Tips Menatap Cewek

Tips Menatap Cewek

 

            Umumnya masyarakat berpikir bahwa ucapanlah yang memegang peran utama dalam memengaruhi orang lain. Padahal sebenarnya komunikator yang handal adalah mereka yang hebat menguasai bahasa tubuh. Namun, dewasa ini kian disadari bahwa jika semata bertumpu pada keahlian verbal dan bahasa tubuh semata anda bakal terjerumus jadi manipulator. Individu ‘tak akan memahami esensi komunikasi interpersonal sebelum menganut pola pikir yang baik. Pola pikir ibarat pabrik atau industri yang menghasilkan sikap dan tindakan. Makin canggih, lengkap, serta rapih mereka kian kompleks atau bijaklah cara anda menyikapi realitas, begitupun sebaliknya. Paradigma akan membedakan seorang yang lugu, awam, pura-pura paham, maupun yang pakar sungguhan dalam suatu komunikasi tatap muka.

 

Pengantar

            Sorot mata sudah sejak lama jadi topik bahasan para sastrawan. Mereka adalah kelompok yang giat mengulas nuansa serta makna dibalik sebuah tatapan. Mata juga tidak luput dari perhatian fisiogonomi. Contohnya mata dengan iris (selaput pelagi) besar merupakan ciri individu yang cenderung lebih mengungkapkan emosi dan perasaanya, mudah terpengaruh, serta tampak bersahabat. Orang dengan mata berbinar terkenal memiliki daya pikat yang tinggi. Kombinasi mimik wajah dan ekspresi mata yang baik adalah cara supaya anda mudah menyampaikan maksud pada sekitar. Artikel ini khusus ditulis sebagai rujukan penggunaan mata untuk memikat cewek.

 

“Wajah adalah cermin pikiran dan mata yang tanpa berbicara mengakui rahasia hati.”

Santa Jerome

 

Seni Memandang

            Bertatap mata dalam waktu lama rentan membuat seseorang merasa rapuh dan terekspos. Ini seakan memberi individu lain akses ke dalam pikiran serta jiwa kita. Anda dapat memalsukan senyum tapi tidak dengan ekspresi daerah mata dan sekitarnya. Kita bisa mempelajari sifat, kebiasaan, serta keadaan psikis seseorang dengan memerhatikan mata mereka. Misalnya saat tertarik pada lawan jenis pupil mata akan dilatasi (membesar). Tujuannya mungkin supaya kita dapat menangkap lebih banyak detail dari sosok si dia. Bersamaan dengan melebarnya pupil, cahaya yang masuk ke mata pun makin banyak. Inilah kenapa saat anda memandangi gadis cantik ada rasa seperti ruangan jadi lebih terang. Cewek dapat mengetahui dari mata bahwa seseorang tengah tertarik padanya—walau sebenarnya mereka jarang tahu pupilah indikatornya. Meski belum tentu pula suka dengan orang tersebut tapi pandangan suka/kagum merupakan pujian bagi cewek. Ini bakal memompa kepercayaan diri mereka.

            Ada beberapa respons yang mungkin berlaku saat cewek menyadari kalian sedang memandangi mereka, berikut uraianya:

 

a)     Si cewek melihat ke bawah

Ini tanda bahwa ia malu atau terintimidasi oleh tatapan anda. Sesekali pula ada cewek yang memayungi matanya (seperti saat sedang di bawah terik matahari) sambil agak menunduk ketika ia berhadap-hadapan dengan anda. Gerakan ini juga merupakan indikasi ia merasa lebih rendah daripada anda.

 

b)    Si cewek membuang muka setelah beberapa saat

Jika cewek melakukan ini boleh jadi ia menganggap anda tidak benar-benar tertarik padanya. Bisa juga karena ia berpikir anda bukanlah seleranya. Kalau anda mendapati keadaan di atas maka beranjaklah atau lihat reaksi si cewek selanjutnya! Mungkin saja itu barusan hanya cara dia untuk jual mahal.

 

c)     Si cewek mendongak setelah beberapa saat

Ini jarang ditemukan, namun bila terjadi artinya ia tidak pantas anda perhatikan. Ia merasa lebih hebat dari anda—setidaknya itulah anggapannya. Jangan ambil tindak lanjut apapun! Biarkan ia tetap berpikir begitu kemudian carilah cewek yang memang berhak mendapatkan waktu anda!

 

d)    Si cewek tersenyum lalu melihat ke arah lain

Kombinasi gerakan barusan adalah tanda cewek tengah jatuh Cinta pada lawan jenisnya. Dia pasti bakal senang sekali kalau anda ajak mengobrol. Tapi, biasanya cewek baru berani melakukan ini ketika tengah bersama teman-temannya.

 

e)    Si cewek tidak mengalihkan pandangan

Pertama andalah yang ingin memancing perhatiannya, tapi kemudian setelah dia melirik malah ‘tak berani balik menatap. Cewek tidak memalingkan mata pasti karena alasan tertentu. Pandanglah matanya selama ia masih menginginkan itu! Saling bertatapan mungkin bakal terasa amat kikuk dan menegangkan namun setelahnya pasti timbul kesenangan tersendiri. Apalagi jika sempat mengajaknya bicara, itu bakal menyempurnakan nilai kepercayaan diri anda di mata si dia.

 

            Hal paling romantis dari menatap lawan jenis adalah saat menangkap basah mereka sedang memandangi kita. Cewek pasti bakal salah tingkah setelah ini. Beda lagi jika kalian yang dipergoki si cewek. Bila cewek ini sering bertemu anda, pertahankanlah tatapan tersebut! Lihat apakah ia mengibaskan rambut serta menunjukkan kuping, lehernya, atau merapihkan pakaian! Kalau iya, maka ketika anda berkesempatan berbincang sanjunglah suatu dari penampilannya! Misal baju, bros, jepit rambut, atau rona wajahnya. Jika takut menggunakan kata yang gombal (i. e cantik atau indah) kalian dapat menggantinya dengan ujaran lain seperti lucu atau imut. Contoh, “Poni kamu lucu sekali. Aku juga jadi ingin potong rambut seperti itu.” Selain sifatnya memuji, kalimat seperti tadi pula bisa mencairkan suasana.

            Saraf pusat kesenangan di otak aktif ketika anda berbalas tatap dengan cewek cantik. Gejala ini dapat memantik senyum atau terhentinya sejenak kegiatan kita karena fokus pada si cewek. Fakta barusan jelas menegaskan kesimpulan bahwa sorot mata seseorang bisa memengaruhi tingkah laku individu lain. Melihat mata teman berbincang juga membutuhkan banyak konsentrasi. Itulah yang membuat kita dapat lebih mengingat detail ucapan mereka. Memandang mata teman mengobrol saat komunikasi tatap muka sesekali pula bakal menunjukkan kelas anda. Jika diiringi pembawaan tenang dan ramah, bukan tidak mungkin sebutan “Karismatik” akan anda genggam.

 

Lirikan Bermakna

            Pernahkah kalian menonton beberapa adegan pidato atau presentasi dalam suatu film? Apakah anda mengamati wajah para hadirinnya? Mimik figuran atau peran pendukung suatu film sudah diarahkan agar mencerminkan/menguatkan pesan-pesan tertentu. Mereka bukan hanya diperintah untuk berekspresi sedemikian rupa namun pula dituntut untuk memahami alur pikiran tokoh yang diperankan. Hadirin suatu adegan pidato umumnya diminta untuk memberi muka penasaran, terkejut, terpukau, bingung, atau menyimak. Anda tidak harus belajar teater agar mampu mengejawantahkan maksud nonverbal sebaik mereka. Cukup lewat melatih gerak wajah di depan cermin sembari menghayati hal yang hendak diutarakan. Salah satu area muka yang berperan strategis dalam hal ini ialah mata, alis, dan dahi. Anda dapat mengoptimalkan mereka untuk menstimulasi perasaan cewek dengan sikap-sikap berikut:

 

*Keterangan: Tanda panah merah dengan garis putus-putus adalah arah tekanan wajah.

 

  1. Mata menyelidik

Gerak ini mirip dengan ketika anda tengah mencermati benda di kejauhan. Mata agak menyipit diiringi tekanan pada alis ke arah tengah. Lakukan ini saat anda tertarik pada seorang gadis seraya berkata dalam hati, “Engkau cantik, aku menginginkanmu.” Secara berulang-ulang! Mimik ini akan memberi kesan serius. Orang mungkin bakal menganggap anda tengah menilai mereka. Kala pertama berpapasan atau menangkap sosok cewek rupawan jangan tiba-tiba lebarkan mata seperti ekspresi terkejut! Tetap tenang dan selanjutnya baru gunakan isyarat barusan! Hindari gaya sok berwibawa serta gagah! Berlakulah relaks dan wajar! Jangan sampai salah tingkah!

Mata Menyelidik

Mata Menyelidik

    

  1. Mata terbuka lebar

Buat mimik ini ketika hendak menyapa atau memulai percakapan! Mata yang lebar adalah sebuah representasi keramahan. Kadang anda harus membuka mata hingga dahi berkerut. Ketika mengajak bicara upayakan tatapan lurus ke wajah calon partner mengobrol anda! Ingatlah detail wajahnya! Apakah ia pakai bedak atau tidak? Adakah jerawat? Bagaimana bentuk hidungnya? Membuka lebar mata saat berbincang bakal menjauhkan individu lain dari rasa risih ketika berhadapan dengan anda. Buat gerakan ini kala anda mau mengevaluasi tampilan wajah seseorang dari jarak lebih dekat! Jangan coba sampaikan pesan nonverbal apapun! Karena memang sikap ini digunakan untuk menyimak.

Mata Terbuka Lebar

Mata terbuka lebar

        

  1. Kombinasi senyum dan mata menyelidik

Bahasa tubuh ini memiliki maksud yang agak unik. Berbeda dengan mata menyelidik yang tujuannya untuk menyampaikan pikatan. Raut senyum-mata menyelidik digunakan pada dua keadaan percakapan: (1) Saat kita berbincang dengan si cewek. Ini dilakukan guna mengesankan bahwa anda larut dalam interaksi tapi masih tetap menganalisa tiap sudut kepribadiannya; (2) kalau ternyata ia ada di seberang meja dan anda sedang bercengkerama bersama teman, isyarat di atas dimaksudkan untuk menunjukkan sisi bersahabat. Pada skenario dua kalian cukup menoleh dengan sikap ini sesaat kepadanya seperti curi pandang sambil di batin terus bilang, “Aku ganteng, menyenangkan, dan tidak berengsek.” Hingga ia memberi kode ketertarikan.

Senyum Mata Menyelidik

Kombinasi senyum dan mata menyelidik

      

  1. Kombinasi senyum ringan dan mata mengintai

Isyarat berikut tidak khusus dipakai untuk menggaet perempuan. Tujuannya lebih ke pengembangan/pembangunan hubungan sosial. Entah kenapa ada saja orang yang akan memberi senyum kala melihat mimik ini. Jika sudah begitu, baru keluarkan senyum asli anda! Ekspresi barusan dipraktikkan ketika kita sendirian di tempat umum dengan maksud mengungkapkan PD. Baru setelah menemukan cewek cantiklah gerakan di atas boleh diganti dengan mata menyelidik.

Senyum Mata Mengintai

Kombinasi senyum ringan dan mata mengintai

            Satu hal lucu yang juga bisa dicoba dalam perkara menatap ialah permainan “Ikuti saya”. Caranya mudah, kalian cukup melakukan gerakan tertentu selagi memandangi cewek. Buat gerakan anda gampang ditiru! Misalnya, merapihkan rambut dengan tangan, mengusap-usap tepian mata dengan jempol, atau memainkan pulpen jika ia juga sedang memegangnya. Bila dia mengulangi gerakan anda, itu sinyal adanya ketertarikan. Selamat! Mimik dan pesan di pikiran anda sudah mampu memengaruhi tindakannya.

 

*Artikel ini mengutip rujukan dari artikel The Eyes Have It: How Eye Contact Affaects Our Brain, Look Into My Eyes, Attract Women With Eye Contact, serta banyak artikel lainnya.

 

Daftar pustaka:

Buckley, Susan (2008): Buku Pintar Bahasa Tubuh. Jakarta: Cerdas Pustaka.

Lowndes, Leil (2011). The Magic of Connection. Jakarta: Ufuk Publishing

Tickle, Naomi (2010). You Can Read A Face Like A Book. Jakarta: Ufuk Publishing.

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: