Saat Pacar Anda Didekati Cowok Lain

Saat Pacar Anda Didekati Cowok Lain

 

            Waduh! Sebenarnya hal ini amat sangat berat untuk ditulis. Saya tahu apa rasanya karena saya pernah mengalaminya. Rasa kecewa, marah, dan sedih bercampur aduk membentuk aura negatif. Tapi, Jangan dulu takut kehilangan si dia! Karena dalam posting ini saya akan membahas cara menangani keadaan seperti ini.

 

Pengantar

Saat kita jatuh Cinta ada banyak sekali neurotransmiter yang terlibat. Kesemua zat kimia itu ternyata adalah zat kimia yang sama dengan hormon Seks. Ketika kita jatuh Cinta dengan seseorang kita akan merasa memiliki seluruh tubuhnya. Jadi, saat seseorang lawan jenis lainya mendekati si dia. Anda akan merasa bahwa kepunyaan atau daerah anda terganggu. Maka, dengan segala cara pasti anda akan mempertahankanya.

 

“Kendalikan rasa Cintamu atau itulah yang akan mengendalikanmu.”

Horace

 

Kenapa Anda Harus Mengendalikanya

            Pada saat manusia jatuh Cinta, kadar serotonin di otaknya menurun. Serotonin adalah zat yang sangat luas sekali peranya dalam tubuh. Serotonin berperan penting dalam proses marah, seksualitas, selera makan, tidur, agresifitas, metabolisme, temperatur, dan rangsangan muntah. Salah satu efek dari jatuh Cinta adalah hilangnya selera makan yang juga dipengaruhi serotonin.

Ketika tingkat serotonin kita menurun maka kita akan cenderung lebih agresif. Kita akan sulit menggunakan akal sehat, susah tidur karena terpikir si dia (obsesi). Jika anda pernah mengalami itu pasti anda sadar betap keras pengaruh obat yang bernama Cinta itu. Saat anda jatuh Cinta otak anda banyak melepaskan Dopamin. Peran dari Dopamin adalah meredam rasa sakit dan melepaskan kesenangan. Ketika seseorang berkorban mati-matian dan terluka parah. Maka, rasa sakitnya tidak akan sesakit ketika ia tidak sedang Jatuh Cinta. Jika anda sekarang sudah mulai mengerti mengapa Cinta begitu gila. Maka, kita akan melangkah soal cara mengendalikanya.

 

Metode Penanganan

Seperti yang ditulis oleh Prof Louann Brizendine dalam “The Female Brain”. Bahwa, tanpa adanya adat dan tata budaya maka manusia hanya akan menghadapi takdir biologisnya. Manusia punya dua kelebihan dibandingkan binatang dan ciptaan Tuhan lainya yaitu, akal dan pikiran. Seperti konsep kepribadian yang diusung oleh Dokter Sigmund Freud. Ada tiga komponen kepribadian yaitu ID, ego, dan superego.

ID adalah naluriah manusia seperti dorongan untuk makan, minum, dan seks. Sedangkan Ego merupakan bagian kepribadaian yang menilai benar-salah suatu tindakan namun sifatnya sangat situasional. Superego merupakan nama lain untuk hati nurani, di mana di sana ada banyak nilai luhur manusia. Dalam aliran Freud Ortodoks, manusia dipandang sebagai aliran energi. Di mana kepribadian itulah yang harus menyalurkan energi ke tiap ID, ego dan superego. Namun, energi itu terbatas sehingga satu di antara komponen tersebutlah yang menonjol dan mengorbankan dua komponen lainya.

Jika seseorang menonjolkan ID-nya maka kepribadianya akan agresif. Dia akan jauh mementingkan naluri biologisnya. Jika seseorang menonjolkan ego-nya, ia akan menjadi orang yang pragmatis. Jika seseorang menonjolkan superegonya maka, ia akan menjadi seseorang yang alim. Pengaruh Dopamin, serotonin, serta beberapa neurotransmitter lain adalah naluriah. Dengan kata lain itu akan menjadikan anda lebih menonjolkan ID.

Orang yang kurang memiliki pandangan mengenai ego akan terbawa nafsu liarnya. Dia akan agresif mempertahankan Cintanya, rela terluka, dan banyak kegilaan lainya. Apalagi ketika anda menuruti itu dengan rasa marah. Satu fakta yang jelas bahwa saat seseorang marah IQ-nya menjadi nol (0). Banyak kasus pembunuhan yang dilatarbelakangi amarah. Saat mereka harus mempertanggungjawabkanya di mata hukum, mereka bilang bahwa mereka “Khilaf”. Saat anda marah dan anda sedang berdiri. Anda akan jauh lebih agresif lagi karena pada saat berdiri. Tubuh melepaskan banyak hormon yang memicu rasa waspada. Setelah marah dan waspada, naluri primitif anda akan muncul untuk menyingkirkan sang predator.

Cara untuk menetralisir marah adalah dengan duduk dan berusaha tenang. Saya sudah pernah mengalami rasa cemburu ini dan saya sudah berhasil mengendalikanya. Lalu, setelah tenang baru anda mulai berpikir tentang apa yang baru saja anda saksikan/dengar barusan. Nilailah fakta dengan penuh objektifitas dan empati!

 

Indikator Penilaian

            Jangan pernah mau menerima fakta dengan setengah-setengah! Dalam memecahkan masalah kita perlu peta yang jelas dan detail. Setelah punya petanya maka, kita harus bisa membacanya. Usahakan untuk melihat sendiri kejadian itu! Berikut adalah indikator yang bisa anda gunakan untuk menilai kecurigaan anda:

  • Busana

Jika pacar anda sedang didekati seorang cowok lain, perhatikan perubahan cara berpakainya! Jika dia memang biasa rapih di depan anda. Maka, akan sulit untuk mencurigai hal ini kecuali pilihan bajunya. Jika ia memilih baju yang jauh lebih spesial pada suatu waktu. Ditambah lagi baju yang spesial itu berwarna merah atau pink. Curigai dan ikuti dia! (Sebenarnya selain merah dan pink masih banyak warna lain. Namun, hanya pink dan merahlah yang begitu mencolok dan memberi kesan romantis pada wanita.)

  • Parfum

Mungkin beberapa dari anda sudah ada yang tahu. Bahwa, parfum merupakan salah satu bagian dari zat perangsang. Seperti aroma Musky oil, vanilla, coklat, bunga kenanga, mint, dan Patchoulie. Jika seorang wanita menggunakan kombinasi warna roamantis (merah atau pink) dan parfum yang menggoda ketika bertemu lelaki lain. Waspada tingkat satu!

  • Bahasa Tubuh

Jika anda mendownload e-book pertama saya yang berjudul “Panduan Komunikasi Cowok Kepada Cewek”. Maka, anda akan menemui beberapa terjemahan bahasa tubuh di sana. Perhatikan gerakan seluruh tubuh pacar anda ketika bertemu cowok lain! Jika ia memegang tangan di bawah siku. Artinya, cowok itu pantas untuk ia kencani. Jika ia menyentuh di atas siku atau di pundak maka, anda selamat.

Perhatikan juga senyumnya ketika ia bertemu cowok lain. Jika senyumnya sampai menunjukan kedua baris gigi atas dan bawahnya. Maka, dalam hatinya anda sudah tamat tanpa bekas. Perhatikan pula cara ia memperlakukan rambutnya. Bagi cewek, rambut adalah salah satu aset paling berharga. Lihat, ketika ia bertemu cowok lain apakah ia menyingkap rambutnya. Pada cewek, mengibaskan rambut juga merupakan bahasa tubuh umum untuk memikat lawan jenis. Jika ia tertarik dengan cowok lain maka, kemungkinanya ia sedang bosan dengan anda. Orang yang mudah bosan dan sudah bosan dengan suatu hubungan. Tidak akan menawarkan banyak kebahagiaan jangka panjang pada kekasihnya.

  • Jalan Cerita

Jangan langsung ambil tindakan gegabah ketika sudah melihat tanda-tanda di atas! Perhatikan dan tunggu kelanjutan dari cerita ini dengan sabar. Ada kemungkinan ketika si cowok mungkin di awal sangat menarik. Namun, menjadi sangat membosankan ketika harus PDKT. Si cowok mungkin akan jadi seperti sesuruhan si cewek ketimbang orang yang disukainya. Si cowok mungkin juga akan lebih banyak diam ketika bertemu. Ketimbang harus mewarnai percakapan dengan topik-topik segar. Pada tahap ini si cowok biasanya akan ditolak oleh cewek anda dan anda akan selamat. Tapi, coba ingat kembali cara anda ketika mendekati pacar anda dulu!

Apakah saat anda melakukan PDKT padanya anda berusaha menjadi tukang ojeknya, SMS tiap hari, rela disuruh ini-itu, jadi sok lucu, dan jadi lebih gampang meng-iya-kan. Lalu, apa dengan cara itukah anda berhasil menggaetnya? Maka, ada kemungkinan besar hubungan anda sudah tamat.

Apa yang Harus Anda Lakukan

            Hal pertama saat anda menghadapi keadaan ini adalah dengan duduk tenang. Ajak pasangan anda untuk berbasa-basi terlebih dahulu! Lalu bicarakan soal perselingkuhan emosionalnya. Bicarakan bahwa anda tidak mampu lagi menjalin hubungan. Satu kunci yang harus anda ingat adalah tetap tenang. Bahkan jika perlu lampiaskan kemarahan anda di tempat lain. Sehingga, anda nanti capek untuk marah lagi denganya.

Jangan menunggu sampai ia memberi sinyal perpisahan! Karena dia nanti akan menjadi terlalu menuntut dan berusaha agar terlihat menyebalkan. Itulah yang nanti akan merepotkan dan menyakiti anda. Ambil keputusan secepatnya, karena anda adalah laki-laki. Mungkin anda dahulu adalah orang yang gampang bertekuk lutut pada wanita. Tapi, sekarang itu tidak akan mungkin lagi terjadi. Bilang padanya, “Selesaikan urusanmu dengan cowok itu!” Tapi ingat! ini baru bisa dilakukan jika keempat indikator terpenuhi dengan sempurna. Selama masih belum terlalu kentara, anda masih bisa melakukan internalisasi.

 

Saran Untuk Anda

Ada beberapa hal yang bisa saya rekomendasikan untuk kehidupan asmara anda. Pertama, perbaiki diri anda hingga mencapai kata ideal! Perbaikan meliputi segi fisik, psikis, dan juga karier. Kedua, seperti kata Jude Law dalam film Alfie, “Bidik lebih tinggi!” Jangan terlalu lama bermain pada level cewek biasa atau menengah. Bidik wanita paling cantik dan menawan dalam populasi anda! Karena faktanya hanya wanita cantiklah yang sulit untuk digoda cowok-cowok gampangan. Dengan kata lain anda aman untuk waktu yang lama. Ketiga, jangan mudah marah dan cemburu karena kedua hal itulah cikal bakal protektifitas.

Saat anda sudah paham soal wanita, komunikasi, dan pola pikir mereka. Maka akan jauh lebih mudah untuk merasa tenang ketika harus memulai hubungan. Suatu hubungan yang tidak dimulai dengan rasa percaya akan menimbulkan rasa cemas. Seperti posting saya sebelumnya bahwa, kecemasan dan stres merupakan ancaman nyata bagi wanita. Jika, anda tidak dapat menumbuhkan rasa percaya dalam hubungan anda. Maka, hubungan itu akan kehilangan rasa nyamanya. Sesuatu tanpa rasa nyaman akan mustahil membentuk Cinta.

 

*Artikel ini mengutip rujukan dari e-book “The Female Brain”, “Make Every Women Love You”, “Cara Memikat Wanita Idaman Anda”, dan artikel Neurotransmitter, Why Does Love Feel So Good, Alasan Cewek Menyukai Keromantisan, Tanda-Tanda Cewek Anda Minta Putus, Enam Aroma Pembangkit Gairah Cewek, Makna Warna Busana Untuk Kencan Pertama, serta banyak artikel lainya.

 

Daftar Pustaka:

Huda, Nailul (2011). Mengapa Cewek Cantik Pacaran dengan Cowok Jelek? Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

 

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: