yang seharusnya cewek idamkan dari anda! Walau begitu, membuat presentasi yang penuh impresi sebaiknya tidak di tiap kesempatan. Sekalipun ini memang bakat, takutnya jika senantiasa dilakukan bakal ada kesimpulan-kesimpulan tertentu yang mungkin timbul di benak orang yang pada akhirnya membuat anda agak kikuk membaur dengan mereka.

 

Saran-Saran Sederhana

            Ada beberapa trik untuk memoles kualitas presentasi anda agar menawan di depan cewek. Rinciannya tidak rumit namun butuh pembiasaan. Berikut uraiannya:

 

  1. Membangun kepercayaan diri

Acap kali seseorang merasa sedang dihakimi saat berada di hadapan umum. Mereka menganggap orang lain akan mencomooh bila ada kesalahan sedikit saja. Pembicara publik yang baik tahu bahwa hadirin menghendaki mereka berpresentasi dengan apik, informatif, dan kalau bisa juga menghibur. Pembicara publik yang baik paham cara mengendalikan pikiran-pikiran yang membuat mereka gamang dan grogi. Individu mesti menumbuhkan gambaran diri yang positif sebelum menghadapi masyarakat. Sebab jika tidak dibekali ini anda bakal mudah terpuruk jika dikiritik atau diejek. Presentasi akan sukses bila individu sadar bahwa acara ini sifatnya formal. Maka mereka tentu bakal terdorong untuk tampil dewasa dan asertif. Mereka tidak akan menjawab dengan dangkal atau ambigu melainkan secara jelas, kritis, dan konkret. Orang tahu bahwa berdiri dan presentasi di depan itu sulit. Jika anda bisa mengesankan ini mudah dan membuat hadirin yang sebenarnya tahu jadi seperti baru belajar pasti mereka akan terhenyak. Efeknya bisa lebih impresif lagi jika ini dilakukan saat perkenalan. Kepercayaan diri adalah hal terseksi yang cewek lihat dari cowok.

 

  1. Menyiapkan dan mengerti bahan

Jika kepercayaan diri adalah kualitas utama si pembicara publik, bahan orasi atau presentasi adalah senjatanya. Sebab kesan dan penampilan fisik mungkin hanya ampuh untuk membius khalayak pada pertemuan pertama tapi, apa yang anda kemukakanlah yang bakal terekam dan jadi pertimbangan di kemudian waktu. Bahan yang bagus ialah yang padat dan detail. Untuk menghasilkan materi seberkualitas itu tentunya anda wajib banyak membaca dari jauh-jauh hari guna melengkapi apa-apa yang perlu dipaparkan. Persiapan bahan meliputi pula kegiatan mengoleksi bukti pendukung retorika anda. Bukti-bukti ini yang nantinya akan ditunjukkan pada hadirin guna mempertegas bahwa anda bukan orang sembarangan. Kepercayaan diri yang mantap plus penguasaan materi nan mumpuni seakan mampu mengatakan “Kalian tidak bisa menguji saya”. Presentasi yang dibarengi sikap-sikap ini bagi cewek merupakan tanda bahwa anda sanggup berpikir logis dan waras di saat-saat membingungkan.

 

  1. Berlatih

Bisa karena biasa, itulah peribahasa yang orang tua kita sering dengungkan untuk menasihati anak-anaknya. Formulasi presentasi anda tidak datang dalam waktu semalam. Anda dapat mengasah keahlian berbicara di depan umum pada lingkaran yang kecil terlebih dulu, misalnya kelas. Sebelum presentasi anda bisa mempersiapkan gaya di depan cermin dan melancarkan membaca materi. Tapi, sebaik apapun presentasi bakal hancur jika anda tidak mengantisipasi pertanyaan apa saja yang nanti terlontar. Maka, kembali lagi, banyak mencari referensi adalah kunci menghindari orang memandang anda “Kurang”.

 

  1. Mengatur sikap

Ini meliputi bahasa tubuh, nada, artikulasi, dan cara melangsungkan presentasi. Namun sebelum jauh, ada baiknya tahu bahwa ini bukan berarti anda harus tampil sempurna. Orang-orang pasti memaklumi kesalahan-kesalahan kecil anda. Jangan lekas panik! Mulai dari bahasa tubuh dalam presentasi yang diusahakan supaya tidak berlebihan! Jangan terlalu bersemangat atau sebaliknya nampak ragu dan ketakutan! Buatlah tampilan yang tenang serta serius! Gunakan intonasi yang mantap walaupun gaya berbicara anda santai mengalir! Hindari membungkukkan badan! Condongkan tubuh anda ke arah siapapun yang bertanya! Presentasi yang asyik dan berkesan adalah yang seperti tanya jawab spontan. Artinya begitu ditanya anda langsung menjawab tanpa menampung terlebih dulu pertanyaan. Ini guna menjaga kesegaran ide di otak para penanya dan menciptakan impresi bahwa anda kompeten. Anda pula dapat memainkan pandangan pada lawan jenis yang diincar dengan membaca Tips Menatap Cewek. Kombinasi cantik keempat poin bahasan di atas niscaya mendapat nilai positif dari cewek.

 

            Walau anda sudah membaca semua saran-saran barusan tapi tetap pahami bahwa tujuan utama presentasi adalah pemaparan, bukan pamer! Ingatlah pikatan yang terjadi selama presentasi adalah bonus!

 

*Artikel ini mengutip rujukan dari artikel Cara Meningkatkan Percaya Diri Saat Berbicara di Depan Umum, 8 Cara Berbicara yang Baik di Depan Umum, Tips Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum/Podium, Tips Cara Pintar Bicara di Depan Umum serta banyak artikel lainnya.

 

Artikel terkait:

Kriteria Cowok Idaman

Sistematika Daya Tarik Personal

Memikat Cewek Tanpa Trik PDKT

  1. Reblogged this on HOME MY BLOG.

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: