Mengenal Jenis-Jenis Tes yang Cewek Berikan Pada Calon Pacar

Mengenal Jenis-Jenis Tes yang Cewek Berikan

Pada Calon Pacar

 

            Cowok seperti yang kita ketahui adalah makhluk yang berpikir secara logis. Jauh berbeda dengan wanita yang menggunakan emosi atau perasaanya guna menentukan sebuah keputusan. Perbedaan ini kerap menimbulkan gesekan besar yang mengakibatkan hubungan antar kedua individu ini memanas khususnya masalah komunikasi. Begitu pula saat cewek/wanita hendak memilih pasangan yang mana memang membutuhkan pertimbangan-pertimbangan khusus untuk dapat jadian. Wanita menginginkan orang yang mampu mengerti apa yang ia inginkan, mampu mengatasi masalah dengan tenang, dan yang jelas menyenangkan.

 

Pengantar

Pernahkan anda berpikir kenapa cewek kadang berbicara,”Ya udah jalanin dulu aja ya.” Atau taukah anda secara detail kenapa seorang wanita dapat menolak seorang cowok walaupun ia kaya raya, artis, dan tampan? Penjelasan akan kesemuanya amatlah bersifat intuisif dan emosional. Jika ingin memahaminya maka yang harus anda lakukan adalah dengan coba mengerti cara wanita membuat keputusan. Posting kali ini akan membahas tentang bagaimana melalui semua tes-tes berat yang sering wanita berikan pada cowok pada masa-masa PDKT.

 

“Kata jadian bukanlah 100% manifestasi dari keberadaan sebuah hubungan.”

Edo Prasojo

 

Ujian Tahap Pertama

            Pada saat akan membeli barang taukah anda apa yang pertama kali hendak anda cari? Lalu apa yang membuat seseorang dapat berlama-lama berdandan sebelum melamar pekerjaan? Ya! Jawabanya tak lain adalah kesan pertama. Semua orang berlomba-lomba merias diri dan bersolek di depan cermin hanya untuk menimbulkan kesan pertama yang sensasional di hadapan orang lain. Bayangkan jika yang ingin anda temui adalah seorang wanita! Taukah kesan pertama apa yang ingin wanita tangkap dari seorang lelaki?

 

Kesan Pertama

Kesan terbaik dari seorang lelaki pertama kali secara umum ditimbulkan oleh tampilannya. Pilihan baju, setelan, sisiran rambut, warna pakaian, dan hal-hal lain yang bisa terlihat. Semuanya merujuk kepada kata ideal apabila sang cowok mampu tampil rapih, sopan, ditambah lagi wangi.

Selesai dengan tampilan maka penilaian selanjutnya adalah soal kepribadian si cowok. Akan dinilai tingkat ketenangan anda, kemampuan untuk langsung akrab dengan orang baru, keramahan, kemampuan komunikasi (nyambung atau tidak dengan si dia), pengetahuan atau wawasan, inisiatif, derajat humor, dan masih banyak lagi.

Lalu langkah ketiga si cewek akan mulai mencari apakah yang bisa membuat ia mudah mengingat anda, bahasa gampangnya adalah ciri khas. Bisa berupa suara, wangi, gaya jalan, nama, asal sekolah, dsbg.

 

Penilaian ala-Wanita

            Cara menilai wanita dan pria cukup jauh berbeda, ini dikarenakan pria menilai seorang itu menarik untuk untuk dijadikan pacar atau tidak karena dua faktor umum saja, yaitu : Tampilan fisik dan peluang untuk didekati. Selebihnya hanya akan bermuara pada dua hal diatas. Namun, apabila kita berbicara tentang wanita maka cara penilaianya akan jauh lebih berbeda. Laki-laki tertarik dengan hal-hal fisik namun yang terjadi pada wanita adalah mereka akan lebih tertarik dengan hal-hal yang berbau emosional/kejiwaan seperti cerpen atau puisi.

Indikator pertama yang digunakan wanita dalam menilai seorang cowok sering disebut sebagai “klik”. Jika ada seorang cowok yang mampu menimbulkan klik pada hati si cewek maka hatinya akan memberi tahu pada otaknya jika anda berdua cocok. Klik dalam istilah lainya adalah ikatan batin, yang mana terjadi karena adanya kesamaan rasa yang sama-sama dirasakan kedua individu. Bisa juga diartikan sebagai kepedulian dan empati.

Indikator lain yang digunakan cewek dalam menilai potensi untuk berpacaran dengan seseorang adalah rasa ingin tahu. Dapat pula dirumuskan sebagai ketertarikan untuk masuk ke dalam kisah atau keseharian seseorang. Kenapa infotainment selalu menayangkan kehidupan para selebritis? Jawabanya karena kehidupan mereka amat menarik untuk diikuti. Dari mulai bangun tidur, jalan ke lokasi syuting, sampai balik lagi ke rumah. Ini tentu berkaitan juga dengan kenapa makin banyak saja jumlah infotainment yang bergentayangan di televisi, karena minat masyarakat yang makin besar untuk mengikuti keseharian idolanya. Jika ia sudah menunjukan minatnya untuk mengetahui secara mendalam soal kehidupan pribadi anda artinya dia tertarik dengan anda.

Indikator terakhir yang digunakan wanita dalam menilai potensi seorang untuk dijadikan pacar adalah tingkat kenyamanan. Nyaman diartikan sebagai rasa saling percaya untuk dapat mengerjakan sesuatu bersama-sama. Beri ia waktu untuk menentukan apa ia cukup merasa nyaman dengan anda.

 

Proses Penilaian

Mari kita lihat bagaimana wanita memproses semua informasi yang dia dapatkan selama PDKT. Di otak manusia ada dua bagian khusus yang mengatur sensitifitas kemampuan adaptasi. Mereka adalah Broca dan Reticular Activating System (RAS) yang berfungsi untuk menangkap sesuatu yang baru atau asing kemudian memusatkan perhatian pada hal tersebut seraya mengesampingkan hal-hal yang sudah biasa sehingga menjadi latar belakang fokus.

Contohnya adalah ketika kita mendengar lagu baru maka kita akan berfokus untuk coba mengingat lagu tersebut dan mengesampingkan lagu yang lama. Semakin sering didengarkan maka lagu baru itu tersebut pun akan menjadi biasa sehingga anda akan mencari lagu baru selanjutnya. Ini terjadi karena otak anda berfokus pada hal asing dan menjadikan hal yang biasa terjadi sebagai latar belakang proses.

Maka yang terjadi dalam penilaian cewek pun akan begitu. Saat kesan pertama ternyata anda tidak mampu menunjukan sebuah keunikan yang tidak dimiliki oleh orang lain maka, anda akan mudah dilupakan olehnya. Biasa juga disebut sebagai kesan pertama yang biasa saja. Bila anda gagal pada tes kesan pertama maka masih ada tes kedua yaitu tes garapan emosional.

 

Ujian Tahap Kedua

Inilah harapan terakhir anda untuk mendapatkan si dia. Jika dia tidak tertarik dengan kesan pertama anda maka usahakan anda mampu menggarap emosi si cewek dengan maksimal. Emosi yang butuh digarap adalah seperti yang tertera di atas : Klik, Tingkat kenyamanan, dan ketertarikan. Anda tentu sudah membaca indikasi bagi ketiga emosi di atas bukan. Sekarang mari kita bahas tentang bentuk tes untuk tiap-tiap emosi.

 

  • Klik

Tes ini akan berupa seperti hal-hal yang menyangkut kecocokan. Bisakah anda mencocokan banyak hal pada diri anda dengan si dia. Walaupun anda sama sekali tidak memakai atribut apa pun yang serasi dengan si dia namun cobalah untuk tetap mencocokan diri dengan dia. Seperti mencocokan makanan kesukaan, warna favorit, artis favorit, dan masih banyak lagi. Semakin banyak kecocokan maka akan semakin bayak klik atau ikatan batin yang anda punya dengan si dia. Bisa juga berupa tes kemampuan anda berempati dengan perasaan yang tengah ia rasakan. Tes empati amatlah sulit, jika salah mengkomunikasikanya sedikit saja maka maksud dari empati tersebut akan tidak tersampaikan dan malah berbuah pada terbunuhnya kesempatan anda untuk dapat bersama si dia. (Hubungan batin dibahas pada posting ini)

  • Tingkat kenyamanan

Ujian ini amatlah implisit yang artinya tidak dapat terlihat langsung. Amat sulit untuk dapat menganalisa apa lagi mengetahui secara jelas tingkat kenyamanan sang target kepada anda. Tapi yang jelas tes akan seputar bagaimana kemampuan anda untuk dapat membuat suasana seakan hanya milik kalian berdua (tentang bagaimana menimbulkan rasa nyaman, akan dijelaskan di posting ini). Itulah yang disebut kenyamanan atau bahasa khususnya privasi. Berdua di tengah keramaian namun anda dapat membuat ia percaya bahwa hanya ada anda dan dia saja di dunia ini. Privasi ditengah keramaian adalah tingkat tertinggi dari kenyamanan. Jika anda setidaknya mampu membuat ia merasa bahwa satu jam atau dua jam pertemuan tidaklah cukup hanya untuk sekedar bercerita. Maka anda sudah berhasil dalam tes ini.

  • Ketertarikan

Tes ini juga terbilang sangat sulit, karena nilainya nyaris tergantung sepenuhnya pada kesan pertama. Artinya jika anda ingin membuat kemungkinan si cewek tertarik pada anda lebih besar maka anda juga haruslah sukses pada tes kesan pertama. Karena orang yang bau dan kurang rapih pasti akan menimbulkan kesan tidak terawat alias tidak nyaman untuk dihampiri apa lagi menarik. Namun sebaliknya, Jika anda mampu membuat kesan khusus maka ia setidaknya akan mengingat nama anda.

 

Hasil Akhir

Tibalah pada saat yang ditunggu-tunggu yaitu pengumuman hasil akhir. Banyak yang jantungnya berdebar-debar untuk menunggu hasil perjuangan mati-matian mereka. Biasanya metode yang digunakan adalah penembakan, namun taukah anda jika tanpa penembakan sekali pun anda dapat mengetahui hasil akhirnya? Ini adalah cara yang sudah maju alias canggih/rumit karena butuh teori dan banyak praktek lapangan. Bagi anda yang tidak suka menunggu terlalu lama untuk dapat mengetahui semuanya tanpa penembakan maka silahkan saja lanjutkan prosedur anda tersebut. (metode rumit tersebut akan ada di posting selanjutnya)

Hasilnya bisa jadi ada lima macam yaitu dia menganggap anda hanya teman biasa, dia sama sekali tidak ada perasaan dengan anda, dia sudah menganggap anda seperti kakak/adiknya sendiri, dia menerima tapi dengan catatan dijalankan dulu alias test drive, dan yang terakhir adalah anda benar-benar diterima.

 

Evaluasi

Mari kita bahas tiap hasil yang anda dapatkan setelah penembakan! Jika anda bertanya mengapa dia menganggap anda hanya sebagai teman maka, mari kita tengok rumus di bawah!

 Tertarik + Nyaman (namun tanpa “klik”) = Teman biasa

Nah, apabila ia menganggap anda hanya sebagai adik/kakak maka rumusnya seperti ini:

 Nyaman + Klik (namun tanpa ketertarikan) = Kakak-adik

Apabila ia menjawab jalani dulu maka bisa jadi ia membutuhkan waktu yang cukup untuk dapat membangun rasa nyaman, klik, atau pun ketertarikanya pada anda. Ikuti terus perkembanganya karena tahap ini juga bisa jadi merupakan ujian tahap perpanjangan.

Jika ia menerima anda tanpa harus meminta waktu sehari-dua hari maka bisa dipastikan semua tes yang anda lalui telah sepenuhnya terlalui dengan hasil yang memuaskan. Maka bisa dilihat rumusnya adalah sebagai berikut:

 Tertarik + Nyaman + Klik = Cinta

Terakhir ini tidak perlu dibahas lagi karena cukup menyakitkan dan menyita banyak air mata. Karena semuanya sia-sia, atau dengan kata lain Cinta anda sudah bertepuk sebelah tangan. Satu saran buat anda yang ditolak dengan alasan ini adalah dengan mencoba tetap tegar serta menjauhkan diri anda dari benda-benda tajam, tempat tinggi, dan racun serangga.

(Sebenarnya masih ada hasil seperti ditolak karena alasan baru saja kenal atau dengan kata halusnya masih terlalu cepat. Hal seperti ini tak usah dibahas karena yang dibutuhkan hanyalah waktu.)

 

Kontra Indikasi

            Jangan langsung senang dulu jika anda bisa diterima oleh cewek! Setelah anda mempelajari hal di atas, apakah ada yang pernah diterima cewek tanpa harus ada tes berat, atau diterima si cewek walaupun ia jarang menunjukan perasaan senang saat sedang bersama anda (acuh tak acuh/dingin)? Sudahkah anda membaca artikel saya yang berjudul Kenapa Cinta Terasa Begitu Menyenangkan?

Ternyata ada beberapa keadaan yang dapat membuat seorang cewek bisa menerima seorang sebagai pacar. Pertama adalah karena terpaksa, kedua karena coba-coba alias hanya untuk pengalaman, Ketiga karena kasihan, dan yang terakhir karena Cinta.

Mari kita jabarkan satu per satu! Pertama adalah faktor keterpaksaan yang cukup banyak mempengaruhi para cewek untuk dapat menerima seorang cowok jadi gebetan mereka. Ini bisa terjadi karena ada beberapa hal yang mendasar seperti alasan estimasi keamanan dan kenyaman di masa depan. Penjelasanya begini, pada saat ada seorang cowok mati-matian mengejar seorang cewek maka, ada sebagian cewek yang akan memilih untuk menerima cowok tersebut. Dengan tujuan agar teror berupa SMS romantis, penembakan berulang-ulang, dan cara-cara pemaksaan kencan tidak terjadi lagi. Karena tidak dilandasi rasa Cinta maka yang akan terasa hanyalah keterpaksaan. Cewek berpikir bahwa si cowok hanya mengejarnya untuk sebuah kata jadian. Maka si cewek pun akan memberikan kata jadian tersebut sambil menunggu waktu yang tepat untuk mengucapkan kata putus. Anda berpikir cewek itu jahat? Tidak, andalah yang jahat karena telah mengganggu kenyamanan makhluk yang lembut ini.

Kedua karena alasan pengalaman, atau hanya untuk alasan memperpanjang riwayat asmara semata. Jadian seperti ini tidak lain merupakan wujud dari sikap spekulatif si cewek. Penjelasanya adalah seperti ini, si cewek biasanya menyutujui jadian setelah mempertimbangkan faktor keuntungan dan kerugian. Si cewek melihat si cowok adalah orang yang penurut dan gampang disuruh-suruh. Dia menduga bahwa jika kedepanya si cowok ini bisa memberikan semua yang dia inginkan di dunia ini. Ini terjadi karena pada saat proses PDKT yang dilakukan si cowok adalah seperti menunjukan semua kepunyaanya/pamer, berlagak baik dengan antar-jemput setiap hari, atau pun berkeletah layaknya seorang saudagar pulsa yang siap membagi-bagikan pulsa ke semua orang. Kebanyakan cewek akan menolak cowok yang melakukan pendekatan dengan cara ini, namun beberapa akan mengambil kesempatan ini sebagai bagian dari upaya pemanfaatan sumber daya. Dengan kata lain,”Kapan lagi bisa menikmati faslitas seperti ini (pengalaman).” Sebagian dari cewek yang suka melakukan hal ini, mereka termasuk ke dalam golongan cewek matre.

Kalau yang ketiga ini sepertinya terdengar sangat menyentuh. Karena ibu sang cowok sedang sekarat maka si cewek pun menjadi iba/kasihan dan akhirnya mau menerima si cowok dengan alasan kemanusiaan,”Jika kita bisa membahagiakan dia untuk terakhir kalinya. Kenapa tidak?” Atau juga bisa terjadi karena si cowok terus-menerus memasang muka melas dan tidak mau pergi dari teras si cewek walaupun di luar sedang hujan badai. Si cewek pun menjadi kasihan melihat pengorbanan gila-gilaan si cowok. Dia berpikir,”Semua pengorbanan yang dia lakukan pastilah amat berat, daripada dia terus melakukanya lebih baik saya beri dia sebuah kata jadian.” Sebenarnya masih banyak kasus lainya yang lebih menyentuh hati. Tapi percaya atau tidak, tipe cewek seperti ini amatlah jahat. Karena mereka hanya memberikan tipuan kebahagian saja kepada anda.

Terahir amatlah kalsik namun sangat sulit dilihat. Cinta menurut sifatnya dapat dibagi dua yaitu: Suka/tertarik dan Cinta. Kedua-duanya bisa berujung pada kata jadian namun terdapat perbedaan kualitas antara hanya tertarik/suka dan Cinta. (Pembahasan akan ada di posting selanjutnya)

 

Penutup

            Semoga posting artikel di atas mampu membantu anda dalam memahami bagaimana menyikapi tes-tes yang dialamatkan wanita pada anda. Serta satu pesan dari sang penulis. Tuntutlah ilmu Cinta walaupun sampai ke Perancis! Karena hanya denga ilmu Cinta-lah anda dapat menaklukan kehidupan dan terhindar dari semua kejahatan perasaan.

 

*Catatan: Empati berarti ikut merasakan perasaan individu lain seraya berbuat sesuatu untuk meringankan perasaan yang sedang menimpanya tersebut. Pada saat individu lain sedang merasa senang, empati dapat ditunjukan dengan ikut berpartisipasi dalam upaya mendramatisir kesenangan tersebut.

 

*Artikel ini mengutip rujukan dari e-book “Cara Memikat Wanita Anda” dan beberapa artikle lainya.

 

Lihat juga rujukan lain:

kelakuan cowok yang dibenci cewek

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
%d blogger menyukai ini: