Cara Cepat Akrab Dengan Cewek

Cara Cepat Akrab Dengan Cewek

 

            Beberapa orang dikarunia bakat untuk menciptakan keakraban instan. Ini terjadi bukan karena mereka pintar bergaul atau ramah. Justru sebaliknya, Individu seperti ini biasanya adalah para penyendiri yang dingin. Mereka amat terbuka dan agak demonstratif dalam mengungkapkan diri. Anda tidak harus menjadi seperti mereka untuk bisa cepat akrab dengan orang lain. Cukup pelajari saja beberapa poin penting dan anda akan terlihat natural.

 

Pengantar

            Suatu malam ada dua ibu-ibu yang sedang memilah-milih sandal dalam sebuah keranjang obral. Mereka tidak pernah saling kenal sebelumnya tapi begitu salah seorang berujar, “Mana ya pasangan yang satu ini?” langsung dijawab, “Iya, sudah diaduk-aduk begini jadi sulit ketemunya.”. Tidak ada sama sekali kesan canggung dalam percakapan mereka. Saya pernah coba mempraktekanya beberapa kali dan memang berhasil. Tidak perlu nama, alamat, nomor telepon, atau akun jejaring sosial. Cukup komentari hal yang sama dan anda akan terhubung. Artikel ini akan membahas hal-hal kecil seperti di atas.

 

“Selama anda membuka mulut dan mengatakan sesuatu pada cewek—apapun itu—anda sudah melakukan 95% apa yang cowok lain hanya bisa impikan.”

Neil Strauss

 

Cewek di Tempat Umum

            Saya pernah menyimak cerita cewek yang didekati cowok ketika jalan bersama adik perempuanya. Si kakak tidak begitu saja tersenyum dan mengungkapkan emosinya (defensif). Justru adiknyalah yang lebih terbuka dan terlihat mudah digoda. Cewek memang dianjurkan untuk tidak terlalu terbuka pada orang asing. Ini supaya mereka tidak terkesan mudah dipermainkan. Selain itu juga cewek ganjen sering dianggap rawan jadi korban kejahatan.

Lalu bagaimana cara membongkar pertahanan mereka? Anda tidak bisa sepenuhnya menghilangkan pertahanan tersebut—kecuali mengendurkanya sedikit. Pertama, anda harus terlihat baik dan tidak mengancam. Bersikaplah ramah dan sopan! Kedua, mulailah percakapan dengan suatu pertanyaan! Misal, “Mbak sedang menunggu angkot apa?” atau, “Itu novel apa?” dst. Ketiga, gunakan FOR (Family-Occupation-Recreation) sebagai bahan percakapan! Tanya di mana rumahnya, daerah asal, jumlah saudara kandung, kost atau tinggal dengan orang tua, dsbg (family)! Juga tanya tempat kerja, kuliah, jurusan, atau rencana karier (occupation)! Terakhir, anda dapat pula memperkaya percakapan dengan obrolan soal hobi (recreation). Seperti saat bertemu cewek yang sedang duduk-duduk di taman. Anda dapat bertanya, “Sering ke sini juga ya?” atau, “Kalau pagi biasa jogging juga tidak?” dll. Bisa juga tanya-jawab soal artis kesukaan masing-masing.

Keempat, imbangi percakapan tersebut! Jangan terlalu banyak bertanya! Karena, nanti anda bisa dikira penguntit. Jangan pula terlalu sering menceritakan diri sendiri! Jadi, selain bertanya anda juga harus mengimbangi dengan menceritakan hal terkait. Contoh:  Jika ia mengaku pegawai bank maka, ceritakan pengalaman anda terkait profesi tersebut. Entah soal kegagalan diterima kerja atau tentang teman anda yang juga kerja di bank. Kelima, selingi dengan sedikit lelucon! Keenam, pertahankan perhatianya! Dengan mengimbangi percakapan dan menjaganya tidak terputus, anda sudah selangkah lebih intim.

Ketujuh, tetap jaga jarak! Sekalipun sudah mampu tertawa bersama. Itu belum berarti anda sudah jadi temanya. Kedelapan, pertahankan afek! Jika memulainya dengan riang maka, di tengah perbincangan jangan sampai jadi datar! Orang akan gelisah dan mengira anda sudah bosan. Kesembilan, pekalah terhadap tanda kebosanan! Berilah jeda jika lawan bicara anda sudah terlihat jenuh! Kesepuluh, lakukanlah tes toleh! Misal begini, bicarakan suatu tempat, tunjuk dan menolehlah ke arah tersebut! Lihat apakah ia juga ikut menoleh atau tidak! Jika cewek turut menoleh, tandanya ia cuma fokus pada omongan anda. Tapi, bila ia tetap melihat ke wajah anda. Itu tanda ia sudah jatuh Cinta.

 

Prinsip Dasar

             Manusia pada dasarnya takut untuk memulai percakapan dengan orang baru. Jika bukan mereka yang memulai maka, andalah yang harus melakukanya. Ketika bertemu dan mengobrol dengan orang baru, ada dua tugas pokok yang mesti dilaksanakan: Menilai dan membangun hubungan. Menilai bertujuan untuk menjajaki potensi individu, sifat, dan latar belakangnya. Sedangkan membangun hubungan ditargetkan untuk mendapatkan kepercayaan dan keakraban. Patut diingat bahwa setiap pertemuan harus dianggap sebagai yang pertama dan yang terakhir kali. Dengan begitu kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelsaikan dua tugas pokok tadi.

Konsentrasilah pada apa yang ia katakan! Tapi, jangan sampai terlihat terlalu serius! Beri sedikit anggukan, senyum, dan condongkan badan! Seiring dengan percakapan yang terus mengalir, kita juga wajib melakukan prediksi emosi. Pikirkan apa yang akan lawan bicara rasakan sebelum anda menjawabnya! Jika di awal pertemuan anda sudah menunjukan kesan terlalu ramah. Maka, orang bisa menganggap anda sok kenal.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk cepat akrab? Tunjukanlah bahwa anda memahami istilah-istilah khusus dalam kehidupan mereka! Contoh bila anda bertemu anak teknik bicarakanlah soal kalkulus atau mekanika fluida; atribusi dan persepsi pada anak psikologi; ontologi dan epistemologi pada anak filsafat. Tunjukan empati bila mereka menuturkan kisah buruk atau lucu tentang bahasan tersebut!

Ciptakan suasana normal sesaat sebelum anda memulai percakapan! Caranya, duduk/berdirilah dekat dengan calon lawan bicara anda! Jangan langsung menyapa! Biarkan beberapa saat sampai ia cukup menyadari keberadaan anda! Orang akan bingung bila anda langsung menyapa. Itu yang mendorong mereka cepat membuat penilaian. Menurut cewek, ada dua penyebab cowok mengajak kenalan: (1) Karena tertarik atau (2) iseng dan sekedar pamer nyali di depan teman. Bagaimana cara mereka memastikanya? Cewek mungkin akan bertanya, “Ke sini dengan siapa?”.

 

Kampanye

            Setelah berbincang cukup lama mungkin anda tertarik untuk bertukar PIN, nomor HP, atau akun jejaring sosial. Tahap ini digunakan untuk mengarahkan tindakan dan pemikiran cewek tentang kita. Salah besar jika anda berpikir bahwa gerakan ini bertujuan untuk menjadikanya pacar. Kita tidak akan berfokus pada hasil (outcome). Proses interaksilah yang nanti dengan sendirinya mendudukan anda sebagai kekasih atau teman.

Sebelum memulai kampanye ada baiknya anda melengkapi profil akun Twitter dan Facebook—dengan informasi tentang universitas, jurusan, atau tempat kerja. Hapuslah semua status yang berbau keluhan, kata kasar, dan kalimat berbau seks! Fitur chat di Facebook atau BBM adalah media paling interaktif yang bisa anda gunakan. Tapi, jangan sampai anda mengucapkan mantra “Sudah makan belum” atau “Lagi apa” pada cewek! Karena begitu mereka yakin ini bagian dari PDKT, cewek akan mulai bungkam soal perasaanya, kurang komunikatif, dan mencoba selalu terlihat baik.

Kampanye dapat dilakukan dengan update status tiap hari. Isilah dengan hal-hal menarik yang ada di TV! Kenapa? Mengulas tayangan TV membuat kita merasa memiliki banyak kesamaan. Sebagian status cewek berupa katarsis (pelepasan ketegangan) sedangkan sisanya tidak bermakna sama sekali. Anda tidak perlu selalu memberi like atau mengomentarinya. Tanggapi yang menurut anda menarik saja! Buatlah status atau share tautan yang menghibur!

Kampanye juga bertujuan untuk membuat cewek makin penasaran. Sesekali antarkan ia suatu makanan (i. e ketoprak, pangsit, atau mie ayam)! Taruh di depan pintu atau cantolkan di pagar! Lalu beri tahu ia lewat SMS atau BBM! Mengantarkan makanan tidak dimaksudkan agar anda bertemu dia. Ini digunakan untuk menimbulkan kesan spontan dan tulus. Tidak dianjurkan dilakukan ketika sedang marahan. Biarkan ia mengira bahwa anda selalu memikirkanya!

 

Penasaran

            Ada banyak cewek gila di luar sana. Cewek yang doyan membentak, merendahkan, berbohong, atau egois. Namun, problemnya bukan karena mereka ada di dunia ini. Tapi, karena anda coba mendekati mereka. Anda mungkin bilang, “Semua cewek memang begitu.” dan Itu bisa jadi salah. Sebab ini sebenarnya terjadi karena andalah yang punya kecocokan dengan mereka. Berikut, tiga tipe cewek gila yang sering akrab dengan cowok baik:

 

 1.     Cewek Berbisa

Mereka menarik karena sikapnya yang lancang (sassy), menantang, dan mudah mendapatkan kata “Iya” dari cowok. Cewek jadi begini mungkin karena di masa lalu mereka pernah disakiti. Anda tertarik pada tipe ini sebab mereka mengekspresikan rasa marah yang tidak sanggup anda ungkapkan.

 

2.     Cewek Berantakan

Tampang imut, menawan, dan mereka sangat membutuhkan anda—itulah yang terpenting. Mereka adalah cewek yang memiliki banyak masalah. Tapi, tiap kali mampu mengatasi masalahnya, anda akan merasa berjaya. Inilah yang mendorong cowok untuk kecanduan mereka.

 

3.     Cewek Munafik

Dia ingin selalu bertemu dan kencan dengan anda. Tapi setiap ditanya, ia hanya menganggap anda teman. Tentu saja ia sedang bergurau pada dirinya sendiri. Sesaat setelah anda tidak lagi tertarik untuk jalan bareng. Ia akan marah dan menyumpah serapah anda di media sosial. Hanya ada satu sebab kenapa anda bisa betah dibohongi olehnya. Itu karena anda juga berbohong pada diri sendiri. Anda tega menipu diri untuk percaya hanya karena ia cantik dan manis.

 

Kenal dengan cewek adalah hal yang bervalensi (derajat ketertarikan hati) positif bagi cowok. Sedangkan, tidak berani kenalan bervalensi negatif. Manusia cenderung untuk bergerak dari daerah bervalensi negatif menuju positif (force). Namun, pergerakan itu senantiasa terhalang oleh sekat yang membatasi antar daerah yang berbeda valensi tadi (barrier). Adakalanya sekat itu sulit ditembus sehingga tidak memungkinkan pergerakan. Sekat ini bisa berupa halangan psikologis, sosial, atau etis.

Valensi suatu daerah bisa berubah-ubah tergantung kognisi manusia. Contoh: Mendekati cewek adalah hal positif. Namun, karena sering ditolak dan dipermalukan anda akan menegatifkan valensi kegiatan tersebut. Bergaul dengan teman yang tadinya dianggap suram. Dapat bernilai lebih positif ketimbang pacaran. Dekat dengan tiga cewek gila di atas amat menyiksa. Walaupun begitu, ada banyak cowok yang kesulitan untuk meninggalkan mereka karena terhalang tembok kokoh bernama investasi emosi.

 

Artikel terkait:

Metode Dasar PDKT

Metode PDKT Lanjutan

Cara Benar Menolong Cewek

 

*Artikel ini mengutip rujukan dari e-book “Cara Memikat Wanita Idaman Anda Vol. 2” dan artikel Memperluas Social Circle (2) – Berkomunikasi Dengan Orang Yang Baru Dikenal, 4 Cara Menghindari Pria Berniat Jahat, Tips Menjadi Teman Ngobrol yang Asyik, ASKMEN.COM: Non-Monogamy, Neil Strauss: Approaching Women, Difficult Women, Picking Up Girls, serta banyak artikel lainya.

 

Daftar Pustaka:

Sarwono, Sarlito (2011). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Geldard, Kathryn., Geldard, David (2011). Konseling Remaja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lowndes, Leil (2011). The Magic of Connection. Jakarta: Ufuk Publishing.

Amend, K. K., Ruiz, M. S. (2010). Handwriting Analysis. Jakarta: BIP.

  1. thanks its cool

  2. You are welcome gan.. :)

  3. mantap mas bro artikelnya.. :D

  4. Makasi gan.. :)

    • buburasem
    • September 4th, 2012

    isinya panjang, tapi bagus. jadi pelajaran juga buat saya huehue x)

  5. Makasi bgt kalo ternyata ini membawa manfaat bwt agan :)
    Btw gan, sengaja dibikin panjang soalnya kata orang, “Makin panjang makin nikmat.” #loh

  6. makasih atas infonya gan

  7. Ya sama-sama :)

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 96 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: