Cara Menilai Kebenaran Pembicaraan Cewek

Cara Menilai Kebenaran Pembicaraan Cewek

 

            Cinta dipenuhi oleh kebohongan-kebohongan manis. Dibumbui manipulasi dan dijalani dengan penuh kegelisahan. Kenapa cuma cewek yang disorot di sini? Bukankah cowok juga tidak kalah jago dalam hal berbohong? Saya tidak mau terlalu mendikotomi antara kebohongan yang dibuat oleh kedua belah gender. Artikel kali ini ingin lebih menitikberatkan pembahasan pada cara mengumpulkan informasi ketimbang menghakimi benar-salahnya.

 

Pengantar

            Saya tidak bermaksud membuat anda bertindak seperti interogator. Nikmati percakapan anda dan tetap sadarilah bahwa ini sebuah kencan! Hadapi kenyataan dengan banyak rencana cadangan! Kenapa? Karena suatu waktu perasaan cewek bisa berubah dan biasanya di saat-saat itulah mereka membuat keputusan. Tak jarang menutupi fakta/berbohong cuma bagian dari diplomasi—dan cewek berharap anda mengerti ini.

 

“Terkadang hati dapat melihat apa yang tidak nampak oleh mata”
H. Jackson Brown, Jr.

 

Nilai Informasi

            Anggap saja sesekali anda sudah bisa mewawancarai si cewek tentang kehidupanya. Apa yang biasa dilakukanya di rumah, pengalamanya selama SMP, sesering apa jalan-jalan, dst. Tapi, satu hal yang harus anda tahu. Jangan gunakan informasi ini sebagai hal yang terpisah! Misal: Dia suka warna biru dan makanan favoritnya adalah nasi goreng. Apa sebenarnya yang harus ditangkap dari informasi ini? Hal yang harus anda tangkap adalah sebab-musababnya (kausalitas). Kenapa dia suka biru? Kenapa bukan hitam? Kenapa dia suka nasi goreng? Kenapa bukan sea food?

Tapi, tidak semua hal harus anda tanyakan “Kenapa” padanya. Seperti warna biru yang mencerminkan pemikiran yang rapih terorganisir, tenang, intelektual, jujur, dan merupakan simbol kesedihan. Tak semua orang sadar kenapa mereka menyukai warna ini. Hanya dengan mengetahui informasi kausalitaslah, sebuah data keseluruhan tentang kepribadian si cewek bisa dibentuk dengan lebih cepat dan akurat.

 

Mengorek Informasi

Hindari mengandalkan komunikasi melalui media sosial dan SMS! Lakukanlah wawancara secara tatap muka! Kenapa? Karena orang akan cenderung berbohong dalam barisan teksnya. Mereka akan berusaha memanipulasi keadaan supaya sesuai dengan citra yang mereka inginkan. Berikut, beberapa hal berguna yang bisa anda gunakan untuk mengorek informasi saat bertatap muka:

 

A.    Isolasi

Tidak mesti tempat yang mahal dan eksklusif untuk membuat cewek nyaman bercengkrama dengan anda. Cukup sediakan tempat yang nyaman dan bersih. Serta bebas dari interupsi orang lain. Itu bisa saja di bawah rindangnya pohon, di taman, atau di mana pun.

 

B.    Proxemic

Proxemic adalah jarak emosional yang ingin dipertahankan seseorang terhadap lingkunganya. Jarak berdiri/duduk antara anda dan orang asing pasti akan jauh lebih lebar ketimbang jarak anda dengan teman baik. Sekalipun anda sudah dekat dengan si cewek. Tetap buatlah jarak untuk kalian berdua! Jika memang si cewek merasa tertarik pada anda. Maka, dia sendirilah yang, pasti, akan mendekat perlahan.

 

C.     Bahasa Tubuh

Dalam mengorek informasi, bahasa tubuh adalah fakta utama yang bisa memvalidasi suatu konten. Selain melihat bahasa tubuh lawan bicara. Anda juga tidak boleh lupa untuk memerhatikan bahasa tubuh anda sendiri! Berikut beberapa bahasa tubuh penting yang bisa membantu anda:

 

a)     Tanda Kegelisahan

Banyaknya gerakan menyentuh diri sendiri, pandangan yang selalu mengarah ke bawah, jari yang mengetuk-ngetuk meja, kepala yang tertunduk, ditambah dengan intonasi yang gemetar (tremor). Secara jelas mengindikasikan bahwa anda sedang merasa tidak nyaman dan gelisah. Gerakan-gerakan ini akan membuat anda tampak kurang percaya diri.

b)    Posisi Duduk

Duduklah secara hadap-berhadapan dan hindari  duduk menyamping sebisa mungkin! Saya tahu anda pasti ingin merangkul si cewek. Namun, usahakan untuk memaksimalkan komunikasi dengan menatap langsung ke pintu jiwanya (mata)! Jika memang harus duduk menyamping. Coba usahakan untuk sedikit memutar posisi badan sedemikian hingga menghadap ke arahnya!

c)     Kontak Mata

Jangan biarkan mata anda menatap terlalu intens pada si cewek! Biarkan pandangan untuk sesaat beralih ke arah lain! Sebelum akhirnya menatap kembali ke arahnya. Berikut, beberapa makna gerakan mata yang harus anda ketahui:

  • Mata Melihat ke Atas

Merupakan simbol penghinaan, sarkasme (ejekan kasar), dan kebosanan.

 

  • Mata Melihat ke Sudut Kanan Atas

Gerakan ini merupakan tanda aktivitas otak yang tengah berupaya mengingat suatu gambaran.

 

  • Mata Melihat ke sudut Kiri Atas

Seseorang yang melakukan gerakan ini tengah berimajenasi mengenai suatu gambaran dalam benaknya.

 

  • Mata Melihat ke Kanan

Gerakan ini dilakukan saat seseorang tengah berupaya mengingat suatu bebunyian, misalnya sebuah lagu.

 

  • Mata Melihat ke Kiri

Ini merupakan tanda aktivitas otak seseorang saat sedang berimajenasi mengenai suatu suara baru yang belum pernah dikenalnya. Seperti saat seseorang membayangkan suara bebek yang tengah mendengkur.

 

  • Mata Melihat ke Bawah

Biasanya dilakukan saat seseorang merasa malu atau tidak nyaman dengan suatu pembicaraan.

 

  • Mata Melihat ke Sudut Kanan Bawah

Adalah tanda seseorang yang sedang memiliki percakapan internal dalam dirinya. Biasanya ini dilakukan saat seseorang merasakan suatu perasaan yang intens.

 

  • Mata Melihat ke Sudut Kiri Bawah

Orang akan melakukan gerakan ini ketika berimajenasi tentang perasaan mereka terhadap suatu hal atau kejadian. Misalnya seperti ketika seseorang harus membayangkan bila kehilangan salah satu anggota tubuhnya.

Saat seseorang diminta mengingat suatu kejadian dan ia malah melihat ke sudut kiri atas. Bisa dipastikan bahwa kejadian itu tidak pernah benar-benar terjadi (bohong). Juga saat seorang cewek tertarik dengan cowok biasanya matanya akan melihat ke arah sudut kanan bawah. Pengeculian bagi beberapa orang “kidal”, pada orang-orang tersebut kiri dan kanan menjadi terbalik.

 

d)    Gerakan Mata dan Alis

Melebarkan mata merupakan tanda bahwa seseorang tengah mendengarkan dengan seksama. Biasanya diikuti juga dengan mengangkat kedua alis. Orang yang tengah berusaha memengaruhi orang lain biasanya akan melakukan ini selagi mereka berbicara. Namun, bila hanya satu alis yang diangkat. Orang yang melakukanya seakan ingin bilang, “Saya tidak percaya kata-kata anda.” maka, untuk meyakinkanya gunakanlah gerakan yang berlawanan! Angkat kedua alis mata anda!

e)    Sentuhan di Mulut

Jika seseorang yang anda tanyai menaruh tangan atau salah satu jarinya di depan mulut sesudah memberi keterangan. Maka kemungkinan besar dia tahu lebih banyak daripada apa yang ia katakan. Juga ketika seseorang menyapukan lidahnya pada bibir. Ini pertanda bahwa seseorang tidak benar-benar yakin dengan apa yang ia katakan.

f)      Defensif

Orang-orang akan menyilangkan tangan atau kaki mereka ketika merasa cemas. Gerakan ini juga bermanfaat untuk menunjukan dominasi. Lalu jika memang tidak ada satu apapun yang mengancam. Mengapa mereka tetap melakukan ini? Bisa jadi karena ini sebuah kebiasaan.

D.    Kata-Kata yang Terlanjur Salah Diucapkan

Banyaknya kata yang dikoreksi karena terlanjur salah diucapkan. Merupakan petunjuk tentang suatu kegelisahan. Biasanya, orang yang sedang mencoba meyakinkan anda, akan membicarakan banyak fakta guna mendukung pernyataanya. Jangan latah dengan berkata, “Anda pasti sedang berbohong.” cukup tunjukan saja bahwa anda seolah-olah percaya semua perkataanya!

Lalu, saat anda sudah sampai rumah, coba ingat kembali apa saja yang sudah ia utarakan! Cocokan itu dengan sebanyak mungkin ingatan yang anda punya! Maka, akan lebih mudah bagi kita untuk mengetahui nilai kebenaran pembicaraan si cewek tadi.

 

E.     Metode Teh Botol

Sebenarnya tidak harus teh botol yang digunakan. Anda bisa menyiapkan minuman ringan lain yang—untuk meminumnya—memerlukan sedotan. Apa guna metode ini? Saat seseorang cemas biasanya ia akan melakukan gerakan menghisap. Seperti merokok misalnya. Karena gerakan ini bersifat menenangkan. Begitu pula saat seseorang yang anda ajak bicara sedang merasa cemas. Ia pasti akan lebih sering menyedot tehnya ketimbang anda—sehingga tehnya akan lebih cepat habis.

Kecemasan juga bisa menyebabkan tenggorokan jadi kering. Sehingga seseorang akan lebih sering berdehem. Di saat itu jugalah seseorang akan menyedot tehnya. Kecemasan belum tentu tanda kebohongan. Bisa saja itu merupakan indikasi ketidaknyaman.

 

F.     Artikulasi

Pengucapan kata yang tidak sempurna adalah bentuk upaya alam bawah sadar untuk mencegah seseorang berbohong. Cirinya bisa berupa suara yang bergetar atau intonasi yang tiba-tiba melemah.

 

            Artikel ini sepertinya akan lebih bermanfaat bagi anda yang sudah berpacaran cukup lama. Kenapa? Karena menganalisa pasangan adalah kegiatan paling romantis yang bisa kita lakukan selama jatuh Cinta. Kita tidak hanya bisa membayangkang wajahnya. Tapi, kita juga bisa membuat simulasi.

 

*Artikel ini mengutip rujukan dari e-book “Modul 13: Bahasa Tubuh dan Intonasi” dan artikel Makna Warna Busana Untuk Kencan Pertama, Melihat Karakter Seseorang Dari Warna Favoritnya, Pembohong ‘Patologis’ di Media Sosial, Rahasia Memahami & Menaklukan Wanita/Pria, 5 Tips Menghadapi Pembohong Patologis, serta banyak artikel lainya.

 

Daftar Pustaka:

Buckley, Susan (2008): Buku Pintar Bahasa Tubuh. Jakarta: Cerdas Pustaka.

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: