Tips Menjalin Pertemanan Dengan Cewek

Tips Menjalin Pertemanan Dengan Cewek

 

            Ucihasantoso tidak ingin membahas hubungan cewek-cowok melulu dari sudut romansa. Kita perlu persahabatan yang autentik kepada semua orang. Sebab, kecanggungan hubungan antar lawan jenis rentan membawa masalah dalam keseharian. Kelebihan watak cowok dan cewek mesti dimanfaatkan selama pertemanan. Ini kelak berguna saat anda meniti karier dan bermasyarakat. Berinteraksi dengan cewek atau cowok sama rumitnya. Keberhasilanya tergantung pemahaman konteks, sopan-santun, dan kebudayaan yang mereka anut.

 

Pengantar

            Mungkin ada yang berpikir, “Saya sudah punya pacar, untuk apa lagi cari teman wanita?” ini boleh jadi banyak benarnya. Setelah memiliki pasangan, waktu cowok memang berkurang untuk kawan-kawanya. Sekalipun sedang kumpul bersama, pikiran mereka tetap sulit fokus—karena sibuk pacaran via hand phone. Cowok juga sukar mengendalikan intensi seksual saat dekat dengan lawan jenis. cewek yang tadinya kurang menarik atau netral biasanya perlahan akan terlihat menggairahkan di mata cowok. Potensi selingkuh yang menganga tersebut rentan menyulut keraguan cowok selama bersahabat dengan cewek. Artikel berikut akan coba memberi perspektif hubungan cewek-cowok secara lebih prgamatis.

 

“Kau bisa memberi tanpa mencintai tapi, kau ‘tak bisa mencintai tanpa memberi.”

Amy Carmichael

 

Awal Mula

Saya benci dengan momen kikuk saat berkencan. Semuanya terlalu terkendali dan sulit dibilang menyenangkan dari sudut pandang obrolan. Pembicaraan selalu serba remeh, penuh basa-basi, dan sarat jeda-jeda panjang. Tidakah anda ingin lepas berkata cabul dan berbincang acak (random) di depan lawan jenis—lalu melihat reaksi mereka? Bila “Iya” maka, anda harus sesegera memiliki teman cewek! Berikut, saran ketika coba memulai persahabatan dengan cewek:

 

A.    Pastikan perasaan anda padanya

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah dengan jujur! Kedekatan apa yang anda harapkan darinya? Jika kalian sama-sama jomblo, apa yang akan anda lakukan? Apakah ia terlihat menyukai anda? Bila “Iya” apa respon anda? Apakah menurut anda cewek ini memang lebih cocok jadi teman ketimbang pacar? Alasanya? Jangan lawan batin anda!

 

B.    Definisikan hubungan sejak awal

Komunikasikan komitmen persahabatan anda sejak awal! Mispersepsi dan kesalahpahaman berisiko menghancurkan hubungan anda hingga ke dasar. Bahaslah—entah secara langsung atau tak langsung—mengapa kalian harus berteman! Bertanyalah di depan apakah anda ingin hubungan yang lebih! Lalu sadarilah, apa pun kata orang, persahabatan antar lawan jenis itu mungkin.

 

C.     Libatkan ia dalam lingkaran sosial anda

Aturlah waktu di mana grup anda bisa menghabiskan waktu bersama! Hindari situasi kritikal di mana masing-masing orang membawa pasangan! Karena ini bukan lagi kumpul-kumpul melainkan kencan. Selama pertemuan, jadilah moderator yang baik agar suasana tidak kaku! Galilah kesamaan di antara kalian yang bisa membuat anggota kelompok merasa terhubung! Komentarilah suatu topik ringan! Giring teman anda untuk membicarakan tempat kerja/kampusnya! Ini pasti menyenangkan.

Walaupun berteman, tapi tetap saja hubungan anda dan dia harus dibedakan. Jagalah kontak supaya tetap biasa dan singkat! Hindari percakapan yang kelewat intim! Jangan sembunyikan persahabatan ini dari teman-teman anda! Sebab anda bakal jadi bahan gunjingan tiada akhir. Candaan ringan dan ledekan memang natural tapi, jangan sampai ada rayuan yang terucap! Jauhi sentuhan-sentuhan yang lama, simbolis, atau sensual! Karena, itu akan membelokan alur persahabatan anda. Lebihkan perhatian pada pacar saat berkumpul dengan teman cewek anda! Bila lingkaran sosial anda masih sulit menerima persahabatan tersebut. Kirimkanlah posting ini!

 

Fakta Penting

Isi kepala manusia berbeda-beda. Ada yang menggunakan tips ini murni bertujuan aktualisasi dan silaturahmi. Tapi, ada pula yang demi pemuasan ego. Berikut adalah hal-hal yang umum terjadi dalam persahabatan antar lawan jenis:

 

1.     Ketegangan Seksual

Cewek dan cowok, keduanya sama-sama tergoda untuk saling menyentuh. Interaksi cewek-cowok ‘tak dipungkiri akan senantiasa dibumbui percikan libido. Kenyamanan juga jamak timbul dari kontak yang menahun ini. Hubungan labil bersama pacar kadang akan menstimulasi individu untuk mencari ketenangan. Di sinilah peran sahabat diperlukan sebagai penenang dan pendengar yang baik. Rasa nyaman dengan teman cewek tak jarang pula akan mendorong individu terus membanding-bandingkan pasangan.

 

2.     Mendapat manfaat sosial

Terdapat beberapa hal yang cukup menarik jika bersahabat dengan cewek: Terbuka peluang bagi perasaan anda untuk selalu didengarkan dan dipahami; kebiasaan berbicara dengan cewek akan mengikis kecanggungan romansa; anda bisa mendapatkan nasihat Cinta dari perspektif yang berbeda; adanya kesempatan untuk mengamati perilaku cewek secara umum. Keuntungan di atas hanya bisa diraih bila anda telah ajek bersosialisasi.

 

3.     Terdongkraknya rasa percaya diri

Apa anda berani menyapa dan berbincang dengan cewek? Segelintir cowok menggunakan keberanian ini untuk mengungguli teman sebaya. Mereka umumnya kecanduan pamer kenalan perempuan pada khalayak ramai. Anda tidak harus jadi orang dengan gangguang kepribadian seperti ini. Gunakanlah persahabatan dengan lawan jenis pada dosis yang aman!

Kecanggungan cewek-cowok di masa remaja mungkin adalah fitrah. Sebab, kelanjutan persahabatan dengan lawan jenis setelah menikah terbilang riskan. Walau begitu, tetap saja koneksi platonis dengan cewek selama remaja harus diusahakan. Karena jalinan ini kelak meluaskan wawasan kemanusiaan anda.

 

Interaksi Harian

Kita memang sewajarnya tidak diskriminatif pada teman. Tapi yang namanya manusia tetap saja akan kembali ke tabiat alaminya. Ada suatu kegemasan tersendiri bila anda membaca status media sosial (medsos) cewek cantik. Namun tidak begitu pada cewek berwajah (maaf) standar. Sesekali bakal terjadi bias atribusi jika kita menyikapi status medsos cewek biasa. Kita kadang menganggap status mereka amat manipulatif karena agak berbau normatif dan akademis. Seolah kita coba menghakimi bahwa mereka terlalu keras mencoba menonjolkan “Inner beauty”.

Sikap diskriminatif ini menandakan bahwa cowok sulit untuk bergaul dengan cewek secara dewasa. Mereka memberi muka manis dan ramah pada cewek cantik tapi bersungut pada cewek standar. Orang dengan perilaku seperti tadi jarang yang punya wibawa. Sekalipun jijik dan risih tapi, minimal anda ‘tak menunjukan perasaan tersebut lewat raut wajah. Begitupun bila pada cewek cantik, jangan kentarakan bahwa anda terpesona! Berikanlah keseragaman respon pada semua cewek yang bukan kekasih anda!

Mempelajari interaksi dengan cewek akan lebih baik kalau anda tidak terikat pada dogma tertentu. Jangan jadikan kolom majalah, prinsip PUA, atau asumsi-asumsi kaku sebagai dasar pergaulan anda! Bukalah diri bahwa di luar sana banyak cewek standar yang oversensitif, cewek cantik yang kasar dan ‘tak berperasaan, atau cewek jelek yang hobi jual mahal! Jangan menggerutu dan terlalu dikeluhkan karena mereka tidak akan berubah! Lewat latihan ikhlas pada realitas di atas niscaya pembawaan anda akan lebih tenang dan terkesan bijak.

 

*Artikel ini mengutip rujukan dari artikel How to Be Just Friends with a Member of the Opposite Sex, How to Make Sense of Your Friend of The Opposite Sex, Readers Respond: Is It Possible for Men and Women to Have Opposite-Sex Friends?, serta banyak artikel lainya.

  1. Reblogged this on CORETAN BAMBANG.

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: