Cara Benar Menolong Cewek

Cara Benar Menolong Cewek

 

Sudah berbuat ini dan itu untuknya tapi selalu saja hasilnya sama, “Terima kasih”. Kenapa tidak pernah ada tindak lanjut/reaksi yang lebih dari kata-kata itu? Pertanyaan selalu muncul dan (pasti) untuk menjawabnya anda akan menggunakan metode yang sama. Setelah diulangi mati-matian metodenya tapi kenapa hasilnya cuma “Terima Kasih” Juga?

 

Pengantar

            Memang yang namanya menolong orang itu tidak boleh ada motif tambahan di belakangnya. Harus tulus, ikhlas, dan tuntas itulah kata orang tua kita. Tapi, nanti pasti tiba saat di mana motivasi akan pudar oleh kecemasan. Degradasi integritas suatu saat akan terjadi, tinggal lihat apakah itu bisa dilihat oleh orang lain atau tidak. Artikel ini akan membahas beberapa cara unik dalam menolong cewek.

 

“Jika anda selalu melakukan sesuatu karena permintaan atau ajakan wanita. Maka, mereka akan melupakan usaha atau bahkan diri anda, sama sekali.”

Edo Prasojo

 

Dasar

Pertama-tama yang harus disadari dan sudah selalu disinggung adalah soal perbedaan cowok dan cewek. Jangan berharap secara logis pada cewek! Karena nanti anda pasti kecewa. Jangan berpikir dengan memperbanyak pemberian akan memperbesar kemungkinan anda diterima! Pegang hukum ini baik-baik,”Semua wanita itu sama”! Layaknya buah mangga yang mungkin beda spesies tapi, mereka tetap saja mangga. Ada perbedaan sikap, sifat, kepercayaan, dan budaya namun, tetap saja mereka adalah wanita.

Apakah anda sering menghamba pada wanita sambil berharap untuk mendapatkanya? Lupakan saja! Mana ada pasukan yang menang dengan melucuti senjata demi musuhnya? Jika anda menghamba pada cewek, mereka akan memperlakukan anda juga layaknya hamba. Memang saya juga agak bingung untuk bilang cara itu bodoh atau tidak. Sebab memang secara psikologis motivasi/alasan cowok untuk merasa dicintai adalah “Rasa dibutuhkan” oleh kekasihnya. Cowok akan merasa seorang cewek terpikat olehnya apabila cewek itu mau menggunakan pertolonganya. Kembali ke bahasan soal generalisasi cewek! Mereka semua sama karena pola pikir yang mengedepankan perasaan—emosi/perasaan hanya berisi dugaan dan terkaan semata.

 

Kewajiban

            Setelah baca bagian di atas kini timbul pertanyaan, “Jadi yang benar itu bagaimana?”. Kebenaran bernilai mutlak dan sangat mudah diajarkan namun, sulit untuk konsisten. Umpamakan, anda menolong si dia dengan semua contoh dan trik yang nanti dipaparkan. Tapi, bila suatu saat anda tidak melakukan hal yang sama kepada orang lain. Maka, semua integritas anda akan dianggap palsu dan ia akan mulai menjaga jarak dari anda.

Jadi saran saya adalah”Perbaiki diri dan cara anda melayani orang lain” sulit diwujudkan tapi ini mungkin. Lakukanlah semua trik dan tuntunan yang nanti akan dibahas baik itu pada si dia atau orang lain pada umumnya. Kita sebenarnya sedang membicarakan reputasi dan bukan trik pada babak ini.

 

Hal Benar

Saya hanya bahas apa yang sudah saya kerjakan dan amalkan saja. Jadi bisa dijamin bahwa semua ini akan berhasil. Tapi sebelum dibahas, harus diingatkan kembali bahwa modal menolong orang lain adalah keikhlasan. Jika anda tidak/belum ikhlas maka, cukup yakinkan orang yang  dibantu bahwa anda ikhlas. Karena keikhlasan sebenarnya urusan anda dengan Tuhan.

 

 1.     Memberi

Bahasan ini panjang tapi, saya akan beri contoh penerapanya saja. OK! Biasanya orang memberi karena diminta, bukan. Perbaiki atau bahkan lupakan itu! Ganti dengan memberi karena inisiatif, kepekaan, kecerdasan emosional, atau karena memang anda adalah seorang penolong.

Inisiatif berasal dari kata Initial yang berarti memulai. Artinya sesuatu itu murni terpicu karena diri anda sendiri dan bukan oleh pihak kedua, atau ketiga. Inilah tanda sebuah ketulusan dan tingginya integritas. Selesai menolong jangan tunggu apapun! Jangan sesekali menunggu/diam setelah anda menolong seseorang! Katakan dengan bahasa tubuh bahwa anda sedang bergegas untuk menolong orang selanjutnya!

Contoh dalam kehidupan sehari-harinya begini: Jika anda melihat seorang cewek jalan kaki sendirian sedangkan anda naik motor tanpa orang lain di jok belakang. Maka, buatlah inisiatif untuk menawarkan tumpangan! Sampai di tempat tujuan, jangan diam saja dan menunggu ia berkata terima kasih! Langsung palingkan badan dan pergi seraya berkata “Sampai bertemu besok” atau “Saya pulang dulu, ya”! karena, hanya ojek yang diam menunggu sebuah terima kasih dalam bentuk konkret.

Kita ambil contoh kecil lagi. Ketika seorang cewek tengah sibuk mencari suatu barang, tawarkan diri anda untuk membantunya! Jika barangnya ditemukan/ia memutuskan untuk menghentikan pencarian. maka, seperti biasa anda juga tetap harus langsung berpaling dan pergi.

Misal lagi saat secarik kertas seorang cewek tidak sengaja jatuh dan anda duduk atau lewat didekatnya. Maka sempatkan diri untuk memungutnya! Setelah memungut lalu pergi dan jangan menengok lagi ke belakang! Jika duduk di dekatnya, jangan menoleh setelah melakukan hal tersebut! Tunjukan bahwa peristiwa tadi seolah-olah tidak pernah terjadi!

 

Penjelasan:

Bingung kenapa harus langsung memalingkan badan dan pergi setelah menolong? Khusus buat cewek, itu adalah sesuatu yang amat romantis dan berkesan. Romantis adalah semua tindakan yang dapat memicu rasa senang dan jatuh Cinta.

Penjelasan ilmiahnya begini, dibandingkan pria, wanita memiliki lebih banyak serabut saraf yang menghubungkan otak kanan dan kiri. Positifnya, cewek mampu mengerjakan banyak hal yang tidak berhubungan sekaligus. Lihat betapa hebat seorang ibu yang bisa menggendong anak, sambil memasak, dan nonton TV atau juga sambil menelpon. Negatifnya, antara tugas otak kiri dan kanan sering tercampur aduk. Persis seperti kejadian berikut:

 

perbedaan otak kanan dan otak kiri

*Otak kiri akan membaca huruf sedangkan otak kanan akan membaca warna.

Otak kiri tugasnya logika sedangkan otak kanan adalah emosi/perasaan. Siapa yang tidak bingung jika hal-hal statis seperti Matematika dan statistika bercampur dengan perasaan/dugaan? Nah, itulah celah yang akan kita tuju. Saat menolong cewek maka pasti semua orang akan bilang anda adalah pribadi yang baik. Tapi, saat anda berpaling tanpa banyak berkata dan hanya sedikit tersenyum. Mungkin mereka akan berbalik mengatakan anda sombong.

Perhatikan itu baik-baik! Mana ada orang sombong yang mau repot-repot menolong sesama (logika)? Tapi, mana ada orang baik yang sesudah menolong lalu mengacuhkan yang ditolongnya (emosi)? Semua itu akan membingungkan cewek dan akan terus berputar di otaknya (sama seperti kasus tulisan berwarna tadi).

Tentu saja, setelah anda melakukan hal itu ia akan penasaran dan terus-menerus memikirkan anda. Pertahankan itu baik-baik dan jangan sampai kentara bahwa sebenarnya anda melakukan ini semata agar ia memperhatikan anda! Lakukan ini juga kepada siapa pun!

 

 1.     Kasus lain

Sekarang mungkin anda sedang dekat dengan cewek yang sering meminta bantuan. Anda membantu dengan ikhlas, kadang bahkan dengan inisiatif anda sendiri. Namun, sebuah kenyataan menyakitkan bahwa dia adalah orang yang tidak tahu terima kasih. Saya pernah mengalami hal menyakitkan ini beberapa waktu yang lalu. Dia menganggap pertolongan yang diberikan itu sebagai kewajiban—karena saya melakukanya setiap hari. Dia memang memberi uang bensin setiap beberapa hari sekali. Karena orang tuanya yang memberikan jadi saya tidak enak menolak.

Kenapa dia mengganggap itu kewajiban? Karena dia merasa sudah membayar? Apa ia menganggap yang diberikan itu cukup untuk mengganti semua yang sudah saya lakukan? Saya kecewa ketika dia menunjukan sikap tidak senang, saat saya bilang akan berhenti melayaninya. Dia seperti mengacuhkan saya ditambah lagi dengan bermacam sikap tidak mengenakan lainya. Tapi, saya tidak terlalu larut dalam kekecewaan. Mulailah saya untuk memberinya sedikit kursus singkat soal tata krama. Saya acuhkan dia dan berjanji dalam hati untuk tidak menanggapi dia kecuali ia yang terlebih dahulu memulai.

Saya tahu pertama-tama pasti tidak akan berhasil. Tapi lihat! Waktu membuktikan segalanya dan semua mulai berbalik. Dia kini merasakan betapa repot dan mahalnya jika harus naik turun angkot pulang-pergi setiap hari. Kebenaran itu nilainya mutlak, dan dia sekarang malah malu sendiri jika berpapasan. Dia gengsi untuk mengakui bahwa sudah salah merendahkan saya.

 

Penjelasan:

Saat seorang cewek memiliki sesuatu dengan mudah, ia akan cenderung mengabaikanya. Namun, kita akan gunakan prinsip ilmiah di sini. Masih ingat soal Broca dan RAS? mereka adalah bagian otak yang bertugas mengatur sensitifitas adaptasi manusia. Saat anda terbiasa dengan komputer, dan suatu ketika komputer itu mengalami musibah. Pasti seluruh perhatian anda akan terpusat padanya. Ini sama dengan kasus lagu baru dan lagu lama. Ketika anda sudah sering mendengarkan sebuah lagu maka lagu itu cuma akan menjadi latar belakang saja.

Sampai anda menemukan lagu baru dan akan mulai memusatkan perhatian terhadap lagu tersebut karena unik. Setelah lama didengarkan maka lagu baru itu pun akan membosankan, dan cuma jadi latar belakang juga. Akhirnya anda harus menemukan lagu baru lagi—dan proses ini akan berulang terus-menerus.

Hal ini juga menjelaskan kenapa cewek bisa penasaran dengan cowok. Dia mungkin merasa semua bantuan anda adalah miliknya. Tapi setelah itu dicabut, cewek akan mulai fokus memikirkan hal tersebut. Dia akan memikirkan si pemberi, mengenang rasa pemberianya, menjadikan pemberian itu sebagai selera, dst. Semua pemikiran ini akan membuatnya sakit dan lambat laun tahu bahwa obatnya tidak lain adalah mengaku secara langsung atau tidak langsung kepada anda. Bahwa semua pemberian anda sudah memberi arti pada dirinya.

Jika kejadian ini terjadi dengan variasi lain tapi polanya sama. Jangan takut untuk menghentikan pemberian, walaupun tidak ada masalah seperti di atas! Bilang saja anda sekarang sedang ada kesibukan lain dan tidak bisa menolong lagi. Jika dia masih meminta maka, acuhkan saja sekitar satu atau dua bulan.

Lalu, mulailah kembali untuk menawarkanya pemberian dan pelayanan anda! Tapi ingat! hanya sekali-sekali saja dan jangan dilakukan setiap hari. Dengan begitu anda akan lebih dihargai dan dianggap lebih berpendirian ketimbang kemarin. Kemungkinan sekarang dia akan lebih tertarik pada anda. Tapi kejadianya bisa berbeda jika ia adalah seorang primadona.

Mungkin selain anda, ada banyak laki-laki yang mengantri hanya untuk melayaninya. Syukurilah bila ia dengan gampang mau berganti tumpangan atau supplier. Karena artinya ia adalah seorang yang egois. Tunjukan anda tidak tertarik untuk membantunya lagi! Maka, ia akan bertanya, “Kenapa anda bisa begitu saja berhenti menolong?”.

 

*Integritas merupakan sebuah bentuk konsistensi, ketulusan, kejujuran dari dalam diri anda untuk membantu orang lain, organisasi, dan teman yang anda miliki sekarang.

*Integritas adalah mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan; kejujuran. (KBBI edisi III)

*Artikel ini mengutip rujukan dari e-book “Make Every Women Love You”, “Cara Memikat Wanita Idaman Anda”, dan artikel Alasan Cewek Menyukai Keromantisan, Memulai Cinta Tidak Perlu Berkorban, psikologis pria dan wanita, serta banyak artikel lainya.

  1. nice info gan. Nitip link gan http://www.villasidomukti.wordpress.com/

  2. Makasih dah berkunjung gan… :D

    SORRY kl ane cm bs update sebulan 2x…

    maklum, susah nulisnya! ^ ^

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: