Metode Dasar PDKT

Metode Dasar PDKT

 

            Apa yang tidak bisa dilakukan sebelum jadi pacar namun, bisa dilakukan setelah jadian? Tidak ada (kecuali berganti status di facebook). Semuanya bisa dilakukan jika pendekatanya benar. Maaf, bagi yang berpikiran kotor. Karena, saya tidak akan membahas banyak tentang sentuh-menyentuh.

 

Pengantar

               Cewek berharap orang mampu membaca pikiranya. Padahal itu tidak mungkin. Dalam perkara PDKT, cowok sering memproyeksikan dirinya sendiri pada wanita. Tak heran, jika cewek menganggap cowok itu egois. Tapi, ada kejadian juga di mana cowok yang malah menuruti semua kemauan cewek. Jelas saja mereka hanya akan dimanfaatkan. Lalu, sebenarnya PDKT jenis apa yang wanita inginkan? Artikel ini merupakan kumpulan metode PDKT yang menyenangkan wanita. Namun, tetap tidak merugikan pria.

 

“Cinta datang ketika manipulasi terhenti; Ketika kau lebih memikirkan seseorang ketimbang reaksinya padamu. Ketika kau berani untuk mengungkapkan dirimu sepenuhnya. Ketika kau berani untuk menjadi lemah.”

Joyce Bersaudara

 

10 Langkah Kilat Membuat cewek Terkesan

Cewek melihat cowok juga dari kapabelitas sosialnya. Apakah ia mampu membaur atau tidak. Beberapa langkah di bawah bisa dipraktekan jika anda ingin membangun hubungan dekat dengan banyak wanita:

1.     Lihat Langsung Ke Matanya

Sebelum memulai pembicaraan, kita wajib membuat kontak mata. Ini tanda bahwa anda bisa dipercaya. Cowok sering gugup bila bertemu cewek cantik. Anda tidak harus benar-benar melihat ke mata cewek. Cukup lihat ke tiga arah berikut: dahi, gelembung pipi dekat hidung dan wilayah bibir kiri-kanan. Usahakan agar anda tidak melakukanya terlalu intens!

 

2.     Puji Penampilanya

Klise memang. Tapi, jika dilakukan dengan benar. Maka, anda akan menjadi sumber kebahagiaan bagi wanita. Pujilah dengan tulus dan detail! Seperti, “Kamu kelihatan imut mengenakan jam itu.” setiap hari, pujian bisa variatif tergantung pengamatan anda. Orientasi detail adalah salah satu kelebihan yang dicari wanita pada seorang pria.

 

3.     Tanyakan Tentang Dirinya

Hippocampus cewek sangat baik dalam menyimpan ingatan emosional. Tanyakan tentang dirinya: Apa yang ia suka, apa yang biasanya ia lakukan jika sedih, kejadian unik dalam hidupnya, dsbg. Kaitkan dengan sedikit cerita anda yang berlatar sama! Maka, anda bisa berbagi tawa-duka bersama. Anda juga bisa tanya asal-usulnya dan hal ini amat menyenangkan.

 

4.     Rawat Diri Dengan Baik

Mata cewek dirancang untuk berkonsentrasi dalam jarak dekat. Spektrum warna yang mata mereka tangkap juga lebih kompleks. Selain itu, hidung cewek jauh lebih sensitif ketimbang kita. Apa artinya? Cewek bisa dengan mudah memahami kepribadian seseorang dari bau, cara berpakaian, gaya rambut, dan pilihan warna sehari-hari.

Diam-diam mereka pasti sudah memetakan diri anda. Cowok yang terawat terkesan lebih rapih dan segar. Cewek suka cowok yang terlihat 3,5 tahun lebih tua. Penampilan terawat adalah salah satu simbol kedewasaan.

 

5.     Bukakan Pintu

Saat akan masuk kelas atau mobil, anda bisa mempersilahkan wanita/orang lain terlebih dahulu. Kesan ketidakegoisan akan mudah membuat cewek terkesima.

 

6.     Mintalah Pendapat

Meminta pendapat adalah salah satu cara untuk menunjukan bahwa anda bisa menghargai opini orang lain. Jangan tunjukan bahwa anda tidak tahu apa-apa! Batasi pertanyaan dengan beberapa pilihan! Agar ia tidak terbeban dengan ikut memikirkan penderitaan anda. Misal, “Aku lebih baik beli barang itu dengan hutang atau tunggu dapat gaji?” jika anda membiarkanya tanpa pilihan. Maka, bisa saja cewek mengira anda sedang menodong secara halus.

 

7.     Sanjung Aura Positifnya

Setiap orang ingin memberi kebahagiaan pada sesamanya. Jika anda tersenyum seraya menyanjung keceriaanya. Maka, sanjungan akan terlihat jujur. Ia mungkin akan memberi tahu anda penyebabnya. Percakapan akan bermula dari sini dan terus berlanjut. Sanjungan juga bahkan bisa membuat ia jauh lebih bahagia.

 

8.     Posisi Terbuka

Saat berbicara dengan wanita, jangan lipat/silangkan tangan anda! Jangan masukan ibu jari ke saku! Jangan menggosok belakang leher sambil memalingkan pandangan! Cukup buat diri anda terlihat terbuka dan santai. Pelankan gerakan dan nikmati ritmenya! Maka, wanita akan tahu bahwa anda adalah cowok yang bisa didekati.

 

9.     Senyum

Di semua naskah tentang ilmu kencan yang pernah saya baca. Senyum tidak pernah kehilangan posisi pentingnya. Senyum dapat memicu senyum pada orang lain. Senyuman merupakan tanda bahwa suasana hati anda sedang baik. Terlalu banyak senyum artinya lemah. Tidak pernah senyum artinya datar. Maka, tersenyumlah di saat yang tepat!

 

10.     Menyapa Nama Ketika Berbincang

Untuk membuat orang lebih rela meluangkan waktunya untuk anda. Sebaiknya gunakan nama mereka sebagai sapaan. Contoh, “Oh iya Ca! Kapan kamu pulang lagi ke sini?” Perhatikan para reporter TV yang menanyakan nama nara sumbernya sebelum wawancara di lapangan! Ini dilakukan guna menimbulkan suasana yang lebih menyenangkan.

Maju ke Persiapan

            Anda tidak bisa melakukan segala hal di atas tanpa adanya kepercayaan diri. Cara membangkitkan rasa percaya diri ada dua: Pertama, dengan menganggap diri punya banyak hal menarik yang bisa disumbangkan dalam sebuah percakapan. Kedua dengan mengingat semua kesuksesan dan kemenangan sekecil apapun itu. Tapi, kepercayaan diri saja tidak cukup tanpa adanya perangkat pendukung.

Kali ini saya akan berbicara soal bahasa tubuh dan intonasi. Gunakan kedua tangan untuk menggambarkan apa yang tengah anda kemukakan (ilustrator)! Rendahkan intonasi untuk mendapatkan perhatian lebih dari pendengar! Lambatkan Intonasi untuk menekankan makna kalimat-kalimat tertentu! Untuk memancing rasa penasaran, gunakan jeda! Orang yang berbicara dengan nada datar akan menunjukan bahwa dirinya kurang menarik.

 

Teknis di Lapangan

Saya tidak benar-benar menggunakan semua trik di atas sekaligus. Saya lebih banyak mengandalkan kualitas (trait) asli diri saya. Tapi, akan membuat banyak sekali perbedaan ketika anda sudah mengetahuinya. Karena sekarang anda tidak perlu lagi terlalu banyak membual; tidak lagi harus meminjam mobil atau motor teman. Karena, tidak semua wanita terlalu peduli dengan uang.

Dalam sebuah percakapan ada dua pihak atau lebih yang saling berinteraksi. Jangan pernah bebankan daya tarik perbincangan pada usaha anda sendiri! Jika memang ia kurang menarik diajak bicara. Maka, anda bisa mencari seseorang yang lebih baik. Juga, jangan pesimis sebelum bertindak! Cowok punya banyak skenario negatif di otaknya, “Bagaimana jika dia nanti cuma datar menanggapi saya? Bagaimana jika ia judes?” lakukan saja dan lihat apa yang akan terjadi!

Logika cowok, “Semakin cantik maka, semakin sulit didekati.” padahal sebaliknya. Setiap kali akan berbicara pada cewek (baik langsung maupun di telepon), ada tiga pertanyaan yang harus anda jawab: Dia siapa? Mau apa? Berapa lama? Jika sudah kenal maka pertanyaan pertama terjawab. Pertanyaan kedua harus dijawab dengan jelas. Sedangkan pertanyaan ketiga kadang bisa terjawab sendiri tergantung situasi. Contoh, “Boleh ganggu sebentar? Aku mau tanya soal catatan kuliah kemarin.” asumsikan dia sudah kenal dengan anda!

Berkaitan dengan cewek cantik. Biasanya cowok minder karena tiga hal: Persepsi diri secara fisik, konsep kemampuan diri, dan sikap terhadap dirinya. Persepsi adalah pemaknaan sensori atau apa yang indera anda tangkap. Saat mata menangkap bayangan di cermin. Otak akan memberi makna pada bayangan tersebut: Jelek, ganteng, atau biasa. Dengan kata lain semua tergantung otak anda.

Untuk memperbaikinya, anda bisa memulainya dengan coba menghargai diri sendiri—lewat berpenampilan sebaik mungkin. Kenali siapa diri anda sebenarnya dan cobalah untuk mensyukurinya! Tetapkan harapan yang rasional! Anda tidak bisa merubahnya dalam semalam. Jadi, bersabarlah dan lakukan secara perlahan!

(Posting Cara Cermat Menentukan Jodoh menyediakan kuesioner yang dapat menguji kepribadian anda.)

 

Cowok dan Emosi

            Saat baru mendapatkan nomor cewek. Gunakan inisiatif anda! Ubah barisan nomor itu ke dalam tanggal kencan! Dianjurkan untuk tidak langsung mengajak ke tempat makan! Kenapa? Antropolog dan psikolog evolusi sudah lama meneliti fenomena “Makanan percumbuan”. Di mana cowok memberikan barang atau makanan tertentu yang diharapkan akan berbalas seks. Asumsikan saja bertemu di tempat umum untuk menetralisir tekanan itu pada cewek.

Tapi sekali lagi, inisiatif! Bawakan ia es krim atau sejenis minuman lain! Maka, cewek akan tahu betapa murah hatinya anda. Sekarang kita akan sedikit melakukan trik di sini. Saat anda tengah asyik menceritakan sesuatu. Potong cerita itu karena satu hal mendesak (anggap saja begitu)! Saat akan pergi, katakan bahwa ia teman berbincang yang menarik! Jika ia bertanya kapan akan bertemu lagi. Gunakanlah seni dari kata “Mungkin”! Contoh, “Kapan kamu ada waktu lagi?” Jawabnya, “Yah, ‘mungkin’ nantiku kabari kalau aku senggang” Buat semuanya lebih menarik!

Tapi, ada keadaan di mana cowok bertindak norak. Baru kenal tapi sudah SMS, “Sudah makan belum?” entah apa maksudnya? Cewek pasti akan cepat memberi anda cap BASI. Seperti petunjuk di atas. Segera ubah nomor itu ke dalam tanggal kencan! Jika, SMS anda lambat atau bahkan tidak dijawab. Sadarlah bahwa cewek juga punya kesibukan layaknya anda. Saat berkirim pesan dengan cewek. Beri sedikit jeda sekitar 2-5 menit untuk memancing kecemasan mereka!

Kita tidak hanya akan berbicara tentang memuji dan menyanjung. Kita harus memberi mereka sedikit ledekan. Kenapa? Karena apapun yang terlalu sering dan kentara hanya akan membuat wanita bosan. Variasi antara candaan dan pujian akan mudah menimbulkan ikatan batin. Tapi, harus diingat jika ingin bercanda anda harus cukup mengenalnya!

 

Pacar Potensial

Jika cewek punya sebuah soket USB di belakang lehernya. Kita pasti bisa menghubungkan mereka ke PC untuk menelusuri isi otaknya. Saya ingin melihat folder yang berhubungan dengan asmara. Di sana pasti ada beberapa cuplikan peristiwa mirip video dan potongan gambar yang sudah diedit. Tapi, tunggu sebentar! Sepertinya kita akan menemukan suatu file yang berisi beberapa nama cowok. Tahukah anda bahwa nama-nama ini sebenarnya membentuk sebuah skala prioritas?

Apa maksudnya? Begini, sekalipun cewek sudah punya pacar. Itu tidak menjamin di otaknya hanya ada satu nama. Bisa saja ia sedari dulu sudah menyiapkan lelaki cadangan. Mereka adalah orang-orang yang dinilai rela menunggu si cewek sampai siap jadian. Dalam prioritas itu ada empat golongan: Kekasih, pacar potensial, lelaki cadangan, dan teman. Sekarang kita akan bahas soal pacar potensial. Golongan ini biasanya sengaja dikosongkan untuk jangka waktu yang tak tentu. Mereka hanya akan diisi oleh cowok yang benar-benar diidamkan saja.

Cewek punya kemampuan untuk menyimpan dua fakta berlawanan (ambivalen) dalam waktu bersamaan. Dengan kata lain, mereka bisa menyimpan kedua fakta ini tanpa harus memutuskan mana yang benar. Saat mereka bertemu cowok dari golongan pacar potensial. Bisa jadi, cewek tidak akan putus dengan sang kekasih. Namun, juga tidak akan risih menjalin hubungan spesial dengan si cowok. Pacar potensial pasti akan memenangkan hati cewek—jika menunjukan bahwa ia benar-benar tertarik padanya.

Pacar potensial punya dua kualitas utama yang membuat mereka sanggup memenangkan persaingan: kualitas pacar yang menyenangkan dan Kualitas cowok idaman. Berikut beberapa ciri pacar yang menyenangkan:

A.    Aktif

Tidak ada yang menginginkan lelaki pasif dan submisif yang mudah meng-iya-kan wanita. Pertahankan pendapat anda (tapi jangan keras kepala)! Jangan mudah menyerah pada kehendak mereka! Tunjukan bahwa andalah yang menentukan arah!

B.    Pendengar yang Hebat

Dengarkan saat cewek bicara dan jangan cuma menunggu giliran! Buat pertanyaan atas pernyataan-pernyataanya tersebut! Hal ini akan mudah menunjukan bahwa anda benar-benar tertarik dengan pembicaraanya.

C.     Dia Membawa Perubahan

Tunjukanlah bahwa ia membawa cahaya dalam hidup anda! Sebutkan alasanya! Entah itu membuat lebih baik karena ia membuat anda sembuh dari kecanduan game online atau ia menginspirasi anda untuk rajin berolah raga. Ia pasti akan merasa amat tersanjung karena kehadiranya membawa manfaat.

D.    Berikan Ia Tantangan

Sebagaimana peranya, anda juga wajib menyumbangkan pengaruh positif. Jika anda melihat ia gemar fotografi. Mungkin, anda bisa mendorongnya untuk mengikuti kontes. Jika ia senang membaca, anda bisa menantangnya untuk menulis. Fakta bahwa anda peduli dengan kemajuanya akan menjadikan anda layak untuk dipertahankan.

 

*Artikel ini mengutip rujukan dari e-book “Cara Memikat Wanita Idaman Anda”, “The Female Brain”, “Guide to Flirting”, “Modul 13: Bahasa Tubuh dan Intonasi”, “Pecinta Wanita (Kumpulan Artikel)”, “Direct Approach Manual”, “Make Every Women Love You”, “Buat Wanita Terpikat Pada Anda” dan artikel ASKMEN.COM TOP 10s: Charming Gestures, Ways to Show Confidence With Body Language, Things Girls Wish You Knew, Simple Way to Impress a Woman, Traits of a Great Boyfriend, The Player: The Science of Flirting, Tips Komunikasi Pria dan Wanita, Fakta Tentang Wanita: 10 Hal yang Diperhatikan Wanita Tentang Pria Pada Pandangan Pertama, Bagaimana Cara Mengatasi Minder, Cara Menaklukan Lawan Bicara Dengan Mudah, Apa Itu Persepsi?, Persepsi, serta banyak artikel lainya.

 

Daftar Pustaka:

Fisher, Helen (2011): Why Him, Why Her? Jakarta: Ufuk Publishing.

Buckley, Susan (2008): Buku Pintar Bahasa Tubuh. Jakarta: Cerdas Pustaka

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: