Tipe Cewek yang Harus Diwaspadai

Tipe Cewek yang Harus Diwaspadai

 

            Bagi yang sudah beberapa kali pacaran. Cewek yang harus diwaspadai tentu saja adalah sang mantan. Ada yang tidak saling tegur. Saling tegur tapi hanya senyum basa-basi. Juga bahkan ada yang saling menghindari satu sama lain. Namun, sebelum suatu hubungan dijalani dengan penuh penderitaan. Ada baiknya kita tahu—terlebih dahulu—tipe cewek mana saja yang mungkin akan membuat anda menderita.

 

Pengantar

            Selain menarik—sudah jadi rahasia umum kalau—cewek juga menyebalkan. Beberapa karakter menyebalkan bisa langsung terlihat dari tampilan fisik. Sedangkan beberapa lainya harus melalui sedikit pendekatan. Tapi, jika tidak sedang dalam tahap PDKT. Setidaknya anda masih bisa mengamati cewek-cewek di sekitar. Dari situlah anda pasti akan mengerti artikel apa yang sebenarnya saya tulis.

 

“Pasangan kekasih mungkin—dan memang pada umumnya—saling bermusuhan, tapi mereka tidak akan pernah jadi teman, karena harus selalu ada bumbu kecemburuan dan suatu karakter dalam semua spekulasi mereka.”

Lord (George Gordon) Byron

 

Efek Pemandu Sorak (Cheerleader Effect)

            Pernahkah anda terperangah saat melihat sekumpulan cewek? Tapi coba amati mereka baik-baik secara individu! Anda akan mendapati bahwa kadang mereka sebenarnya hanya menarik ketika berkumpul membentuk sebuah grup. Itulah Cheerleader effect atau efek pemandu sorak. Cewek yang bergerombol juga cenderung membuat cowok takut. Karena akan aneh bila hanya mengajak bicara salah satunya tanpa melibatkan yang lain.

 

Isi

Semua cewek punya sisi menarik. Tapi, mungkin penjelasan di bawah bisa membuat sebesar apapun daya tarik itu tidak sanggup menoleransi niat anda untuk menjauhinya. Berikut beberapa tipe cewek yang paling menyebalkan:

“Cinta

 

A.    Cewek Bermoncong Panjang

Ingatkah anda dengan karakter Suneo dalam kartun Doraemon? Kira-kira seperti itulah bentuk moncong mereka. Saya tidak membicarakan bibir yang tebal di sini. Kenapa mereka harus diwaspadai? Karena mereka impulsif, cerewet, dan bukan pendengar yang baik. Mereka juga sering menyela pembicaraan dan sangat hobi berdebat (kompetitif).

Sikap cerewet dan impulsif kadang membuat tipe ini menyesali apa yang terlanjur dikatakan. Mereka juga tidak senang jika diperingatkan orang lain. Dalam hal memilih teman, tipe ini senang dengan orang yang sama spontanya seperti mereka. Jika anda orang yang berpikir secara seksama dan bertahap. Waspadailah tipe ini! Karena mereka sering menganggap orang yang tidak sespontan mereka “Tidak asyik”.

 

B.    Cewek Alim

Sensitif terhadap kritik, keras kepala, moralis, dan cenderung pesimistis. Itulah ciri yang membuat mereka sering jadi menyebalkan. Watak moralis membuat mereka mudah menghakimi orang lain. Sedangkan sikap pesimis menjadikan tipe ini sulit memercayai hal-hal baru. Kecuali hal itu telah banyak dibuktikan orang. Tapi, ini tidak selalu menyebalkan kalau anda mempunyai banyak kesamaan pada nilai-nilai yang dianut.

Catatan: Sulit untuk mengetahui seseorang alim atau tidak dengan hanya melihat penampilan luarnya. Maka, itu dalam kasus ini pendekatan wajib dilakukan.

 

C.     Cewek Materialistis

Dari sudut pandang antropologi sebenarnya tidak aneh jika cewek bersikap materialistis. Cewek mencari cowok yang kaya, karena berpikir bahwa cowok kaya pasti bisa—dengan baik—memenuhi kebutuhan anak-istrinya kelak. Hal kedua yang dicari cewek dari cowok kaya adalah status sosial dan kekuasaan.

Tapi, sebenarnya terdapat dua golongan cewek materialistis: Parsial dan murni. Golongan parsial memang menganggap materi itu penting. Tapi, itu hanya sebatas alat untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Sedangkan yang tipe murni menganggap materi adalah segalanya. Berikut beberapa ciri cewek materialistis murni:

 

1.     Punya Gengsi yang Tinggi

Cewek materialistis murni selalu punya standar yang tinggi akan selera cowok. Contoh: Minimal tungganganya Ninja, jajan tidak kurang dari Pizza, dan pergi ke bioskop minimal sebulan dua kali. Gaya hidup mereka biasanya juga amat glamor.

 

2.     Hobi Pamer Harta Benda

Mereka tidak perduli dari mana datangnya barang itu. Asalkan bisa membuat orang terpukau, mereka sudah senang (status sosial).

 

 3.     Suka Jalan Pintas

Cewek tipe ini tidak pernah mau susah dalam memenuhi semua keinginanya. Entah itu dengan cara memeras orang tua atau menekan pacar. Mereka tidak perduli.

 

4.     Tidak Mau Rugi

Mengajak jalan ke luar, nonton, makan, dan ujung-ujungnya pasti cowok yang bayar. Kenapa? Karena itulah kewajiban cowok (menurut dia).

 

5.     Punya Komunitas Sendiri

Seseorang biasanya berserikat dan berkumpul karena adanya kesamaan paham dan tujuan. Cewek materialistis sering menganggap status dirinya tinggi. Karena itulah, dalam rangka menegaskan status sosialnya. Mereka kadang membentuk perkumpulan yang berisikan kaum-kaum elit.

 

6.     Suka Menyindir Untuk Barang yang Mahal

Mereka juga kadang memprovokasi pacarnya. Supaya mau berlomba-lomba (dengan pacar-pacar teman satu komunitas) untuk memenuhi semua kebutuhanya. Biasanya cowok yang gampang termakan adalah mereka yang sama-sama doyan pamer barang.

 

D.    Cewek Teman Baik

Kenapa harus waspada dengan cewek teman baik anda? Karena bila hubungan ini berubah jadi romansa. Ketika putus keadaan pasti akan jadi agak kikuk. Teman baik juga sudah pasti tahu banyak tentang anda. Bayangkan bila suatu hari terjadi pertengkaran hebat! Ia tentu akan meracau ke sana-kemari. Apa yang dikatakanya? Itu bisa saja semua aib-aib anda.

Tapi, jika semuanya baik-baik saja. Berteman dengan cewek mempunyai banyak sekali keuntungan. Pertama, mereka biasanya adalah pendengar yang baik. Kedua, cewek menjalin pertemanan atas dasar empati. Ketiga, cewek sangat pintar menjaga perasaan orang lain (emotional prediction). Keempat, cewek juga sangat perhatian terhadap teman-teman terdekatnya.

 

E.     Cewek Pembohong

Semua orang pernah berbohong—entah itu disengaja atau tidak. Berbohong juga dipengaruhi oleh tiga faktor utama: Kepribadian, konteks sosial, dan asas manfaat. Ada beberapa kepribadian yang memang terbiasa berbohong. Mereka biasanya adalah para pengidap mythomania dan pembohong kompulsif. Mythomania atau pembohong patologis adalah orang-orang yang berbohong ketika ingin dilihat baik oleh orang lain. Mereka sering menunjukan peran yang sama sekali berbeda dengan kepribadian sebenarnya.

Jika pembohong patologis hanya berniat membohongi diri sendiri. Lain lagi dengan para pembohong kompulsif. Mereka adalah orang-orang yang tidak bisa mengendalikan kebohongan dan merasa nyaman melakukanya. Jika cewek yang anda temui sering mengubah-ubah cerita, terlihat ramah padahal agresif, manipulatif, dan sangat defensif ketika dikonfirmasi sesuatu. Maka berhati-hatilah! Karena para pembohong juga cenderung tidak menghargai kepercayaan. Itulah sebabnya mereka gampang berkhianat.

 

F.     Cewek Needy

Pernahkah anda di-SMS siang malam oleh cewek? Bolak-balik menanyakan kabar, “Sudah makan belum? Lagi apa?” secantik-cantiknya cewek kalau dia terus begini cowok pasti il-feel. Kelakukan ini mirip dengan obsesi kompulsif—di mana para penderitanya merasakan keyakinan yang kuat akan sesuatu dan memiliki kecenderungan untuk mengulanginya.

Misalnya, adanya perasaan seseorang bahwa kedua tanganya selalu kotor. Karena senantiasa memegang barang-barang yang penuh dengan kuman. Sehingga, orang tersebut akan sering mencuci tangan walaupun tanganya baru saja dicuci beberapa menit yang lalu. Ini juga terjadi pada cewek yang meyakini bahwa cowok idamanya akan terus-menerus didekati oleh cewek-cewek lain.

 

G.    Cewek Egois-Egosentris

Tipe ini biasanya adalah mereka yang hidupnya selalu dimanja dan penuh dengan kemudahan. Mereka mengukur segala sesuatu dengan patokan dirinya sendiri. Tercermin dari sikapnya yang sewenang-wenang dalam memperlakukan orang di sekitarnya. Karena sifatnya yang cenderung kekanak-kanakan. Mereka juga sering mengambek dan tantrum (mengamuk) jika keinginanya tidak dipenuhi.

 

H.    Cewek Ekspresif

Mereka mudah menangis, tertawa, mengekspresikan perasaan, berorientasi pada masa depan, mudah bersemangat, ramah, penuh perhatian, dan sensitif. Reaksi emosi mereka sering kacau dan impulsif. Cewek ekspresif memiliki tulisan tangan yang sangat condong ke kanan. Berikut beberapa contohnya:


(Klik untuk memperbesar!)

tulisan dengan kecondongan vertikal

Kecondongan Vertikal

Tulisan condong ke kanan

Kecondongan normal (condong ke kanan)

Tulisan dengan kecondongan sangat ke kanan
Sangat condong ke kanan


Terlalu condong ke kanan

 

Pada cewek dengan tulisan yang terlalu condong ke kanan. Mereka adalah orang-orang yang mengalami krisis emosional, pencemburu, sangat demonstratif dalam hal kasih sayang, mudah tersinggung, mudah terluka (perasaanya), dapat dengan pahit membenci seseorang, gelisah, serta mampu mengendalikan dan dikendalikan oleh emosi orang lain. Tipe ini biasanya amat memikat bagi cowok-cowok yang memiliki emosi stabil.

Pada beberapa kasus, kita tidak bisa mencap seorang cewek menyebalkan begitu saja. Bisa jadi ia berbuat begini karena perlakuan anda—yang terlalu baik, suka berbohong, atau egois—padanya. Maka, itu selain melihat ke luar, anda juga wajib melihat pada diri anda sendiri (introspeksi).

 

*Artikel ini mengutip rujukan dari e-book “How to Make Every Women Love You” dan artikel 25 Ciri-Ciri Cewek Matre, Alasan Kenapa Cewek Matre, Mythomania, Siapa yang Sedang Berbohong??, serta banyak artikel lainya.

 

Daftar Pustaka:

Fisher, Helen (2011). Why Him, Why Her? Jakarta: Ufuk Publishing.

Tickle, Naomi (2010). You Can Read A Face Like A Book. Jakarta: Ufuk Publishing.

Amend, K. K., Ruiz, M. S. (2010). Handwriting Analysis. Jakarta: BIP.

Ludvianto, Bayu (2011). Analisis Tulisan Tangan. Jakarta: Gramedia.

Sarwono, Sarlito (2011). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: