Penyebab Populer Cowok Menjomblo

Penyebab Populer Cowok Menjomblo

 

            Anda mungkin geram saat datang sendirian ke suatu lokasi yang ternyata adalah tempat pacaran. Dalam hati kecewa, malu, dan stres atau malah kebelet ingin jadian. Jomblo menurut beberapa kalangan adalah sebuah aib. Bagi banyak orang jomblo berarti tidak laku dan berpotensi melajang seumur hidup. Jomblo adalah makhluk-makhluk yang ditolak lawan jenis karena kualitas hidupnya yang rendah. Betul tidaknya itu semua tergantung bagaimana anda menunjukan diri pada pergaulan.

 

Pengantar

            Semua orang pernah mengalami masa-masa haus akan pengakuan teman sebaya. Punya pacar bagi cowok adalah syarat utama supaya bisa dianggap berani dan keren. Cowok enggan lama-lama menjomblo karena takut jadi bahan olok-olokan yang secara otomatis menempatkan status mereka di bawah teman lainya. Pacaran selama fase remaja memang kental dipengaruhi konformitas kelompok. Tekanan untuk mengadopsi identitas lingkungan pergaulan kadang menimbulkan kegelisahan karena berbenturan dengan identitas masa kanak-kanak seseorang. Artikel ini akan coba membantu anda melihat masalah jomblo dari sudut pandang yang lebih luas.

 

“Pengetahuan dan kecerdasan mungkin membuat orang kagum. Tapi, hanya kepekaanlah yang akan membuat orang menghormati anda.”

Edo Prasojo

 

Faktor Utama

            Semenjak remaja tidak harus lagi ikut bekerja membantu orang tua, hari-hari mereka dihabiskan untuk kegiatan non produktif. Seperti bermalas-malasan, jalan-jalan dengan teman, main game on line hingga larut malam, atau sibuk pencat-pencet gadget. Kegiatan di atas tentu menjemukan bila dilakukan berulang-ulang. Guna meningkatkan kesenangan dan memenuhi tugas perkembangan (mempersiapkan diri untuk menikah) itulah pacaran tercipta. Jomblo secara tak langsung merupakan cerminan hidup yang membosankan serta jauh dari kemampuan memenuhi tugas perkembangan. Berikut, adalah beberapa sebab cowok menjomblo:

 

1.     Kurang Banting Harga

Cowok yang terlalu khawatir dengan status jomblonya kadang masih saja banyak pilihan. Mereka sungkan asal embat dan lebih suka menunggu yang sesuai selera. Mereka takut tidak punya pasangan tapi juga malu bila tampang ceweknya pas-pasan. Salah satu cara anak muda sekarang dalam mengatasi ini ialah dengan “Minta channel” pada teman terdekat. Rekomendasi yang ditawarkan akan mempermudah usaha jomblowan mencari cewek dari luar lingkaran sosial mereka.

 

2.     Menunggu Masa Tenggat

Ini terjadi pada mereka yang sedang menunggu waktu untuk kembali lagi pada sang mantan. Ketika inilah cowok biasanya berusaha menjanjikan hal muluk pada cewek. Mereka berharap pintu hati mantan terbuka lagi. Kemungkinan jadian dengan cewek lain dalam waktu dekat pasti akan tertutup sebab di hati mereka cuma ada masa lalu.

 

3.     Kurangnya Kepercayaan Diri

Tidak punya motor bagus, bokek, muka standar, kebanyakan gaul dengan alay, atau badan kurang atletis umumnya jadi alasan turunya PD cowok. Tapi, PD tersebut biasanya cuma turun saat menghadapi cewek yang dianggap jauh di atas kelas saja. Sebagian hal tadi jarang berlaku ketika bertemu cewek yang memiliki banyak kesamaan. Lain cerita jika cowok tersebut mengidap rendah diri kronis.

 

4.     Kurang Inisiatif

Banyak dari orang yang rendah inisiatif kerap melakukan PDKT dengan cewek. Tapi, sebelum berhasil jadian mereka sudah gagal karena si cewek kepalang ilfeel. Hal ini dikarenakan mereka terlalu banyak menyerahkan kendali pada cewek. Akibatnya, mereka hanya bertindak bila ada permintaan/perintah saja. Cowok jadi begini biasanya karena takut salah berbuat. Ini disebabkan pengalaman dan asusmsi mereka selama berhubungan dengan mantan-mantan sebelumnya.

 

5.     Terlalu Asyik Sendirian

Seharian di depan komputer, punya hobi yang menyita waktu, dan lain sebagainya merupakan sekelumit sebab cowok malas mencari pasangan. Mereka merasa dunianya sudah lengkap dan menyenangkan. Mereka yang mengalami ini umunya cuek pada pendapat orang mengenai statusnya. Tapi, jangan salah! Karena sebenarnya jauh di dalam hati, mereka sudah menentukan kapan tepatnya akan siap memulai hubungan.

 

6.     Salah Strategi

Mendekati teman cewek sang mantan, berbuat terlalu baik saat PDKT, kelewat sering menelpon/SMS (needy), ramai di dunia maya tapi senyap saat kencan, banyak mengeluarkan keluhan, atau bergaya sok keren merupakan sebab implisit cewek enek dengan cowok. Cobalah sesekali berbincang dengan cewek-cewek tentang hal apa saja yang tidak mereka sukai dari cowok! Tapi, jangan ditelan mentah-mentah! Ketika sampai di rumah, asosiasikan itu dengan pengalaman anda atau teman-teman! Barang kali petunjuk akan kesalahan strategi anda di masa lalu bisa terpecahkan.

 

7.     Sudah Lewat Masanya

Mungkin anda masih 22-24 tahun. Tapi, teman-teman anda rata-rata sudah menikah dan punya anak. Apa perasaan anda? Umur yang sama di lingkungan yang berbeda bisa berdampak signifikan dalam romansa. Mungkin, di umur itu masih banyak yang menggunakan cara anak SMA dalam memikat cewek. Namun, bisa juga sudah memanfaatkan metode yang lebih dewasa dan serius. Pendekatanya sekarang tidak lagi hanya pada si cewek namun, melibatkan pula keluarganya. Anda jadi sering hadir di acara keluarga si dia, rajin mengobrol dengan bapaknya, atau malah ikut nimbrung dengan geng motor kakak laki-lakinya. Di fase ini, begitu berhasil mendapatkan hati si cewek anda pula harus memegang restu orang tuanya. Kegagalan meraih salah satu atau keduanya tidak akan lagi membuat anda dianggap jomblo melainkan lajang.

 

8.     Tidak Sesuai Dengan Iman

Islam tidak mengenal adanya pacaran dan dengan sendirinya mengabaikan status “Jomblo”. Pacaran dianggap sebagai katalis dan awal mula maksiat. Banyak ritual dalam pacaran dianggap sebagai pemborosan, mubazir, dan dekat dengan zina. Islam menekankan bahwa indahnya pacaran hanya bisa dirasakan setelah menikah. Karena itulah sebelum mampu untuk menikah cowok diharapkan untuk menjaga pandangan dan mempertebal iman. Jika pacaran disebut-sebut sebagai media untuk saling mengenal. Islam juga menyediakan media tersebut dengan nama “Ta’aruf”. Hanya saja ini dilakukan tidak lama sebelum pernikahan benar-benar dilangsungkan.

 

9.     Masalah Prinsip

Menunda kesenangan dan berusaha disiplin bekerja keras bisa jadi lazim dialami cowok pada masa remaja akhir. Penundaan kesenangan tadi bisa berupa penghindaran berfoya-foya atau pacaran. Pengalaman masa lalu mereka menunjukan bahwa cewek cuma akan membuyarkan fokus. Maka itulah sebelum mereka merasa berhasil, masalah cewek akan sedikit dikesampingkan. Prinsip juga kadang lahir dari anggapan bahwa pacaran adalah investasi waktu, tenaga, dan uang. Maka, hububungan yang berpotensi berlarut-larut cenderung diantisipasi. Biasanya orang yang berpikir seperti ini sifatnya setia dan naif. Begitu menemukan cewek mereka mudah menjadikanya “The one”.

Cowok yang memiliki prinsip kuat umumnya juga takut mengalami kegagalan dalam berhubungan. Banyak dari mereka mulai membangun kriteria dan skenario sebelum menemukan pacar. Karena menuntut jalan cerita yang koresponden, mereka kadang jadi keras kepala dan kurang toleran. Cowok berprinsip tidak sama sekali menutup diri pada Cinta. Jika di perjalanan mereka menemukan cewek yang siap mendukung. Siap-siap saja jalinan ini akan langgeng dan dipertahankan sampai kapanpun.

 

Jomblo dan Politik Pemasaran

            Foto-foto tampan yang tidak sesuai kenyataan berseliweran di dunia maya. Status-status ambigu dan manipulatif mewarnai kehidupan di media sosial kita sehari-hari. Beberapa tidak terlalu penting dan pantas disembunyikan (hide). Tak jarang ada saja cowok yang menyebarluaskan nomor teleponya di status facebook agar ada cewek yang SMS. Tak-tik ini luas digunakan cowok sebagai bentuk pikatan. Di dunia nyata, cowok yang bergerombol di tempat keramaian malah lebih mengerikan lagi. Lirikan mereka ke cewek lebih seperti ancaman ketimbang kekaguman. Dandanan mereka yang mirip orang talang membuat cewek ogah melirik. Itu belum diperparah sahut dan siul mereka ketika melihat cewek cantik.

Hal di atas bahkan lazim ditemui di kampus-kampus. Tidak bisa dibayangkan betapa frustasinya mereka menjomblo hingga mampu melakukan hal-hal norak dan melecehkan tersebut. Sebagian cowok menyadari kesalahan perilaku-perilaku di atas. Mereka lebih tertarik pada teknik-teknik ajaib dengan iming-iming keberhasilan instan. Mulailah cowok-cowok ini merapalkan kalimat-kalimat yang dipelajarinya dari pakar kencan. Kesuksesan memang datang secepat yang dibayangkan. Tapi, apa yang tidak disadari adalah lambat laun pola pikir mereka jadi picik. Gaya mereka yang suka berkumpul dalam sebuah grup penggoda cewek justru memperburuk keadaan. Mereka malah terkesan aneh, narsis, dan snobistis.

Salah satu jalan melihat dari sisi lain status jomblo anda adalah dengan menginventarisir kelebihan, mencari kesamaan di antara mantan-mantan, mengevaluasi perkembangan cara PDKT dan pacaran anda dari waktu ke waktu, serta perbanyak main bersama teman! Sesudah benar-benar melakukan itu semua, mungkin anda akan sadar kesalahan-kesalahan silam dan mulai bisa menertawakanya. Hal di atas boleh jadi cukup sulit bila anda belum pernah melakukan serangkaian tes kepribadian. Tes psikologi beserta deskripsinya merupakan cara tepat untuk mulai mencari tahu posisi seharusnya anda di masyarakat.

Kegiatan-kegiatan di atas cukup ampuh untuk menumbuhkan kepekaan diri (self awareness). Segera setelah mampu mendeskripsikan kepribadian sendiri, anda akan mudah membedakan antara pola pikir dan karakter sebenarnya. Misalkan, anda berpikir bahwa cewek gampang terpikat dengan kebaikan cowok. Orang yang kesadaran dirinya tinggi cenderung memisahkan antara logika tersebut dengan unsur perasaanya. Ia akan coba menempatkan diri sebagai cewek yang ditolongnya. Kemudian, bertanya dalam hati “Apakah saya pantas tertarik pada cowok yang hanya menonjolkan sikap baik?” di sinilah asal munculnya kemampuan melihat diri dari luar.

Kemampuan ini tidak bisa tumbuh hanya dalam semalam. Anda harus mempraktekan dan mengkajinya berulang-ulang! Kira-kira setahun kemudian baru anda akan merasakan hasilnya. Pada masa itu anda dapat memahami bahwa jomblo berarti membuka peluang untuk didekati cewek. Anda tidak lagi akan mengemis Cinta dengan SMS klise atau pengorbanan habis-habisan. Kelak cukup hanya dengan tatapan mata penuh percaya diri, kesabaran, pengendalian diri, pengetahuan, kepekaan, dan kedewasaan saja cewek akan lekas tahu bahwa anda bukan cowok yang pantas dibiarkan sendirian.

 

Posting yang direkomendasikan:

Tipe Cowok yang Paling Gampang Ditolak Cewek

 

*Artikel ini mengutip rujukan dari e-book “Handout Psikologi Sosial” dan artikel TOP 10 ASKMEN.COM: 10 Things I Wish I Knew About Women at 18, Losing Respect, 5 Hal yang Membuat Kamu Lama Menjomblo, Perilaku yang Membuat Anda Lama Menjomblo, serta banyak artikel lainya.

 

Daftar Pustaka:

Geldard, Kathryn., & Geldard, David (2011). Konseling Remaja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

    • buburasem
    • Februari 2nd, 2013

    yang nomor satu ane banget tuh. milih dan milah gan haha. tapi ane gak pernah minta channel :D

  1. Kalo di sekitar ane sih hobinya emang cari channel.. :D

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: