Ide Liburan Untuk Para Jomblo

Ide Liburan Untuk Para Jomblo

 

            Dunia begitu memilukan bagi mereka yang tidak punya pasangan. Benarkah? Menurut sebagian kalangan juga, jomblo artinya tidak punya seseorang spesial yang bisa diajak berbagi kisah. Jomblo sama dengan kesepian dan kurang diinginkan oleh lawan jenis. Jika anda jomblo hari ini, itu pertanda susah jodoh. Jomblo bahkan, dalam suatu guyonan, dikatakan sebagai penyebab banjir—karena doa mereka yang senantiasa mengharap hujan besar di malam minggu. Padahal mungkin yang sebenarnya mengundang bencana/teguran itu adalah sejoli-sejoli yang doyan maksiat. Segala hal memojokkan ini seakan memaksakkan kesimpulan bahwa jomblo tidak bisa bahagia. Sesungguhnya adakah hal/kegiatan yang sanggup menepis mitos malang tersebut?

 

Pengantar

            Kebutuhan kebersamaan dalam suatu romansa bervariasi pada tiap individu: ada yang takut sendirian hingga jadi “Needy”; butuh otonomi dan tidak merasakan perbedaan signifikan antara berpacaran atau melajang; hingga yang cuma senang Cinta satu malam. Keragaman ini memengaruhi cara mengisi waktu seseorang. Si otonom bakal sibuk dengan kerjaan atau ambisinya dan menjaga hubungan hanya lewat pertemuan mingguan, beda dengan kedua temannya di atas yang memang minat utamanya adalah menggoda/menempel perempuan. Namun, dilihat dari sisi manapun mereka tetap punya kesempatan bersinggungan dengan cewek. Tentu hari mereka akan lebih berwarna daripada yang jomblo. Bagi anda yang melajang atau setidaknya kadang merasa begitu, artikel ini bakal coba membagi sedikit tips menikmati, baik waktu luang, maupun liburan.

 

“Sebuah Cinta dapat membangkitkan Cinta lainnya.”

Pearl Buck

 

Vakansi

            Liburan tidak harus panjang, cukup satu atau dua hari asal menyenangkan juga ‘tak apa. Kadang waktu yang banyak kosong di rumah juga bisa dikategorikan libur. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi atau keingintahuan anda. Jomblo yang masih kuliah punya kesempatan/libur yang banyak untuk menghasilkan sesuatu. Sayangnya kesenggangan itu justru melahirkan kegalauan. Tidak dipungkiri pula penyebabnya bisa jadi karena pada sebagian mereka yang indekos, kontak dengan orang lain agak kurang dan jikapun ada pasti membosankan. Ini masih ditambah lagi oleh permasalahan klasik, yaitu keuangan.

Biasanya jomblo menghibur diri dengan begadang, sparing futsal, atau main PES bareng kawan. Sedikit lebih jauh, sesekali mereka jalan-jalan ke pantai atau naik gunung. Aktivitas-aktivitas di atas memang menyenangkan namun tetap ‘tak dapat menggantikan gurihnya percintaan. Ini ibarat lidah yang dapat mengecap semua rasa kecuali manis. Jadi, sebagus apapun kegiatan yang sudah dilalui bersama sahabat kadang mampu ternafikkan.

Ide menarik tentu mucul seputar bagaimana berlibur sebagai jomblo namun tetap merasakan Cinta. Apakah gagasan itu terdengar seperti cerita film? Kejadian ini bisa nyata jika anda telah sepenuhnya (1) mengenal diri, (2) punya kendali terhadap kehidupan pribadi, dan (3) puas dengan pergaulan yang sekarang. Ini sebab hidup itu mengalir utuh alias tidak terpisah-pisah. Apa yang anda lakukan dan alami bersama orang lain sekarang, sedikit-banyak, bakal terbawa ke peristiwa di masa depan. Ketiga syarat tadi wajib dimiliki kalau mau tiap liburan/kegiatan mengisi keluangan anda berfaedah bagi romansa nantinya.

 

Pengayaan Pengalaman

            Beberapa hal bisa anda lakukan untuk mengisi libur entah itu di dalam atau luar rumah. Tapi, salah satu syarat utamanya adalah dokumentasi. Berikut, ide-ide liburan menarik bagi jomblo:

 

1.     Membuat video

Saya yakin semua orang senang meninjau ulang sesuatu. Menyenangkan untuk mengabadikan peristiwa dan membagi atau menontonnya bersama kolega. Jika anda punya handy cam atau DSLR tidak ada salahnya iseng memulai proyek dokumentasi. Video tersebut bisa berisi kumpulan momen selama angkatan/fakultas anda membuat kegiatan atau tamasya. Supaya makin gereget, anda boleh pula mengunggahnya ke media sosial atau YouTube. Dokumentasi memudahkan kita untuk mengevaluasi diri, melihat sisi lain seseorang, dan terkadang membantu kontemplasi romansa.

 

2.     Merekam lagu

Musisi atau penghobi musik pasti ingin membuat lagu dan menyebarluaskannya. Rekaman adalah cara mewujudkan itu. Supaya lebih puas, anda bisa mengambil (take) suara tiap instrumen dan vokal di studio sedangkan, penyatuannya (mixing) di rumah. Memproses sendiri musik ciptaan anda dapat melatih fokus terhadap detail. Karya anda juga bukan tidak mungkin bisa jadi kebanggaan ketika bertemu calon pasangan. Interaksi panjang kita dengan perangkat lunak musik bakal memberi pemahaman yang cukup tentang multimedia. Proses dari rekaman hingga selesai biasanya memakan waktu beberapa hari. Waktu yang telah terlewati ini niscaya kelak memberi corak berbeda dalam hidup.

 

3.     Menghadiri pesta sahabat

Ini hal yang cukup asyik untuk sering dicoba. Sesekali teman bakal mengundang anda ke resepsi kakak atau ulang tahunnya. Tempat itu akan penuh dengan makanan enak dan orang-orang baru. Anda bisa berbincang dengan kawan dalam suasana yang cukup santai. Kalau beruntung anda juga bakal bertemu cewek idaman hati. Kelebihan menghadiri acara teman adalah anda punya banyak topik obrolan yang sama ketika berbincang dengan individu asing. Jelas keadaan seperti ini sangat menggairahkan bagi jomblo yang pandai bersosial.

 

 4.     Melakukan PDKT langsung (dirrect approach)

Ini kegiatan yang paling seru dan menantang. Anda bisa melakukannya bersama beberapa teman sambil didokumentasikan. Pendekatan langsung dimulai dari berkenalan dengan sembarang cewek di tempat umum, yang tujuannya mendapatkan PIN atau nomor HP. Panduan teknis dapat dicari di internet atau beberapa e-book PUA. Bukan hanya asyik, PDKT langsung juga dapat melatih anda untuk percaya diri dan mengembangkan karakter. Namun jika nantinya anda larut dalam cara ini, senantiasalah ingat bahwa itu cuma teknik sedangkan hakikatnya tetap pengembangan skil sosial!

 

 5.     Menulis

Tidak semua orang suka mengisi liburan dengan menulis. Sebab penulis adalah mereka yang hobi membaca. Namun bagi yang memang punya minat di sana, cara ini bisa membantu anda dalam banyak hal, misal: meningkatkan keterampilan berbahasa, melatih menulis laporan KP atau skripsi, dan juga berfungsi sebagai katarsis. Menulis bukanlah hobinya para pemalas. Belajar disiplin menulis selama liburan bakal membuat anda paham cara menjaga/menumbuhkan produktivitas. Selain itu pula, keakraban anda dengan perangkat lunak pengolah kata (i. e Microsoft Word) kelak memberi banyak manfaat di dunia kerja.

 

6.     Soan ke kampus teman

Saya menemukan aktivitas ini cukup menghibur dan memperluas wawasan. Anda dapat membuat komparasi dengan almamater sendiri ketika berkunjung ke kampus kawan. Keliling-keliling di universitas orang juga bisa menyegarkan karena anda mungkin melihat banyak wajah-wajah baru. Lebih jauh, obrolan anda dengan mahasiswa setempat bisa jadi rujukan informasi yang bagus. Makin banyak keterangan yang didapat, kian intelektualah anda di mata masyarakat.

 

 7.     Main di warung internet

Ini adalah kegiatan favorit saya selama SMA. Menongkrong di warnet sangat asyik, terutama jika dilakukan bersama teman sebaya atau sekomplek sepulang sekolah maupun selama libur. Sebab di sana anda bisa leluasa tertawa, memekik-mekik, dan bercengkrama dengan kawan. Walaupun anak warnet bukanlah tipe cowok yang menarik di mata cewek tapi, masa bodoh selama anda menikmati itu. Pecandu game adalah mereka yang terbiasa melupakan Cinta untuk waktu yang lama. Guna mengimbangi kekurangterampilan bergaul yang mungkin terjadi, anda dapat membaca banyak artikel psikologi serta mempraktikannya.

 

8.     Melancong ke luar kota

Ide berikut ini adalah yang paling umum. Anda bisa merencanakan bersama teman atau klub motor untuk mengunjungi suatu daerah. Tamasya dapat berfungsi sebagai penghilang stres dan pelarian dari rutinitas. Menjelajah wilayah baru juga niscaya memberi pengalaman berharga tentang keragaman budaya dan kebiasaan penduduk setempat. Kadang hal ini bisa jadi topik lucu ketika anda berbincang dengan cewek atau teman. Piknik ke lokasi yang tidak jauh dari kota anda bisa pula menambah daftar destinasi kencan. Jangan lupa pula persering potret atau videokan liburan anda! Supaya makin kaya dan lengkap pengalaman melancong tersebut.

 

Penutup

            Kadang cowok mendekati cewek bukan semata karena terpikat melainkan lebih pada pembuktian bahwa diri mereka menarik. Begitu pula dengan pacaran yang salah satu tujuannya sebagai pemberitahuan ke teman sebaya bahwa mereka manusia yang bahagia dan beruntung. Jomblo keren tidak lagi berpikir begitu, mereka lebih pragmatis dan dewasa. Semua jomblo punya potensi untuk dicintai, tergantung bagaimana mereka merawat dan mengaktualisasi diri. Maka apapun cara menghabiskan libur, selama bisa diasosiasikan dengan romansa, masa lajang anda ‘tak akan merana.

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: