Kenapa Bukan Cewek yang Pertama Menyatakan Cinta

Kenapa Bukan Cewek yang

Pertama Menyatakan Cinta

 

Akhirnya saya tahu kenapa dewa kebijaksanaan itu wanita (Athena). Karena, wanita melakukan sesuatu dengan penuh pertimbangan. Feminisme juga mengajarkan wanita untuk tetap pasif ketimbang agresif. Sayangnya, cowok tidak sepeka seperti yang diharapkan. Menjadi dilema ketika cewek sudah suka dengan seseorang. Tapi, orang yang disukai malah tertarik dengan cewek lain. Memilih antara menyatakan Cinta atau hanya memberi tanda. Cewek lebih suka memberi tanda.

 

Pengantar

Cewek tidak mau menjadi yang pertama menyatakan Cinta. Semata bukan karena gengsi dan tradisi. Ada alasan biologis di dalamnya yang membuat mereka begini. Cinta bukan hanya tentang kesenangan. Tapi, Cinta juga menyangkut kemauan untuk menerima kekurangan. Semua hal di atas menjadi pertimbangan wanita. Estrogen membuat kemampuan berimajenasi cewek lebih aktif. Sehingga kadang, mereka sendirilah yang ketakutan dengan bayangan penolakan. Mungkin, kombinasi rumit (sosial-biologi) inilah yang membentengi wanita ketika memilih pasangan.

 

“Jika tidak mampu mengilhami wanita dengan Cintamu, isi mereka hingga luber dengan Cintanya sendiri. Maka, semua luberan yang mengalir keluar akan menjadi milikmu.”

Samuel Taylor Coleridge

 

Cewek & Cowok

            Setelah selesai membaca The Female Brain, saya jadi jauh lebih paham mengenai wanita. Segala keputusan mereka amat bergantung pada keadaan hormonal. Tubuh cewek mempunyai banyak fungsi khusus yang tidak dimiliki cowok. Tujuanya beragam: Ada fungsi untuk melahirkan, menyusui, dan mengambil keputusan. Kemampuan cewek dalam menetralisir stres sangat mengagumkan. Walaupun mendapatkan jauh lebih banyak stres dalam hidupnya ketimbang pria. Namun, cewek jauh lebih mampu bertahan (maka itu cewek cenderung lebih panjang umur ketimbang pria).

Hal yang membuat cewek merasa terancam, berbeda jika dibandingkan dengan pria. Hilang/rusaknya ikatan sosial dan penolakan adalah beberapa hal yang sering membuat cewek merasa terancam/stres. Sedangkan, ancaman menurut cowok lebih ke arah fisik. Pola pikir cowok dan cewek juga berbeda. Jika cewek mengedepankan emosi/perasaan sedangkan cowok lebih menggunakan logika. Cowok lebih menganggap apa yang terletup/dikatakan itulah makna sebenarnya. Namun, bagi cewek bahasa tubuhlah yang menentukan makna sesungguhnya sebuah percakapan.

Perasaan dicintai diterjemahkan berbeda pada cewek dan cowok. Bagi cowok, dicintai artinya merasa dibutuhkan tapi, bagi cewek dicintai artinya perhatian. Jadi, jangan heran jika cowok merasa lebih senang disuruh antar sana-sini. Ketimbang harus memperhatikan dan memberi penilaian pakaian baru kekasihnya. Bagi cowok, berbicara artinya memecahkan masalah. Sedangkan, bagi cewek berbicara adalah sarana penghilang stres. Maka itu, jika ada cewek yang sedang curhat jangan diberi nasihat (kecuali diminta)!

Sebenarnya masih banyak lagi perbedaan antara cewek dan cowok. Tapi, walaupun banyak, di kurikulum sekolah belum ada pendidikan mengenai hal ini. Remaja dibiarkan tersesat dan menghabiskan banyak waktu hanya untuk melakukan metode Trial and Error. Bereksperimen dengan lawan jenis tanpa tahu alasan, akibat, dan tujuan. Cewek menganggap, cowok harus punya inisiatif sendiri untuk belajar mengenai mereka.

Namun, alih-alih berinisiatif untuk bertanya dan belajar mengenai wanita. Cowok justru cenderung diam saja dan hanya mengandalkan logika sempitnya. Bagi cowok, bertanya artinya bodoh apalagi itu pertanyaan soal wanita. Cowok menganggap dirinya mampu mengerjakan/menyelsaikan segala hal. Tak pelak, anggapan itu sendirilah yang menggagalkan mereka.

 

Metode Perlindungan

            Lalu, dari mana asal-usul pola pikir itu? Saya juga tidak tahu kapan sebenarnya bermula. Tapi, ada kesimpulan yang bisa dikutip bahwa ini semacam metode perlindungan. Apa maksudnya? Seperti yang anda baca di atas tadi mengenai penyebab stres cewek. Bayangkan jika mereka yang menembak dan ditolak! Mereka pasti akan merasa sangat tertekan karena, menurut pengalaman (empiris). Seorang yang sudah menolak juga akan sedikit menjaga jarak. Naas pastinya, saat seorang yang diinginkan malah menjauh dan menolak kita.

Metode ini membuat cewek harus “Jual mahal” meski, mereka sudah suka. Jual mahal ialah semacam permainan atau pengamatan psikologi—yang diamati cewek adalah inisiatif dan ketenangan. Semua asosiasi mereka adalah mengenai masa depan dan keturunan. Karena, cewek menganggap hubungan yang baik adalah hubungan jangka panjang—sedangkan cowok sebaliknya. Cewek punya jumlah telur terbatas. Sia-sialah hidup mereka jika salah mencampurkan gen.

Pengalaman percintaan cewek juga amat membantu mereka saat menyeleksi laki-laki. Cewek sudah tahu mana laki-laki yang hanya baik di pangkal namun, menyakitkan di ujung. Mana laki-laki yang punya inisiatif dan mana laki-laki yang hanya akan jadi kacung. Namun, kadang mereka harus sadar dan tahu bahwa 90% lebih laki-laki di luar sana ternyata sama. Inilah yang membuat cewek harus bersikap dewasa dan berusaha menerima. Serta mencari kelebihan lain dari cowok selain inisiatif.

 

Jual Mahal dan Kepercayaan

            Pernah ada 5 studi akademik untuk menyingkap keuntungan berlagak “Jual mahal”. Tahukah anda? Ternyata tidak satu pun (studi) menemukan kemungkinan bahwa cara ini bisa lebih memikat seseorang. Begitu di awal ketertarikan cewek/cowok ternyata melakukan hal ini. Mereka justru akan memangkas minat seseorang secara dramatis. Walaupun begitu, ternyata ilmu saraf (neurologi) menemukan bahwa cara ini bisa memicu rasa “Tergila-gila”. Saat manusia jatuh Cinta, sirkuit otak yang berhubungan dengan dopamin menjadi aktif.

Dopamin memicu tindakan-tindakan yang impulsif, membuat halangan terlihat seperti petualangan, dan menimbulkan perhatian yang terfokus. Bayangkan saat ada seorang yang anda suka ternyata jual mahal! Secara impulsif pasti anda akan mengejarnya karena memandang ini sebagai tantangan. Dopamin juga membuat seseorang jadi inkonvensional (tidak mengikuti aturan). Seharusnya jam tidur malah digunakan untuk berkirim pesan dan bertelepon ria.

Namun, sekalipun kita punya dopamin di otak, itu tidak akan menjamin seseorang akan terus mengejar (dan berfokus). Karena yang namanya reaksi kimia, pasti ada awal dan akhir. Begitu reaksi dopamin surut, segalanya akan terlihat begitu rutin (otomatis membosankan). Namun pada cewek, cara ini digunakan untuk menyaring mana cowok yang terlalu impulsif dan mana yang cool. karena sifat testosterone, cowok juga kadang menjadi terlalu agresif dan cepat (sering diartikan sebagai ketergesa-gesaan) mengambil keputusan. Agresif dan cepat mengambil keputusan pastinya hanya akan jadi hubungan jangka pendek (cewek tidak suka ini).

Sudah sifat makhluk yang memiliki estrogen tinggi untuk mudah memercayai orang. Jadi, ketika intuisi mereka bilang, “Ya, saya percaya dia.” mereka otomatis akan sepenuhnya percaya. Tentunya rugi jika memercayai seseorang yang nanti hanya akan meninggalkan kita, bukan. Tes “Jual mahal” mungkin, lebih ke arah deteksi dini cowok sabar dan cowok impulsif. Karena, cowok sabar pasti akan bisa diandalkan dan jauh lebih menjaga moral.

 

Ciri Cewek Jatuh Cinta

Helen Fisher Ph. D membagi Cinta ke dalam 3 tahap berdasarkan hormon yang terlibat: Suka (Lust), Jatuh Cinta (Attraction), dan Sayang (Attachment). Pada tahap suka hormon yang terlibat adalah testosterone dan estrogen. Di tahap ini cewek mungkin hanya ingin lebih dekat dengan anda. Tahap Jatuh Cinta dipengaruhi oleh 4 hormon: Pheromones, Norepinephrine, Dopamin, dan serotonin. Sedangkan pada tahap sayang hormon yang terlibat adalah Oxytocin dan Vasopressin.

Tingkah laku yang terpicu pun berbeda untuk tiap tahap bergantung pada jenis hormon yang terlibat. Berikut ciri cewek yang sedang pada tahap jatuh Cinta:

 1.     Salah Tingkah

Jika seorang cewek menjadi begitu aneh ketika bertemu atau tahu dia sedang anda perhatikan. Itulah tanda norepinephrine tengah mengalir dalam otaknya.

 

2.     Melambatkan Gerakan

Mungkin anda sering menonton video klip yang ada adegan cewek sedang jalan atau mengibaskan rambut. Perhatikan bahwa adegan-adegan ini ternyata diperlambat. Ini adalah cara cewek untuk menunjukan daya tariknya lebih lama kepada anda. Tujuanya adalah untuk memancing inisiatif cowok.

 

3.     Merapihkan Penampilan

Jika ada cewek yang begitu gugup dan tiba-tiba saja merapihkan rambut/jilbab ketika bertemu anda. Bisa dipastikan bahwa ia sedang jatuh Cinta. Over stimulasi di otak membuat ia mendapatkan energi berlebih untuk memerhatikan penampilan.

 

4.     Menjadi Lebih Perhatian

Ketika seorang jatuh Cinta, ia akan mampu menandai segala hal dengan jauh lebih detail (unik). Di matanya, mobil anda akan berbeda dengan mobil lain di parkiran. Cara berjalan anda akan terlihat berbeda dengan orang lain, dsbg. Itu semua karena stimulasi dopamin yang meningkat.

 

5.     Busana dan Wewangian

Jika cewek yang anda kencani/temui sering memakai warna mencolok seperti merah dan pink (kecuali kuning). Bisa dipastikan bahwa ia ingin terlihat manis di hadapan anda. Jika ia memakai parfum dengan aroma bunga. Artinya ia ingin terlihat cantik sedangkan, jika ia memakai parfum dengan aroma manis (i. e vanilla dan cokelat). Itu berarti ia ingin lebih dekat/intim saat kencan.

 

6.     Tercengang

Pernahkah anda membuat wanita tercengang? Ada beberapa hal yang bisa membuat cewek menganggap anda luar biasa. Pertama kepercayaan diri lalu diikuti retorika, maskulinitas, kecerdasan, sikap tubuh, dan daya tarik emosional. Begitu cewek menganggap anda menimbulkan perasaan positif.

Pupil akan membesar dan membuat lebih banyak cahaya masuk ke mata. Sehingga, menjadikan orang yang dilihat begitu cerah dan berseri-seri.

Anda bisa menganggap sindrom-sindrom di atas sebagai pernyataan “Aku suka padamu”. Sehingga, dapat menghindarkan anda bertanya pada temanya. Apakah dia suka pada anda atau tidak. Hal ini juga yang akan membedakan antara mengejar dan mendekati. Mendekati artinya walaupun jual mahal tapi, dia masih mau dekat dengan anda. Sedangkan, Mengejar adalah tanda bahwa ia lari atau tidak tertarik.

 

*Artikel ini mengutip rujukan dari e-book “The Female Brain”, “Make Every Women Love You”, “Cara Memikat Wanita Idaman Anda” dan artikel love, 7 Tanda Anda dan Dia Punya “Chemistry”, Makna Warna Busana Untuk Kencan Pertama, Melihat Karakter Seseorang Dari Warna Favoritnya, Why Does Love Feel So Good, Beda Pria dan Wanita Dalam Komunikasi, serta banyak artikel lainya.

 

Daftar Pustaka:

Fisher, Helen (2006). Why Him, Why Her? Jakarta: Ufuk Press.

About these ads
  1. wah lengkap nih infonya supaya lebih memahami cewek. lanjutgan. :D

  2. Hot from the Oven dah ad yg komen!

    Makasih agan Chandra! :D

  1. No trackbacks yet.

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 92 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: