Penyembuhan Diri Setelah Penolakan

Penyembuhan Diri Setelah Penolakan

 

            Cinta bertepuk sebelah tangan, Cinta dalam hati, Cinta tapi tak bisa bersama, dan banyak lagi ungkapan puitis lainya. Kesedihan mendalam terasa ketika kita merasa telah mencurahkan banyak hal. Tapi, tetap tak bisa bersama dengan orang yang kita Cintai. Sebenarnya apa dan siapa yang anda Cintai sangat berpengaruh dalam sebuah penolakan. Analisa di bawah mungkin bisa membantu anda menjelaskan faktor penolakan beserta cara penyembuhanya.

 

Pengantar

            Mungkin ada yang bertanya, “Apakah yang menulis ini pernah mengalami penolakan?” tentu saja pernah. Jadi saya tahu betapa sakitnya rasa ini. Bagi, beberapa orang mungkin mudah saja berkata bahwa waktulah obatnya. Jawaban yang tepat tapi tidak bisa digeneralisir—karena, pada beberapa kasus ekstrem rasa sakit akan penolakan dapat menahun. Posting ini berisi beberapa tips agar anda dapat merelakan obsesi dan terlepas dari bayangan kelam.

 

“Kita tidak pernah begitu tak berdaya melawan penderitaan seperti saat kita jatuh Cinta, tak pernah begitu kesepian dan tak bahagia seperti saat kita telah kehilangan orang yang kita Cintai atau Cinta dari orang yang kita Cintai.”

Sigmund Freud

 

Apa yang Ditolak

            Mari kita buat sebuah skenario penembakan, “Ka, aku sebenarnya dari dulu suka sama kamu. Bagaimana jika kamu jadi pacar aku?” lalu dia menjawab, “Ummm … Yo, aku juga dari dulu suka sama kamu tapi, cuma sebagai teman—tidak lebih.” wajah anda yang tadinya ingin senyum tapi, gugup tertahan sekarang berubah jadi muram. Dia lalu bertanya, “Kamu tidak apa-apa ‘kan? Kita masih bisa jadi teman ‘kan?” dalam kasus tadi coba kita tebak apa yang sebenarnya ditolak cewek dari anda? Berikut beberapa uraian tentang hal yang sering ditolak cewek:

 

 1.     Status

Kenapa cewek bisa menolak status dengan anda? Jawabanya beragam, bisa saja ia takut merusak persahabatan dengan temanya yang notabenenya mantan anda. Bisa karena ia sudah punya pacar. Status adalah suatu pengesahan dalam pacaran. Ini bukan berarti ia menolak perasaan anda, hanya saja ada banyak pertimbangan di sana.

 

2.     Membalas Perasaan

Dalam kasus orang yang hanya dianggap teman atau kakak. Cewek sudah pasti menolak untuk membalas perasaan mereka. Ini dijelaskan lengkap di posting Merubah Teman Jadi Pacar. Biasanya hal ini terjadi karena ia tidak tertarik atau hanya tertarik sementara dengan anda.

 

3.     Kehidupan Anda

Muka kusut, kelakuan kekanak-kanakan, pesimistis, dan postur bungkuk. Adalah sedikit tanda yang bisa cewek jadikan alat untuk menilai kualitas hidup anda. Bagi cewek, pacaran adalah cara untuk menyelami kehidupan seseorang. Jika yang diselami keadaanya tidak menarik maka, urunglah niatnya.

 

4.     Pengaruh Anda

Ada cewek yang jatuh Cinta dengan playboy yang jelas menarik kehidupanya. Selalu ada hal baru yang bisa diceritakan dalam pengalaman hidupnya. Tapi, apa yang dihindari cewek dari cowok ini adalah pengaruh perilakunya yang rentan menyakiti perasaan. Hal itu bisa berupa ketidakpastian hubungan, diduakan, atau selalu dibohongi.

Ada juga orang-orang yang amat menarik bagi si cewek tapi dengan segala pertimbangan akhirnya ditolak. Entah itu karena potensi hubungan yang membahayakan jalinan sosial si cewek atau karena pengaruh yang akan timbul karena pertentangan dari keluarga.

 

5.     Ciri Fisik

Ada cewek yang suka ciri tertentu tapi, ada juga yang tidak. Semua tergantung kebutuhan biologis untuk melengkapi ciri genetis keturunan dan alasan kesintasan. Bisa saja ada cewek yang suka anda tapi, anda kurang suka. Juga bisa jadi ada cewek yang anda suka tapi, dia tidak suka anda. Walau pada akhirnya kepribadianlah yang dicari si cewek. Tapi, bohong jika penampilan tidak memainkan peran.

 

6.     Momentum

Anda baru saja pindah ke lingkungan baru atau baru saja masuk kuliah. Maka, otak anda secara otomatis akan mencari seorang pasangan potensial. Penolakan biasanya terjadi karena anda yang terlalu terburu-buru. Sehingga momentumnya dianggap kurang tepat. Atau bisa juga karena PDKT anda sudah terlalu lama baginya.

 

7.     Kontak dan Kedekatan

Inilah hal terburuk yang sebenarnya hanya terjadi pada cowok-cowok menyebalkan. Cewek benar-benar berada pada titik ia merasa risih bahkan hanya bila bertemu anda. Biasanya cewek menolak kontak dan kedekatan dengan anda karena perilaku-perilaku anda yang dianggap mengancam.

Dari sini kita bisa tahu bahwa jarang sekali yang ditolak adalah diri anda sepenuhnya. Kita harus mempelajari terlebih dahulu penyebabnya barulah bisa mengerti hal apa yang ditolak cewek dari anda. Posting Tipe Cowok yang Paling Gampang Ditolak Cewek dan Alasan Kenapa Cewek Tidak Merasa Nyaman mungkin akan membantu analisa anda.

 

Terbenam dan Jalan Keluar

            Apa yang harus anda lakukan ketika ditolak? Saya sarankan anda untuk tidak mengurung diri—biarkan tubuh terkena sinar matahari—dan cobalah untuk melakukan sedikit olah raga agar hormon stres terurai. Atau bisa juga dengan melakukan sedikit liburan kecil bersama kawan-kawan. Jangan identikan dia atau kejadian apapun yang bersangkutan dengan si cewek dengan lagu manapun! Karena, anda akan mudah kecanduan emosi. Jangan berpikir bahwa dunia akan hancur tanpanya—karena hanya dia Cinta anda di dunia ini! Ini cuma akan memancing perilaku impulsif.

Cobalah juga untuk tidak membencinya—karena, mungkin saja ia tidak seburuk yang anda duga! Lepaskanlah investasi emosi anda atasnya. Ivestasi emosi? Apa itu? Bayangkan anda sekarang datang ke sebuah perkebunan sawit yang katanya banyak hama babi! Anda datang ke sana pada siang hari untuk berburu. Tapi, ternyata anda tidak menemukan satu pun babi. Lalu, karena penasaran keesokan harinya anda datang lagi dan tetap tak menemukan apapun setelah lama berputar-putar.

Kenapa anda tidak pulang saja setelah seharian berburu tanpa hasil? Ya, karena anda sudah meng-investasi-kan emosi dalam perburuan. Anda merasa harus menyelasaikanya—begitu juga saat mengejar wanita. Biaya dan waktu yang telah dihabiskan memang harus membuahkan hasil. Inilah yang memicu kita tetap terjebak dalam pengejaran abadi dan penembakan berulang. Cobalah kendalikan emosi dengan menyadari semua ini!

Katakan pada diri anda, “Dialah yang kehilangan bukanya saya.”! Berjanjilah untuk memperbaiki diri dan berhenti menjadi lelaki pemimpi, pengejar, atau cowok yang terlalu logis! Bangun dunia anda sendiri! Belajarlah untuk mengkomunikasikan maksud anda dengan isyarat nonverbal (bahasa tubuh dan intonasi) yang baik! Jangan biarkan diri anda menjadi impulsif saat galau! Duduklah dan pikirkan konsekuensi jika anda menuruti impuls-impuls itu!

 

Setelah Ditolak

            Mudah berbicara penyembuhan jika orang yang menolak kita tidak ada. Nah, jika ia adalah bagian dari lingkaran sosial kita—yang notabenenya sering bertemu. Bagaimana cara penyembuhanya? Pasti agak kikuk dan hal yang sering terjadi biasanya dia akan sedikit menjaga jarak. Tapi, usahakan agar anda bersikap layaknya teman baik! Perlakukan ia sama dengan teman anda yang lain. Jabat tangan dan tersenyumlah ketika bertemu sambil sedikit basa-basi! Itu akan cukup melumerkan suasana.

Lalu, bagaimana jika cewek yang menolak anda sudah punya pacar? Bersikaplah sedikit pesimis dan skeptis kali ini! Jika ia punya mobil atau motor yang lebih bagus daripada anda, lihatlah apakah peranya hanya sebagai sopir dan tukang ojek semata! Bila perlu tanya juga pada si cewek, “Kalian kalau jalan biasanya ke mana? Membicarakan apa? Banyak diamnya atau tidak?” jika anda sama-sama sulit mengajak bicara cewek. Setidaknya anda beruntung tidak jadi tukang ojek atau kacungnya. Belajar sedikit merendahkan orang lain akan membantu anda menjadi lebih percaya diri.

 

*Artikel ini mengutip rujukan dari e-book “Buat Wanita Terpikat Pada Anda”, “Make Every Women Love You”, “Cara Memikat Wanita Idaman Anda v2.0”, “Pecinta Wanita (Kumpulan Artikel)” dan artikel Penampilan Fisik Dalam Hubungan, Pentingkah?, Ragam Definisi Kecanduan, serta banyak artikel lainya.

 

Daftar Pustaka:

Fisher, Helen (2006). Why Him, Why Her? Jakarta: Ufuk Press.

Buckley, Susan (2008). Buku Pintar Bahasa Tubuh. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

  1. cool. thanks ya ^^v

  2. You are welcome.. :)

  3. Tulisan yang menarik, thank you sudah berbagi . Dan sebagai bagian dari mengelola hati, rasanya kita perlu tahu tentang mengapa penolakan terasa benar-benar menyakiti secara fisik.

    Kebetulan saya baru saja menjelaskan secara keilmuan tentang penyebab rasa sakit hati dari penolakan itu, silakan baca di Kenapa Penolakan Rasanya Sakit? Semoga memberi pencerahan. :)

  4. Wah ada Om Lex.. Makasih dah mampir Om! :D
    Artikelnya Kenapa Penolakan Rasanya Sakit?komprehensif bgt. Keren Om.

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: