Cara Lepas dari Cewek Tidak Menguntungkan

Cara Lepas dari Cewek Tidak Menguntungkan

 

            Banyak waktu, dana, dan tenaga telah tercurah tapi dia tetap acuh; anda menahan perih namun ia menganggapnya biasa. Ini merupakan peringatan keras, komunikasi kalian macet. Sekalipun interaksi lancar, naif bila kita mengharap hubungan yang selalu menyenangkan. Kedekatan—entah itu teman, saudara, atau pacar—akan selalu berpotensi saling menyakiti. Getir dan pedihnya Cinta sebenarnya bisa diantisipasi sejak memilih pasangan. Rasionalkan harapan dan proyeksikan dengan jelas arah hubungan! Maka anda kelak punya banyak ancang-ancang romansa ketimbang hanya membiarkanya mengalir.

 

Pengantar

            Saya tahu betapa beratnya kontroversi hati anda. Jalinan ini bertahan semata karena Cinta. Kata suci yang bermakna ketulusan dan pengabdian. Tapi, Cinta juga bersenyawa dengan unsur sosial. Ia harus memiliki timbal balik jika ingin berkesinambungan. Cinta pula seyogianya bersifat membangun bukanya memanipulasi atau melucuti. Terlepas dari itu semua, sebaik apapun pasangan tetap ‘tak akan membawa manfaat jika anda picik dan kelewat idealis. Posting ini bermaksud untuk menyelamatkan anda dari penderitaan karena Cinta yang salah.

 

“Kekasih yang sungguh-sungguh mencinta tidak menuliskan kebahagianya.”

Anatole France

 

Introspeksi

            Malang bila status dan hubungan justru menjerumuskan anda. Jangan sampai suatu ikatan memperbudak sehingga anda berusaha terlalu keras menyenangkan orang lain! Pacaran tidak boleh memupuk bibit kebodohan, kelemahan, dan perpecahan! Tanpanya anda galau, tiada arti, dan sejak ada dia koneksi dengan sahabat surut. Dia baru mengenal anda. Jangan biarkan ia ikut campur masalah pribadi/keluarga! Tapi, apa memang masalahnya senantiasa berawal dari dia? Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan si cewek tidak menguntungkan:

 

1.     Pencela

Tiap orang punya hati dan harga diri. Apa rasanya kalau usaha anda untuk selalu tepat waktu melayaninya dinihilkan? Namun, begitu ada kesalahan kecil, mulutnya langsung pedas berkoar. Ia sering membandingkan anda dengan orang lain. Ia sesekali merendahkan kepentingan dan pergaulan anda. Cewek begini ‘tak bakal mendatangkan kesejahteraan batin. Tapi kadang ada saja cowok yang masih melirik. Mereka biasanya adalah golongan cowok baik atau masokis.

 

2.     Dingin

Sedih rasanya tidak mendapat respons seperti yang diharapkan. Diajak bicara matanya cuma menatap HP sambil sedikit menggerakan alis dan menjawab seperlunya; jarang senyum; wajah datar. Tipe ini cenderung membuat cowok merasa ‘tak berguna. Anehnya, cowok kerap menoleransi kelakuan ini karena berpikir “Yang penting punya pacar”.

 

3.     Materialitas

Kalau jalan mintanya ditraktir, tidak mau rugi, hobinya kumpul dengan aristokrat, dan gengsinya tinggi. Itulah sekelumit ciri cewek materialistis. Mereka percaya materi adalah segalanya. Hidup mereka hanya cari enak. Tipe ini semata peduli pada apa yang bisa anda beri. Ini bukan berarti mereka selalu punya pacar kaya. Kadang gaya dan pemikiran mereka tidak sesuai dengan tampang, sehingga terpaksa pacaran dengan orang biasa.

 

4.     Dramatis

Romansa akan terasa naik-turun, mencekam, dan menguras emosi bila berhadapan dengan cewek ini. Mereka adalah orang-orang yang mengalami krisis emosional, pencemburu, sangat demonstratif berkasih-sayang, mudah tersinggung, mudah terluka (perasaanya), dapat dengan pahit membenci seseorang, gelisah, serta mampu mengendalikan dan dikendalikan oleh emosi orang lain. Ciri ini biasanya amat disukai cowok-cowok beremosi stabil.

 

5.     Isolasi Sosial

Cewek ini mencurahkan waktu serta perhatian sepenuhnya untuk anda, dan ia mengharapkan balasan serupa. Caranya membuat anda terkungkung; terasingkan dari keseharian yang dulu. Anda dipaksa menjalani kisah stagnan dan episode mama-papa yang semu. Ia membuat durasi banyak acara sosial anda memendek. Menjaga ikatan denganya bukan pengorbanan tapi bunuh diri.

 

Metode

            Cewek buruk harus tetap dilepaskan! Jangan malah dianggap tantangan! Anda wajib punya limit toleransi! Apa anda takut merana terpisah darinya? Berikut beberapa cara meloloskan diri dari cewek degradatif:

 

A.    Komitmen

Sebelum bubar kita harus yakin dulu pada keputusan ini. Ketahui risiko bila anda bertahan atau pergi! Jangan beri syarat agar anda kembali! Kadang dibutuhkan waktu beberapa bulan guna memantapkan komitmen. Hindari galau di medsos! Sebab tiap pesan bebasnya dapat anda salah artikan. Buatlah ketetapan selagi perasaan tenang! Nyatakan keputusan ini langsung di depanya! Biarkan ia mau alasan apa! Jangan sampai anda luluh atau urung cuma karena menatap wajahnya!

 

B.    Rencanakan Transisi

Bagian A dan B tidak dilakukan bersamaan. Sebelum ke B, posisi anda dan dia harus pasti terlebih dulu. Camkan bahwa anda tidak beralih dari kondisi berpasangan ke lajang! Paradigma ini memperkeruh keadaan. Sebab secara ‘tak sadar anda bakal berpikir, “Saya lebih beruntung kemarin daripada sekarang.” Itu fatal. Keyakinan tadi berpotensi menyulut keimpulsifan. Seseorang bisa saja tiba-tiba terdorong kebut-kebutan, mabuk, atau sembarang mendekati perempuan.

Tanam kepercayaan bahwa hubungan memiliki pintu keluar-masuk yang berbeda! Apa yang berubah antara sebelum dan sesudah memasukinya hanyalah pengalaman. Sedangkan, kepribadian serta referensi romansa akan tetap. Acap kali pengalaman berharga baru dapat tercerna melalui bantuan (i. e. Bacaan atau informasi kawan). Sebab tadinya, itu masih terhalang pengetahuan tentang data pribadi mantan (i. e. Makanan-minuman favorit, candaan, cara mengakali, dsbg). Mencari cara memahami pengalaman berharga adalah rencana mengisi transisi yang bagus.

 

C.     Normalisasi

Poin ini patut diperhitungkan selama proses A dan B! Terimalah kalau nanti di awal pisah rasanya seperti sakau, selanjutnya biasa tapi saat bertemu gairah kembali menggelora, dan setelah setahun kenangan memudar namun sesekali tergoda mengintip medsos mantan! Fase-fase tadi wajib dimaklumi! Ini guna meminimalisir dampak stres serta kecemasan yang timbul selama proses A dan B.

 

D.    Kuatkan Pengendalian Diri

Anda mesti konsisten pada pendirian! Jauhi dia! Jangan buat iseng/bosan sebagai alasan kembali merayunya! Anda mungkin berargumen, “Saya hanya ingin mencari teman melepas suntuk” namun ini tetap menipu diri. Anda sudah tahu dia tidak baik tapi masih saja coba meyakinkan diri kalau sesekali bertemu itu ‘tak apa-apa. Kian lama melakoninya, anda bakal makin terbiasa plinplan. Anda pasti diremehkan olehnya kalau terus begitu.

Pengendalian diri meliputi pula kontrol ekspresi ketika berpapasan. Muka melas atau kesal anda adalah pujian baginya. Ia bakal makin gemar memanipulasi setelah ini. Usahakan untuk rileks dan jangan menjeda kegiatan ketika ia lewat! Jangan coba sampaikan apapun melalui mata anda!

Kadang tidak selamanya seseorang menyebalkan. Mungkin dengan berjalanya waktu beberapa kejadian dalam hidup akan mengubah mereka. Cewek bereaksi tertentu bisa jadi semata mengimbangi sikap anda. Umur yang muda kadang membuat perbendaharaan solusi terbatas. Sehingga ketimbang berdialog jujur tanpa menuduh, kalian lebih memilih menjauh. Artikel ini hanya awal. Anda sendirilah yang wajib merefleksi dan mengembangkan solusi hubungan secara lebih spesifik.

 

Artikel Terkait:

Tipe Cewek yang Harus Diwaspadai

 

*Artikel ini mengutip rujukan dari artikel 10 Cara Pria Menyudahi Hubungan dan Jenis/Macam/Bentuk Kelainan Seksual/Penyimpangan Seks Manusia–Seksologi.

 

Daftar Pustaka:

Carnegie, Dale & associates (2012): How to Win Friends & Influence People In The Digital Age. Jakarta: Gramedia.

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: